Haki merupakan salah satu sumber kekuatan epik dalam cerita di seri One Piece, selain buah iblis. Dalam urusan Haki, dari tiga kru terkuat di kelompok bajak laut Topi Jerami tidak diragukan lagi bahwa Luffy adalah yang paling tangguh dan paling cepat berkembang. Hal ini bisa kita lihat di sepanjang arc Wano Country, khususnya dalam pertarungan melawan Kaido.

BACA JUGA: One Punch Man: Saitama Bisa Dapatkan Kekuatan God?

Luffy sebelumnya berlatih Haki selama dua tahun di Rusukaina bersama Rayleigh. Sedangkan Zoro dan Sanji mungkin hanya melatih atau membangkitkan kemampuan Haki mereka sebagai salah satu menu latihan selama time-skip, bukan menjadi fokus utama latihan seperti halnya Luffy. Luffy sendiri terus meningkatkan level kemampuan Haki miliknya di sepanjang cerita.

Belum lagi kemudian Luffy meningkatkan kemampuan Conqueror Haki miliknya ke level yang lebih tinggi saat bertarung melawan Kaido. Di arc sebelumnya, Luffy pun berhasil menaikan level Observation Haki miliknya saat bertarung melawan Katakuri. Hasilnya, Luffy pun mampu melihat ke masa yang akan datang.

BACA JUGA: One Piece: Peran Penting Mihawk di Saga Terakhir!

Namun, meskipun Luffy mampu melihat ke masa depan, jika berbicara mengenai kemampuan Observation Haki, kemampuan dari Luffy memang tidak lebih peka daripada Sanji. Hal ini bisa kita lihat di chapter 998 kemarin. Dalam chapternya, kita melihat bagaimana Luffy dan Jinbei yang berjuang menuju lantai empat, sedangkan Sanji menghilang. Dan seperti yang kita ketahui, Sanji pergi ke lantai 3.

KE HALAMAN 2

1
2