Level Kekuatan Super Saiyan

Level kekuatan dari transformasi Super Saiyan juga rasanya jauh lebih hebat dan dahsyat daripada Oosaru. Hal ini bisa kita lihat dari perkembangannya, mulai dari Super Saiyan 1, 2, 3, dan 4. Semakin tinggi level Super Saiyan yang mereka aktifkan maka semakin besar juga level kekuatannya. Hal ini pun bisa kita lihat dalam berbagai momen epik di sepanjang serinya mulai dari Dragon Ball Z, GT, atau pun super.

Cara kerja atau mekanisme perubahannya juga sedikit lebih simpel dan mudah daripada teknik Oosaru. Seperti yang kita ketahui, untuk seorang Saiyan bisa mengakses kekuatan Super Saiyan maka mereka harus menggunakan emosi dan amarah dalam diri mereka sebagai pemicunya. Amarah tersebut akan membuka kekuatan yang ada di tubuh mereka dan meningkatkan level kekuatannya.

BACA JUGA: Dragon Ball: 7 Kekuatan Gohan yang Jarang Digunakan!

Jika terus mereka latih, maka level kekuatannya akan semakin dahsyat. Dan dalam ceritanya pun setiap peningkatan Super Saiyan akan menghasilkan kekuatan yang jauh lebih kuat dari sebelumnya. Konsep inilah yang kemudian banyak para fans minati. Bahkan, teknik Super Saiyan sendiri saat ini sudah menjadi salah satu ikon dari franchisenya selain teknik Kamehameha.

Kekuatan Saiyan Lainnya

Seiring berjalannya waktu, transformasi dari Super Saiyan mulai mengalami stagnan di mana para fans mulai merasa jenuh dengan hal tersebut. Dan Akira Toriyama pun kemudian menghadirkan transformasi lainnya yaitu Ultra Instinct dan juga Ultra Ego. Teknik ini bisa kita lihat dalam seri Dragon Ball Super. Kedua teknik tersebut bahkan jauh lebih kuat dari transformasi Great Ape dan Super Saiyan.

Teknik transformasi Ultra Instinct sebenarnya bukanlah sumber kekuatan ras Saiyan. Itu adalah kemampuan yang menjadi andalan para dewa dan juga Angels. Menguasai atau mampu menggunakan kemampuan itu artinya level kekuatan mereka – Goku dan Vegeta – sudah berada di level para dewa. Jika mereka mau, pengguna transformasi Oosaru bisa saja dikalahkan dengan sangat mudah.

Jadi, kesimpulannya, transformasi Great Ape memang menjadi salah satu hal yang luar biasa bagi para Saiyan. Namun, sumber kekuatan tersebut sudah tidak relevan lagi karena beberapa alasan. Beberapa diantaranya adalah sistem transformasi yang sulit dan juga level kekuatannya berada di bawah teknik lainnya. Jadi, memang cukup masuk akal jika kemudian Toriyama Sensei tidak lagi menghadirkan transformasinya. Meskipun begitu, sesekali muncul seperti dalam chapter 77 kemarin merupakan keputusan yang baik di mana hal tersebut menjadi fan-service yang baik untuk para penggemar.

1
2
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.