Observation Haki Sanji Lebih Hebat

Ada sebuah kalimat menarik yang Jinbei dan Luffy ucapkan saat Sanji menghilang. Pada intinya, keduanya tidak mampu merasakan ada bahaya yang muncul di lantai tiga, sedangkan Sanji mampu merasakannya dengan jelas. Meskipun sebagian fans beranggapan bahwa hal tersebut bukanlah Observation Haki, melainkan “insting” Sanji terhadap wanita, namun tetap saja hal tersebut menarik.

Terlepas dari benar atau tidaknya semua itu ada kaitannya wanita cantik, harus kita akui Observation Haki Sanji memang lebih baik daripada Luffy. Apalagi, dalam hal merasakan keberadaan musuh. Ada banyak momen di mana Zoro dan Luffy juga merasakan keberadaan musuh, sama seperti Sanji. Namun, entah mengapa Sanji yang justru lebih peka dan lebih cepat tanggap terhadap apa yang dia rasakan.

BACA JUGA: One Piece: Luffy Gunakan 2 Buah Iblis?

Bukti yang paling nyata dan jelas dari hal tersebut terjadi di chapter 997, di mana Sanji mendengar jelas suara dari lantai tiga. Menariknya, suara tersebut bahkan tidak bisa terdengar oleh Luffy yang notabene dianggap kemampuan Hakinya lebih baik. Meskipun kemudian hal ini terbukti hanyalah sebuah jebakan, kemampuan fokus Sanji benar-benar sangat luar biasa.

Hal ini semakin mempertegas bahwa Sanji memang adalah spesialis Observation Haki di kelompok Topi Jerami. Momen ketika Sanji tertangkap oleh Black Maria memang menjadi sebuah lelucon di kalangan para fans, di mana meskipun Sanji sudah sangat fokus dan menggunakan Observation Haki dia masih tetap terkena jebakan dari Black Maria. Namun, hal ini menjadi bukti bahwa memang kemampuan Observation Haki milik Sanji jauh di atas Luffy.

Hal ini pun sebenarnya sempat disinggung oleh Oda Sensei dalam kolom SBS. Menurut Oda, Sanji memang memiliki spesialisasi dalam Observation, Luffy ahli dalam Conqueror, sedangkan Zoro dalam hal Armament. Dan kemampuan dari Observation Haki Sanji sendiri sepertinya sudah meningkat saat bertarung melawan Queen.

Ketika Queen menghilang dengan menggunakan teknologi yang mirip dengan teknologi Raid Suit miliknya, Sanji bisa dengan tepat memprediksi keberadaan dari Queen. Selain itu, Sanji juga mendapatkan tambahan kekuatan baru yaitu Ifrit Jambe. Bagaimana menurut kalian Geeks, apakah kalian setuju bahwa Observation Haki milik Sanji memang yang terbaik?

1
2
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.