Dalam cerita One Piece, ada 2 pulau kekuasaan Luffy. Terjadi perubahan besar dalam seri One Piece setelah arc Wano Country resmi selesai. Berjalan selama empat tahun, arc Wano menjadi cerita terpanjang saat ini. Kelompok Topi Jerami menjadi salah satu kekuatan besar yang juga mengalami perubahan pasca arc Wano. Seperti yang kita ketahui, Luffy dan semua krunya mengalami peningkatan kekuatan yang cukup drastis.

Luffy adalah salah satu karakter yang mengalami peningkatan kekuatan paling hebat. Peningkatan tersebut akhirnya membuat Luffy mampu untuk mengalahkan kekuatan paling hebat di dunia, Kaido. Kekalahan Kaido pada akhirnya berhasil membebaskan belenggu negeri tersebut yang terjadi selama 20 tahun. Artinya, ini menjadi negara lain yang Luffy selamatkan dari bahaya.

One Piece: 2 Pulau Kekuasaan Luffy!, Greenscene

Dan yang menarik adalah di chapter 1057 ini terdapat sebuah informasi menarik. Luffy memberikan bendera kelompok Topi Jerami kepada Momonosuke. Hal ini sengaja dia lakukan untuk memberikan peringatan kepada siapa pun yang berani melakukan ancaman ke negeri Wano, bahwa mereka akan berurusan dengan Luffy dan yang lain. Ini artinya Luffy, secara resmi, membuat Wano menjadi salah satu wilayah kekuasaanya.

BACA JUGA: Review One Piece 1057: Wilayah Kekuasaan Luffy!

Sebagai seorang Yonko, Luffy dan kelompok Topi Jerami tentunya memiliki wilayah kekuasaan mereka. Namun, yang membedakan Luffy dengan para Yonko lain sejauh ini adalah dia tidak membebankan apa pun kepada wilayah yang berada di bawah kekuasaanya. Mereka tidak perlu membangun pabrik permen atau membayar sejumlah uang kepada sang Yonko.

Luffy adalah sosok yang memiliki prinsip tentang kebebasan. Karena itulah, Luffy selalu merasa marah dan tertekan ketika ada mengetahui sebuah wilayah tidak bisa mendapatkan kebebasannya. Dan juga, karena prinsip itu Luffy dan kelompok Topi Jerami tidak meminta atau menginginkan apa pun dari wilayah yang berada di bawah kekuasaanya. Sejauh ini, ada dua pulau kekuasaan Luffy dan Topi Jerami.

Pulau Manusia Ikan

Pulau yang berisi para manusia ikan dan duyung ini menjadi salah satu daya tarik dan tujuan dari para bajak laut yang hendak menuju Laugh Tale. Namun, perselisihan panjang antara manusia dan para manusia ikan akhirnya membuat situasi tidak kondusif. Hal inilah yang coba untuk Hody Jones manfaatkan, di mana dia berencana untuk menggulingkan kerajaan Ryugu dan memulai perang dengan para manusia di daratan.

One Piece: 2 Pulau Kekuasaan Luffy!, Greenscene

Namun, beruntung, Luffy dan krunya tiba di pulau tersebut tepat waktu. Luffy dan Jinbe serta kru Topi Jerami kemudian berhasil mengalahkan Hody Jones dan anak buahnya. Mereka berhasil mengagalkan rencana besar sang villain. Yang menarik adalah pulau manusia ikan pada awalnya merupakan wilayah kekuasaan Big Mom, pasca Whitebeard tewas. Namun, dengan tegas Luffy menyatakan bahwa pulau tersebut kini berada di bawah kekuasaanya. Ini menjadi pulau pertama, dalam ceritanya, yang secara resmi Luffy akui sebagai wilayah kekuasaanya.

BACA JUGA: First Look Karakter Baru di Star Wars Andor!

Negeri Wano

Wano menjadi wilayah kekuasaan kedua dari kelompok Topi Jerami. Hal ini secara resmi Oda perlihatkan di One Piece chapter 1057, di mana Luffy memberikan bendera kelompok mereka kepada Momonosuke untuk kemudian dipasang di suatu tempat di Wano. Momonosuke dan Kinemon pertama kali muncul di arc Dressrosa, setelah mereka terlempar ke 20 tahun yang akan datang. Mereka mencoba mencari bantuan atas apa yang terjadi di Wano.

One Piece: 2 Pulau Kekuasaan Luffy!, Greenscene

Setelah mengetahui apa yang terjadi, Luffy pun kemudian memutuskan untuk mau membantu Momo membebaskan belenggu Wano dari Kaido. Selama 20 tahun penduduk Wano harus menderita, akibat ulah Kaido dan juga Kurozumi Orochi. Dan setelah penyerangan ke Onigashima, akhirnya Luffy berhasil mengalahkan Kaido dan membebaskan Wano seperti sedia kala.

BACA JUGA: One Piece: 5 Karakter ini Adalah Anti-Hero!

Kelompok Topi Jerami saat ini menjadi Yonko yang paling banyak memiliki wilayah kekuasaan, yaitu dua pulau atau wilayah. Selain itu, mereka pun memiliki banyak negara atau kerajaan yang menjalin aliansi. Seperti yang pernah dibahas dalam artikel sebelumnya, para wilayah atau negara yang berhutang budi kepada Luffy ini kemungkinan akan membantunya di pertempuran akhir. Kita tunggu aja ya Geeks kelanjutan ceritanya.