Marvel Cinematic Universe adalah semesta live action Marvel yang pertama kali berdiri pada tahun 2008 dengan film pertamanya, yaitu Iron Man. Sampai saat ini sudah ada 29 film yang telah Marvel Studios rilis sebagai bagian dari MCU. Termasuk yang terbaru, yaitu film solo keempat Thor yang berjudul Love and ThunderSebentar lagi mereka bahkan akan merilis film ketigapuluhnya yang berjudul Black Panther: Wakanda Foreversebagai penutup untuk Fase 4 MCU yang merupakan bagian dari Multiverse Saga.

Dengan sejarah yang sudah terbentang lebih dari satu dekade ini, ada banyak sekali proyek yang telah dan akan Marvel Studios kerjakan. Di antara film yang akhirnya benar-benar tayang di bioskop, ternyata ada sejumlah film yang batal tayang. Padahal pada saat itu Marvel Studios cukup yakin dengan pengembangannya. Dari mulai film tentang tim superhero baru, sampai film prekuel dari karakter MCU, berikut ini deretan film MCU yang batal tayang!

BACA JUGA: Deretan Proyek MCU di Phase 5 & Phase 6!

Runaways

Runaways adalah tim superhero remaja yang terdiri dari para anak-anak supervillain di Marvel Universe. Pada tahun 2008, kisah menarik Runaways sempat akan Marvel Studios kembangkan menjadi sebuah film MCU. Mereka bahkan telah menunjuk sutradara Peter Sollett untuk menggarap filmnya. Pada tahun 2014, presiden Marvel Studios Kevin Feige bahkan sempat mengatakan bahwa dia akan tetap mempertahankan proyek Runaways. Namun, setelah sempat tidak terdengar kabar, tiba-tiba serial Runaways tayang di saluran Hulu pada tahun 2017. Hal ini sekaligus menandai pembatalan filmnya di MCU. 

Inhuman

Tidak lama setelah film The Avengers tayang, Marvel Studios pernah mengumumkan bahwa mereka akan membawa ras Inhuman ke MCU. Pada tahun 2011, Kevin Feige juga sempat mengatakan bahwa filmnya nanti akan mirip seperti waralaba X-Men dan The Avengers, di mana akan ada banyak bintang yang terlibat di dalamnya. Pada tahun 2014, Marvel bahkan sudah mengumumkan Inhumans sebagai bagian dari Fase 3 MCU. Namun, sama seperti Runaways, proyek ini tiba-tiba menjadi serial dengan aktor Anson Mount sebagai pemeran Black Bolt-nya. Meskipun Marvel Studios tidak mengakui serialnya, tetapi Black Bolt dari Mount baru-baru ini tampil sebagai cameo di film Doctor Strange 2.

KE HALAMAN 2

1
2