Sosok Cassandra Nova yang rencananya akan muncul di film Deadpool 3 bisa jadi ancaman besar baru bagi MCU kedepannya. Deadpool 3 akan menjadi satu-satunya film yang Marvel Studios rilis di tahun 2024 ini. Dari informasi yang sudah kita ketahui sejauh ini, film tersebut akan menghadirkan banyak sekali karakter yang menarik. Contohnya adalah Wolverine. Namun, film tersebut juga jadi momen untuk menghadirkan karakter lain yaitu Cassandra Nova. Dan terdapat kemungkinan jika Cassandra Nova jadi ancaman besar baru di MCU.

3Siapa Cassandra Nova

Banyak dari Geeks yang mungkin belum terlalu mengenal siapa sebenarnya Cassandra Nova. Dalam cerita Marvel Comics sendiri Cassandra Nova Xavier memiliki kisah yang terbilang rumit dan sedikit membingungkan. Berbeda dari Charles Xavier yang sudah melakukan debutnya sekitar enam dekade lalu, keberadaan calon villain Deadpool 3 ini justru baru muncul di komik New X-Men #114 yang rilis tahun 2001.

Yang menarik adalah sebenarnya sosok Cassandra Nova tidak memiliki wujud fisik. Dia merupakan parasit psikis ‘mummudrai’ yang tidak memiliki fisik dan berasal dari dimensi lain. Suatu hari, parasit tersebut tertarik pada kekuatan psychic luar biasa milik Charles Xavier yang masih berada dalam kandungan ibunya, Sharon Xavier. Pada momen inilah dia mulai menempel di samping janin Charles Xavier.

Saat berada di dalam rahim Sharon, sosok astral Cassandra perlahan-lahan mulai berubah dan membentuk DNA yang sama seperti Xavier. Dengan kesadaran dan kekuatan yang dimilikinya, Cassandra lantas mencoba mencekik Charles dengan tali pusarnya. Untungnya, Charles versi janin yang tidak kalah hebat darinya berhasil membela diri dan menghajarnya dengan sebuah ledakan psychic.

Efek dari apa yang Charles versi janin tersebut lakukan menyebabkan Sharon mengalami keguguran, di mana Charles bisa lahir dengan selamat sedangkan Cassandra akhirnya tewas. Bertahun-tahun setelah peristiwa tersebut, kesadaran Cassandra ternyata masih belum hilang. Dia ternyata berhasil bertahan dan akhirnya berhasil kembali muncul dengan tubuh barunya.

Sejak saat itulah Cassandra Nova kemudian memiliki misi untuk membalas dendam atas apa yang sebelumnya Charles Xavier lakukan. Salah satu hal mengerikan yang dia lakukan adalah berusaha untuk menghabisi para anggota X-Men dan menghabisi para mutan lainnya. Karena kesadarannya mampu bertahan walaupun tubuhnya mati, Cassandra terus-menerus kembali dengan tubuh baru yang biasanya digambarkan sebagai wanita tua dengan rambut plontos.

Tidak jarang dalam komiknya Cassandra Nova juga muncul di mana dia berkerja sama dengan Shi’ar Empire dan Hellfire Club untuk menghancurkan kehidupan kembarannya. Ambisi Cassandra ini menjadi lebih berbahaya karena pada dasarnya dia mempunyai kekuatan psychic yang sama luar biasanya dengan Charles. Setelah berhasil menyalin DNA Charles ketika masih janin, Cassandra terbukti mampu melakukan telepati, telekinesis, dan melepaskan kesadaran dari tubuhnya.

Cara terbaik untuk mengalahkannya adalah dengan menjebaknya di sebuah dimensi yang menghalanginya untuk keluar lagi. Hal ini pernah dilakukan oleh Kitty Pryde dalam cerita terakhir Cassandra Nova di Marvel Comics. Di MCU sendiri karakter Cassandra Nova memang masih belum terkonfirmasi kemunculannya. Namun, dalam trailer Deadpool 3 kemarin spekulasi yang mengonfirmasi kemunculan sang karakter pun semakin mencuat.

Petunjuknya sendiri muncul dalam sebuah momen di mana terdapat sosok karakter dengan rambut plontos sedang membuka sebuah pintu. Banyak yang menduga itu adalah sosok Cassandra Nova yang selama ini dirumorkan dan bukan Charles Xavier. Dan kabar ini pun kemudian terkonfirmasi dalam laporan kemarin di mana dalam laporan resmi Marvel kepada pihak departemen hak cipta Amerika tertulis jika Emma Corrin akan berperan sebagai Cassandra Nova.

Cassandra Nova di MCU – Ke Halaman 2

Kembali
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.