Untuk wilayah kekuasaan, memang sampai sejauh ini kelompok Topi Jerami hanya memiliki dua teritori. Namun, mereka sendiri sebenarnya sudah sejak lama menjalin aliansi dengan berbagai kerajaan atau wilayah yang juga sempat Luffy selamatkan dalam petualangannya. Di sepanjang serinya, kelompok Topi Jerami sering menemui atau singgah di sebuah kerajaan atau wilayah yang memiliki masalah.

Biasanya, masalah yang muncul berkaitan dengan kekerasan atau korupsi dari penguasa yang ada. Ada juga sebuah masalah yang besar, yang mengancam nyawa penduduknya. Para kerajaan tersebut pada akhirnya berhutang budi kepada kru Topi Jerami. Meskipun mereka tidak berada di bawah kekuasaan Luffy, namun mereka menyatakan diri sebagai aliansi dari Luffy. Siapa saja mereka?

BACA JUGA: One Piece: Red Line Bakal Dihancurkan?

Kerajaan Sakura/Pulau Drum

Arc Drum Island merupakan salah satu cerita awal di seri One Piece. Dalam cerita ini, kita melihat bagaimana Luffy dan kru Topi Jerami mencoba untuk merekrut kru yang kemudian akan menjadi dokter di kapal. Dan di cerita ini pula mereka kemudian bertemu dengan Tony Tony Chopper. Saat mereka tiba di kerajaan ini, masalah yang muncul adalah korupsi dan kesewenang-wenangan dari sang pemimpin, Wapol.

One Piece: 4 Kerajaan Aliansi Luffy!, Greenscene

Alur ceritanya mirip seperti Wano dan Orochi, di mana Wapol benar-benar tidak peduli terhadap nasib para penduduk di pulau itu. Dan akhirnya, setelah pertarungan yang cukup panjang Luffy pun berhasil mengalahkan Wapol dan mengembalikan demokrasi yang sebelumnya hilang dari kerajaan tersebut.

Alabasta

Keadaan di Alabasta saat itu pun tidak jauh berbeda dengan apa yang terjadi di kerajaan Sakura. Namun, yang membedakan adalah bagaimana para penduduk di sana harus menerima teror yang mengerikan dari Crocodile dan Baroque Works. Tujuan utama dari Crocodile melakukan hal tersebut adalah untuk mencari keberadaan salah satu Senjata Kuno, Pluton.

One Piece: 4 Kerajaan Aliansi Luffy!, Greenscene

Banyak cara jahat dan kejam coba Crocodile lakukan untuk mewujudkan mimpinya tersebut, seperti melakukan manipulasi atau bahkan mengancam keluarga kerajaan, yaitu keluarga Nefertari. Vivi bahkan harus turun tangan untuk menghentikan hal tersebut sendirian, sampai kemudian kru Topi Jerami muncul dan membantunya. Sekarang, Alabasta resmi menjadi salah satu aliansi mereka setelah Luffy mengalahkan Crocodile, dan bahkan Vivi menjadi anggota tidak resmi kelompok tersebut.

BACA JUGA: One Piece: Kapan Bajak Laut Rocks Terbentuk?

Dressrosa

Sama seperti Alabasta, Dressrosa menjadi wilayah yang berada di bawah teror dan tekanan satu orang. Dalam hal ini, mereka berada di bawah tekanan Donquixote Doflamingo dan kelompok bajak laut Donquixote. Mereka semua memperbudak para penduduk Dressrosa sejak puluhan tahun lalu. Yang lebih mengerikan adalah bagaimana Dofy kemudian berencana menghancurkan wilayah tersebut.

One Piece: 4 Kerajaan Aliansi Luffy!, Greenscene

Dia menggunakan teknik Birdcage untuk mengurung semua penduduk, sambil perlahan menghancurkan wilayah tersebut. Namun, beruntung, aliansi Luffy dan Law kemudian berhasil mengalahkan Doflamingo. Otoritas negeri Dressrosa pun akhirnya Luffy kembalikan kepada keluarga Riku, yang merupakan pewaris sah dari kekuasaan di negeri tersebut.

Zou

Wilayah Zou sebenarnya menjadi wilayah yang paling aman dari semuanya. Mereka tidak memiliki tekanan atau tidak ada teror sama sekali. Semuanya berjalan lancar dan tenang, sampai kemudian posisi mereka diketahui oleh kelompok bajak laut Beast. Kaido pun kemudian mengirimkan Jack untuk menghancurkan Zou dan juga seluruh suku Minks yang tinggal di atas gajah raksasa ini.

One Piece: 4 Kerajaan Aliansi Luffy!, Greenscene

Dalam pertarungannya, Luffy sempat membantu suku Minks untuk mengalahkan Jack. Namun, salah satu kontribusi terbesar ada di tangan Momonosuke di mana dia mampu mengendalikan Zunesha untuk membantu mereka mengalahkan Jack. Dan akhirnya, Jack pun berhasil mereka kalahkan. Jack sendiri kembali muncul dalam pertempuran puncak di Onigashima.

BACA JUGA: One Piece: 5 Karakter ini Adalah Anti-Hero!

Kelompok Topi Jerami saat ini memiliki banyak wilayah atau negara atau kerajaan yang menjalin aliansi dengan mereka. Seperti yang pernah dibahas dalam artikel sebelumnya, para wilayah atau negara yang kelompok Topi Jerami selamatkan tersebut berhutang budi kepada Luffy. Hal inilah yang kemungkinan akan menjadi momen di mana semua wilayah dan kerajaan tersebut akan membantu Luffy di pertempuran akhir melawan Pemerintah Dunia. Kita nantikan saja ya geeks kelanjutan ceritanya pada chapter yang akan datang!

Restu is a general trouble maker of Greenscene.co.id, he's operate on movie review and original content with some reporting job. He think that he is Tony Stark, with semi-bald head.