She-Hulk: Attorney at Law adalah serial MCU mendatang yang akan segera Marvel tayangkan pada pertengahan bulan Agustus ini. Selain memperkenalkan Tatiana Maslany sebagai Jennifer Walters/She-Hulk, serial ciptaan Jessica Gao ini juga akan menghadirkan sejumlah karakter menarik lain. Termasuk Bruce Banner/Hulk (Mark Rufallo), Daredevil (Charlie Cox), serta supervillain Abomination (Tim Roth), dan Titania (Jameela Jamil).

Berdasarkan apa yang terlihat di berbagai promosinya, selain para karakter utama, serial She-Hulk akan menghadirkan lebih banyak lagi karakter dari Marvel Comics. Sebut saja tim supervillain Wrecking Crew, kemudian ada juga Frog Man, dan sejumlah metahuman lain perannya masih misterius. Alasan mengapa ada banyak karakter Marvel di serial She-Hulk adalah karena Jen alias She-Hulk sendiri adalah seorang pengacara metahuman. Sehingga tidak aneh jika ada banyak sekali karakter yang bersinggungan dengannya. Sayangnya, kasus yang sama tidak berlaku pada sahabatnya di Marvel Comics, yaitu Spider-Man.

BACA JUGA: Bocoran Wujud Villain Namor di Black Panther 2!

Alasan Spider-Man Tidak Bisa Muncul di She-Hulk

Marvel Tolak Kemunculan Karakter ini di She-Hulk!, GreensceneDalam sesi wawancaranya dengan The Direct, pencipta MCU She-Hulk Jessica Gao baru saja mengungkapkan alasan mengapa tidak semua karakter Marvel bisa muncul di serialnya, khususnya Spider-Man. Padahal menurutnya, Spider-Man sendiri adalah salah satu karakter yang paling sering mereka bahas pada saat menulis naskah She-Hulk. “Banyak penulis [She-Hulk] yang merasa kecewa karena kami tidak bisa menghadirkan Spider-Man dan semua karakter yang berhubungan dengannya. Hal itu bisa terjadi karena ada banyak sekali penggemar Spider-Man di tim penulis,” ungkap Gao.

Masih dalam sesi wawancara yang sama, Gao juga menjelaskan bahwa keterbatasan hak cipta adalah salah satu alasan mengapa dia tidak bisa merealisasikan kemunculan Spider-Man. “Ada banyak karakter dari komik yang tidak bisa kami munculkan karena masalah hak cipta atau karena memang Marvel sudah mempunyai rencana lain untuk karakter tersebut. Kami berusaha mengorek-ngorek dan mencari tahu, tetapi tentu saja mereka tidak akan memberitahukan alasannya,” kata Gao.

BACA JUGA: Mengapa Kostum Daredevil di MCU Berbeda?

Seperti yang kita tahu, Spider-Man adalah salah satu karakter MCU yang hak ciptanya dipegang oleh Sony Pitures. Begitu juga dengan semua karakter yang berhubungan dengannya, seperti MJ, Ned, para villain Spider-Man, dan sebagainya. Meskipun Spider-Man tidak bisa muncul, bukan berarti serial She-Hulk tidak layak untuk kita tonton. Karena pada kenyataannya justru ada banyak sekali karakter menarik yang akan muncul di serialnya. Kita lihat saja nanti keseruannya saat She-Hulk tayang pada tanggal 18 Agustus besok.