Super Saiyan merupakan transformasi yang biasanya digunakan oleh para Saiyan, namun ada transformasi Super Saiyan yang dianggap langka. Menjadi protagonis utama dalam series Dragon Ball membuat Goku jadi karaketr yang paling kuat dalam ceritanya. Dia selalu mendapatkan transformasi Super Saiyan baru ketika harus menghadapi musuh yang jauh lebih kuat. Namun, ada beberapa transformasi Super Saiyan yang mustahil untuk digunakan atau dicapai oleh Goku dan dianggap paling langka. Apa saja?

5Golden Great Ape

Transformasi Super Saiyan paling langka yang pertama adalah Golden Great Ape. Jauh sebelum bertransformasi menjadi Super Saiyan 2, 3, atau 4, bisa dikatakan inilah transformasi awal Goku. Transformasi menjadi kera besar ganas ini terjadi ketika suatu malam, Goku menatap bulan yang sedang dalam keadaan full moon atau bulan purnama penuh di mana dia bisa melihat bulan secara utuh.

Diapun menjadi sosok kera yang sangat buas dan kuat. Satu-satunya jalan untuk menghentikannya adalah dengan memotong ekor milik Goku. Namun, dalam alur cerita Dragon Ball GT para fans melihat peningkatan dari transformasi Great Ape yaitu Golden Great Ape. Pada dasarnya, ini merupakan transformasi Super Saiyan ketika Goku atau Saiyan berada dalam form Great Ape.

Sayangnya, transformasi Golden Great Ape ini tidak lagi muncul dalam ceritanya apalagi series Dragon Ball GT sendiri bukan bagian dari cerita canon. Akira Toriyama sendiri tidak terlalu banyak terlibat dalam proses pembuatan seriesnya. Goku sendiri menggunakan transformasi ini saat menghadapi Baby Vegeta dan Akira Toriyama sendiri kemudian menghadirkan transformasi lainnya yaitu Super Saiyan 4.

Kembali
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.