Bartolomeo saat ini tengah menjadi incaran salah satu Yonko yaitu Shanks. Hal ini kita ketahui dalam chapter terbaru seri One Piece. Dalam chapter 1054 kemarin terungkap bagaimana Shanks ingin bertemu dengan Luffy. Meskipun begitu, sebelum kemudian dia bertemu dengan Luffy mereka akan melakukan sesuatu terlebih dahulu. Shanks dan kelompoknya berencana untuk mencari keberadaan Bartolomeo.

Shanks mengatakan bahwa dia ingin menghancurkan Bartolomeo atas apa yang dia lakukan sebelumnya. Bukan tanpa alasan memang Shanks memburu keberadaan sosok Bartolomeo dan berusaha untuk menghabisi nyawa mereka. Karena, hal ini ada kaitannya dengan harga diri dari kelompok Rambut Merah. Dalam gambar sampul chapter 875, nampak Bartolomeo membakar bendera bajak laut milik kelompok Rambut Merah.

Merusak atau membakar bendera bajak laut tentunya menjadi tanda bahwa seseorang menantang kelompok tersebut. Dan hal ini juga yang Barto dan kelompoknya lakukan. Shanks tentunya menganggap apa yang Bartolomeo lakukan tersebut sebagai deklarasi perang. Dia tidak peduli bahwa Barto adalah sekutu dari Luffy dan juga bagian dari Armada Besar Topi Jerami. Selama itu menyangkut harga diri dari kelompok Rambut Merah, maka dia akan menyelesaikan hal tersebut. Dan apa yang Barto lakukan tentunya menyulut kemarahan Shanks.

BACA JUGA: One Piece: Inikah Kekuatan Sebenarnya Bari Bari No Mi?

Siapa Sosok Bartolomeo

Lalu, siapa sebenarnya sosok Bartolomeo? Karakternya pertama kali muncul di arc Dressrosa. Dia merupakan penggemar berat dari sosok Luffy dan juga kelompok Topi Jerami. Sekitar dua tahun lalu, ketika sebuah petir menyelamatkan Luffy dari eksekusi mati di Loguetown, Bartolomeo ada diantara para kerumunan dan merasa takjub dengan apa yang dia lihat.

Sejak saat itu, Bartolomeo mulai mengikuti semua berita tentang Luffy dan juga kelompok Topi Jerami. Pasca perang besar di Marineford, Bartolomeo memutuskan untuk berhenti menjadi penjahat dan memulai petualangannya sebagai bajak laut. Dia membentuk kelompok bajak lautnya sendiri yang bernama Barto Club. Salah satu bukti bagaimana dia begitu mengidolakan sosok Luffy adalah dia sempat pergi ke Dressrosa.

Bartolomeo rela pergi ke Dressrosa untuk ikut pertarungan di Colosseum. Dia ingin mendapatkan Mera Mera no Mi dan akan memberikannya kepada Luffy. Bartolomeo sendiri adalah salah satu orang yang yakin bahwa Luffy akan menjadi raja bajak laut selanjutnya. Setelah pertarungan di Dressrosa, Bartolomeo menjadi salah satu orang yang ikut dalam pembentukan Straw Hat Grand Fleet atau armada besar Topi Jerami.

BACA JUGA: One Piece: Inikah Sebab Shanks Memburu Bartolomeo?

Sekuat Apa?

Sosok Bartolomeo sebenarnya bukanlah karakter yang memiliki kekuatan dahsyat. Dia memang memiliki kekuatan buah iblis Bari Bari no Mi. Bari Bari no Mi adalah buah iblis berjenis Paramecia yang membuat penggunanya mampu mengeluarkan semacam pelindung, dan membuatnya menjadi manusia pelindung. Kekuatan utama dari buah iblisnya adalah membuat penggunanya menghadirkan semacam pelindung, dan mampu dia gunakan untuk dirinya atau orang lain.

Kurozumi Semimaru adalah karakter yang diketahui merupakan pemilik dari buah iblis ini. Seperti yang diperlihatkan dalam flashback Kozuki Oden, pelindung yang dikeluarkan oleh Semimaru bahkan mampu menahan serangan dahsyat dari Kozuki Oden. Namun, bagaimana kemudian kekuatan buah iblis itu bisa jatuh ke tangan Barto masih menjadi misteri.

Dalam pertarungan di Colosseum kita melihat bagaimana Barto mampu bertahan dari semua serangan yang mengarah kepadanya. Hal itu berkat kekuatan pelindung Bari Bari no Mi. Hampir tidak ada satu pun serangan yang mampu menembus perisai tersebut. Masih jadi pertanyaan apakah kemampuan Haki dapat menembus kuatnya pertahanan perisai buah iblis ini.

Bagaimana Nasib Bartolomeo?

Menarik tentunya untuk melihat apa yang terjadi dalam pertarungan antara Bartolomeo dan juga Shanks dan kelompoknya. Di atas kertas, kekuatan Shanks jelas jauh lebih unggul dari Barto. Shanks memiliki kekuatan fisik yang dahsyat, serta Haki yang bahkan membuat Kaido mengakui kekuatannya. Belum lagi, dia memiliki kru yang sangat luar biasa.

Bartolomeo sendiri hanya bisa mengandalkan kemampuan buah iblis Bari Bari miliknya saja, yang mana hal tersebut rasanya bisa Shanks taklukan dengan sangat mudah. Atau bahkan tidak perlu Shanks yang turun tangan. Lucky Roux atau Ben Beckman mungkin sudah cukup untuk membuat Barto menderita. Meskipun begitu, Barto masih memiliki bala bantuan dari Armada Besar Topi Jerami.

Mereka tentu tidak akan diam melihat Barto dalam keadaan terdesak. Namun, lagi-lagi sepertinya peluang mereka untuk menang menghadapi Shanks sangatlah kecil. Armada Bajak Laut Topi Jerami mungkin menang jumlah, tapi tidak dalam hal kekuatan. Shanks dan kelompoknya mungkin bisa menghancurkan Armada tersebut dalam waktu yang cukup singkat. Kita nantikan saja kelanjutan ceritanya pada chapter yang akan datang ya Geeks!