DC Comics adalah salah satu pioner komik Amerika yang telah berdiri selama hampir sembilan dekade. Selama itu juga, mereka telah memperkenalkan banyak sekali karakter yang popularitasnya tidak perlu kita ragukan lagi. Sebut saja Batman, Superman, dan Wonder Woman adalah trinitas DC yang sampai sekarang masih mempunyai banyak sekali penggemar.

Sayangnya, hal tersebut tidak berlaku pada semua karakter di DC Universe. Karena pada kenyataannya sejumlah karakter justru mengalami popularitas yang naik turun. Sehingga DC terpaksa ‘mengesampingkan’ karakternya dan masih belum memunculkan mereka kembali sampai sekarang. Berikut ini delapan karakter yang pernah populer, tetapi telah lama hilang dari DC Universe!

BACA JUGA: 5 Kebengisan Black Adam di DC Universe!

Adam Strange

7 Karakter ini Dihapus dari DC Universe!, Greenscene

Pada masanya, Adam Strange adalah salah satu superhero DC yang cukup populer. Hal itu bisa terjadi karena karakternya mempunyai premis yang cukup unik, yaitu sebagai superhero yang aktif ‘di planet lain’. Dia awalnya adalah seorang arkeolog Bumi yang tiba-tiba berteleportasi ke planet Rann. Keberanian dan kecerdasan Adam pada akhirnya mengubah dia menjadi superhero di planet Rann yang terkenal dengan ray gun dan jet pack-nya. Saat era New 52, dia pernah menjadi anggota Justice League United, tetapi pada era Rebirth karakternya sama sekali tidak pernah terlihat lagi sampai sekarang.

Despero

7 Karakter ini Dihapus dari DC Universe!, Greenscene

Despero adalah salah satu supervillain DC yang terkenal mempunyai penampilan sekaligus karakeristik yang sangat mengerikan. Dia pernah menghancurkan Satellite HQ milik Justice League, kemudian pernah juga membunuh sejumlah anggota dari tim super Justice League Detroit. Terakhir kali, Despero terlihat di komik mini-series Death of Hawkman sebagai musuh yang membuat Hawkman dan Adam Strange sangat kewalahan. Dalam prosesnya dia memang berhasil membuat Hawkman tewas. Namun, sebagai ganjarannya Despero tidak pernah terlihat lagi sampai sekarang, mungkin karena jasadnya terombang-ambing di luar angkasa.

Firestorm

7 Karakter ini Dihapus dari DC Universe!, Greenscene

Ada banyak sekali yang pernah menjadi superhero Firestorm di DC Universe. Termasuk Ronnie Raymond dan Professor Stein, yang pada akhirnya mewariskan kekuatan mereka kepada anak muda bernama Jason Rusch. Suatu hari di kisah Blackest Night, Ronnie pernah muncul sebagai supervillain Black Lantern, sebelum akhirnya kembali sadar karena pengaruh White Lantern. Pada titik inilah dia pernah kembali menjadi Firestorm bersama Jason. Namun sejak DC melakukan reboot pada semestanya, Jason tidak pernah muncul lagi, sementara Ronnie sempat muncul sekilas di kisah Doomsday Clock.

BACA JUGA: 5 Kematian Superhero DC Paling Brutal!

Justice League International

7 Karakter ini Dihapus dari DC Universe!, Greenscene

Jauh sebelum seperti sekarang, Justice League sebenarnya pernah mempunyai berbagai nama. Salah satunya yang populer adalah Justice League International yang terdiri dari para superhero populer. Termasuk sebagian besar pendiri Justice League, Shazam, Green Lantern Guy Gardner, dan sebagainya. Sayangnya, sekarang tim superhero yang sangat ikonik ini tidak lebih dari sekadar sejarah, karena tidak pernah muncul lagi sejak tahun 2000-an. Terakhir mereka muncul adalah di serial komik Justice League: Generation Lost yang rilis pada tahun 2010-2011. Namun setelah DC mereset semestanya dengan New 52, sampai sekarang JLI benar-benar ‘Lost’ alias hilang seperti judul komik terakhirnya.

1
2