Seperti yang kita ketahui, Bari Bari no Mi adalah buah iblis berjenis Paramecia yang membuat penggunanya mampu mengeluarkan semacam pelindung, dan membuatnya menjadi manusia pelindung. Kekuatan utama dari buah iblisnya adalah membuat penggunanya menghadirkan semacam pelindung tidak terlihat, meskipun pelindung tersebut bisa dikeraskan dan menjadi terlihat, seperti halnya sebuah kaca.

Setelah pelindung tersebut muncul maka penggunanya akan terlindungi baik dari depan maupun dari belakang. Kurozumi Semimaru adalah karakter yang diketahui merupakan pemilik dari buah iblis ini. Seperti yang diperlihatkan dalam flashback Kozuki Oden, pelindung yang dikeluarkan oleh Semimaru bahkan mampu menahan serangan dahsyat dari Kozuki Oden.

Padahal, serangan dari Kozuki Oden tersebut berhasil memotong taring dewa gunung dan mengalahkannya. Bahkan, serangan tersebut juga melukai tubuh Kaido yang sampai sekarang bekas lukanya masih ada. Fakta bahwa sosok dahsyat dan mengerikan seperti Oden bahkan tidak mampu untuk menghancurkan pelindung tersebut, artinya kekuatan Bari Bari no Mi sebenarnya jauh lebih kuat dari yang dibayangkan.

Wild Speculation | One Piece AminoNamun, benarkah demikian? Sebagian fans merasa bahwa hal tersebut terlalu berlebihan. Tidak mungkin Bari Bari no Mi tidak bisa dihancurkan. Dengan kekuatan yang cukup, maka pelindung tersebut bisa saja hancur. Salah satu kemampuan atau kekuatan yang dianggap bisa menghancurkan pelindung dari buah iblis ini adalah kemampuan dari Haki.

Hal ini didukung dengan pernyataan oleh Doflamingo saat di arc Punk Hazard ketika Law bertarung melawan Vergo. Buah iblis yang memiliki kekuatan terhebat sekalipun seperti Ope Ope no Mi, mampu dihentikan oleh Haki. Berdasarkan hal tersebut artinya semua kemampuan buah iblis pun bisa ditahan oleh kedahsyatan Haki. Namun, sepertinya hal itu tidak berlaku untuk Bari Bari no Mi.

Buktinya adalah serangan Kozuki Oden yang dahsyat sekalipun tidak mampu menembus atau menghancurkan pelindung tersebut. Memang masih belum diketahui apakah Kozuki Oden saat menyerang Orochi sudah mengerahkan kemampuannya, atau hanya sekedar melakukan tebasan biasa. Tapi, dengan asumsi di atas, artinya Bartolomeo hampir tidak bisa disentuh. Para karakter hebat pun mungkin tidak akan bisa menghancurkannya.

6 “Tanker” có khả năng phòng thủ mạnh nhất trong series One PieceHal ini memunculkan spekulasi dan pertanyaan bagaimana jika kemampuan ini dimanfaatkan dalam pertarungan di Onigashima. Seperti yang diperlihatkan di chapter 1010 kemarin, para Worst Generation kewalahan menghadapi serangan Kaido dan Big Mom. Bahkan, Zoro, Luffy, dan Law sampai tidak sadarkan diri akibat serangan yang dilancarkan Kaido.

Mereka semua tidak bisa menahan serangan dahsyat tersebut. Yang hanya bisa mereka lakukan adalah menghindar dan berlari. Jika Bartolomeo kemudian muncul di tengah-tengah pertarungan, mungkin dia bisa membantu mereka dengan pelindung tersebut. Apalagi Bartolomeo sudah berjanji bahwa dia dan Straw Hat Grand Fleet akan membantu Luffy dan kelompok Topi Jerami yang dalam keadaan terdesak dengan sukarela.

Kemunculan Bartolomeo bisa menjadi ajang pembuktian bagi para fans, seberapa kuat pelindungnya mampu menahan seranga. Apakah pelindung Bartolomeo akan bertahan menghadapi serangan Big Mom dan Kaido? Atau justru hancur? Bagaimana menurut kalian Geeks?

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.