Kedua, Luffy pun bahkan sempat membanting tubuh Kaido beberapa kali, sebuah momen yang sebelumnya tidak pernah terjadi, meskipun Luffy sudah menggunakan Advanced Conqueror Haki. Ketiga, saat Kaido mencoba membalas serangan Luffy dengan Boro Breath, Luffy berhasil membalikan serangan tersebut kepada Kaido karena seluruh tubuhnya kini berubah menjadi karet.

Sehingga, serangan Boro Breath dari Kaido justru tidak berefek apa pun dan Luffy pun akhirnya bisa mengembalikan serangan epik tersebut. Keempat, momen ketika Luffy kehabisan tenaga setelah menggunakan Gear 5 sempat membuatnya kembali tidak sadarkan diri. Namun, kita kemudian melihat bagaimana Luffy kembali bangkit setelah mendengar suara genderang pembebasan.

Berdasarkan empat momen tersebut, pertanyaan besarnya kemudian adalah apakah artinya Gear 5 dari Luffy tidak memiliki batas kekuatan? Kita masih belum mengetahui mengenai jawaban pasti dari pertanyaan tersebut. Namun, rasanya kecil kemungkinan jika Gear 5 Luffy tidak memiliki batas kekuatan sama sekali. Mungkin, ada hal yang menjadi batas kekuatan Gear 5 milik Luffy ini.

Misalnya, Gear 5 ini hanya bisa terjadi atau aktif ketika momen-momen tertentu seperti saat ini, di mana nasib banyak orang dipertaruhkan. Atau mungkin ketika Luffy benar-benar marah dan bertekad untuk membebaskan sebuah wilayah atau kaum yang tertindas. Seperti yang Law dan Kid ungkapkan mengenai awakening buah iblis, teknik tersebut menguras tenaga dan energi mereka. Apalagi, awakening Nika benar-benar sangat dahsyat yang artinya energi dan stamina Luffy pasti akan terkuras habis.

Gear Terakhir di One Piece?

Pertanyaanya selanjutnya adalah apakah Gear 5 jadi form terakhir dari Luffy? Ada banyak fans yang berpekulasi bahwa kemungkinan Luffy masih akan memiliki kemampuan puncak dari form Gear miliknya. Spekulasi tersebut terinspirasi dari dari gear atau roda gigi kendaraan, khususnya mobil, di mana sebagian besar kendaraan memiliki Gear sampai 6.

Tapi, masih belum ada gambaran akan seperti apa kedahsyatan dari Gear 6 jika memang hal tersebut terjadi. Hal ini mengingat Gear 5 sendiri sudah sangat luar biasa seperti muncul di chapter 1044 sampai 1049 kemarin. Meskipun spekulasi tersebut cukup menarik, namun sebenarnya informasi mengenai hal ini pun sudah Oda Sensei hadirkan pada chapter kemarin.

Dalam salah satu panel, di mana Luffy memperkenalkan kekuatan barunya sebagai Gear Fifth, dan dia mengatakan dengan jelas bahwa itu sudah menjadi kekuatan puncaknya. Artinya, dengan Gear 5 menjadi kekuatan puncaknya, kecil kemungkinan bagi Luffy untuk kemudian mendapatkan kekuatan baru seperti Gear 6. Sehingga, bisa kita asumsikan bahwa Gear 5 mungkin menjadi form terakhir dari Luffy.

Namun, yang perlu untuk menjadi catatan adalah Gear 6 bukanlah sesuatu yang mustahil. Meskipun peluang untuk munculnya kecil, tetapi bisa saja Oda akan menghadirkan hal tersebut. Mengapa demikian? Karena, Luffy mengatakan bahwa itu adalah puncak kekuatannya dan bukan mengtakan bahwa dia sudah mengerahkan semua kekuatannya. Kita nantikan saja kelanjutan ceritanya pada chapter One Piece yang akan datang ya Geeks!

1
2
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.