Arc Wano Country sampai saat ini masih terus berjalan di seri manga One Piece. Ini menjadi arc paling panjang dalam serinya, mengalahkan arc terpanjang sebelumnya yaitu Dressrosa. Lebih dari dua tahun alur cerita Wano Country berjalan dengan banyak hal-hal menarik dan juga berbagai fakta yang sangat luar biasa. Tidak lupa juga berbagai pertempuran yang paling epik.

BACA JUGA: One Piece: Bukti Aramaki Lebih Kejam dari Akainu!

Namun, tentunya kita tidak bisa selamanya terus berkutat di arc Wano Country dan inilah yang mungkin Oda rasakan juga. Setelah semua hal yang terjadi, dan juga kekalahan Big Mom serta Kaido, sudah waktunya Luffy dan Topi Jerami melanjutkan petualangan mereka. Dan dalam bocoran One Piece chapter 1056 terungkap bahwa Luffy sudah mulai pergi keluar dari Wano. Lalu, kemana tujuan Luffy dan kelompok Topi Jerami selanjutnya?

Pulau Elbaf

Elbaf adalah salah satu tempat yang paling banyak para fans teorikan akan kelompok Topi Jerami kunjungi pasca Wano. Dalam spekulasinya, para fans menduga bahwa Luffy dan kelompok Topi Jerami akan bertemu dengan sosok kawan lama mereka, Shanks. Apalagi, di chapter 1055 kemarin kita melihat bagaimana Shanks sudah tiba di Wano namun dia memutuskan untuk tidak bertemu dengan Luffy. Di sisi lain, Luffy sendiri menyadari kemunculan Shanks.

Selain bertemu Shanks, para fans juga menduga bahwa di pulau Elbaf akan ada Road Poneglyph terakhir yang tersimpan. Wano menjadi tempat tersimpannya Road Poneglyph ketiga, seperti yang terungkap dalam chapternya. Artinya hanya tersisa satu Road Poneglyph bagi Luffy dan yang lain untuk mereka temukan. Dalam Road To Laugh Tale sendiri Oda menjelaskan bahwa Elbaf menjadi salah satu lokasi kemungkinan Road Poneglyph terakhir berada.

BACA JUGA: One Piece: Bagaimana Nasib Mantan Shichibukai?

Dan melihat apa yang Oda Sensei hadirkan mengenai pulau Elbaf, sepertinya ada sebuah misteri yang akan terungkap tentang sejarah dunia di pulau ini. Mungkin kita juga akan mengetahui sejarah tentang para suku raksasa atau bahkan suku lainnya. Bisa jadi juga ada potongan sejarah yang tersimpan di pulau ini. Jadi, cukup masuk akal juga jika Elbaf merupakan destinasi selanjutnya.

Pulau Lodestar

Saat Roger masih hidup, dia pernah bercerita kepada Whitebeard tentang petualangannya ke sebuah pulau bernama Lodestar. Lokasinya berada di ujung peta di wilayah New World. Menurut Roger, hampir tidak ada lagi bajak laut yang pernah ke pulau tersebut. Roger juga menuturkan bahwa pulau Lodestar adalah pulau terakhir, sebelum menuju pulau Laugh Tale.

Untuk bisa menuju pulau Lodestar, butuh sebuah Log Pose khusus dan seorang bajak laut harus mengikuti arah Log Pose tersebut. Masih belum ada informasi tentang apa yang tersimpan di pulau tersebut, meskipun para fans sendiri meyakini bahwa ada sesuatu yang besar dan penting. Mungkin ada Rio Poneglyph yang bisa dipelajari oleh Nico Robin.

KE HALAMAN 2

1
2