Sosok villain terbaru yang muncul dalam seri Boruto: Naruto Next Generation benar-benar sangat kuat. Bahkan saking kuatnya, dia berhasil menghancurkan sistem kekuatan (power level) yang sudah terbangun sedari awal sejak seri Naruto. Sosok villain yang dimaksud dalam hal ini adalah Daemon, adik dari sosok Eida yang sekaligus juga merupakan karakter baru di serinya.

Daemon adalah sosok anak kecil yang secara penampilan tidak berbeda dari anak-anak pada umumnya. Namun sebenarnya, dia adalah cyborg yang dalam beberapa chapter sudah berhasil menunjukan seberapa berbahaya dan mengerikannya. Bahkan, level kekuatan dari Daemon sendiri mampu melampaui level kekuatan dari Naruto dan Sasuke.

Seri Boruto memang sedari awal sudah memiliki masalah besar terutama dalam hal power scaling atau level kekuatan para karakter. Yang menjadi masalah besarnya adalah bagaimana para kreator serinya masih menghadirkan karakter lama, seperti Naruto dan Sasuke, di tengah dunia Shinobi yang terus berkembang dan semakin kuat. Keduanya memang adalah sosok kuat, namun di era modern ini ancaman besar lainnya terus muncul.

Para villain tersebut terbukti jauh lebih kuat dari keduanya, dan bahkan hampir merenggut nyawa dari Naruto dan Sasuke. Inilah yang kemudian menjadi inti permasalahan level kekuatan dalam seri Boruto. Masalah ini bahkan semakin pelik ketika muncul sosok kuat lainnya, seperti Eida dan Daemon, yang kemampuan mereka membuat Naruto dan Sasuke nampak sangat lemah dan tidak berdaya.

Ketika kekuatan Eida terletak pada kemampuan uniknya untuk membuat semua orang jatuh cinta kepadanya, Daemon lebih simpel dari sang kakak. Bahkan mungkin, Daemon jauh lebih kuat dari sang kakak atau terlalu kuat sampai pada tahap tidak masuk akal. Secara tidak langsung, hal ini justru menjadi penyebab “rusaknya” seri Boruto di mata fans.

BACA JUGA: Boruto: 7 Pengguna Taijutsu Terkuat!

Terlalu Kuat

Dalam chapter 71 kemarin, Daemon nampak bertarung dengan Code, musuh lainnya yang juga baru saja diperkenalkan di serinya. Code merupakan wadah gagal dari Isshiki Otsutsuki, dan baru-baru ini dia kembali mendapatkan kekuatannya setelah Amado melepaskan limiter di tubuhnya. Sayangnya, meskipun begitu, Code nampak tidak berkutik di hadapan Daemon yang memiliki kekuatan jauh lebih dashyat.

Daemon memiliki teknik Refelction, yang membuat semua serangan akan memantul kembali kepada mereka yang menyerang. Belum lagi, dia memiliki kekuatan lain seperti Taijutsu yang kuat yang membuat Code pun tidak mampu melakukan serangan balik.

Yang cukup mengejutkan adalah Amado sendiri sempat mengatakan bahwa Code tanpa limiter adalah sosok yang kuat. Bahkan, jauh lebih kuat dari Jigen atau Isshiki dan bahkan Naruto serta Sasuke. Melihat apa yang terjadi di chapter 71 kemarin, artinya bisa kita simpulkan bahwa level kekuatan Daemon benar-benar di atas kedua karakter protagonis utama, yang mana di akhir seri sebelumnya mereka berdua mendapatkan kekuatan Sage of Six Paths.

Dalam pertarungan melawan Isshiki, bagaimana kedua protagonis tersebut kalah kekuatan mungkin masih bisa diterima oleh semua orang. Pasalnya, Isshiki memang Otsutsuki terkuat sejauh ini. Namun, bagaimana kemudian level keduanya berada di bawah karakter yang notabene hanyalah “cyborg” sebenarnya cukup ironis dan tidak masuk akal.

Ini juga seolah menghadirkan kesimpulan bahwa manusia – khususnya Amado – memiliki kecerdasan di luar batas maksimal. Dengan kecerdasan tersebut, Amado mampu menciptakan sebuah senjata atau cyborg yang mana level kekuatannya hampir setara atau bahkan melampui sosok alien seperti Isshiki. Artinya butuh usaha yang jauh lebih ekstra lagi bagi Boruto dan Kawaki serta shinobi lainnya untuk bisa mengalahkan sosok seperti Daemon.

BACA JUGA: 10 Teori Gila Tentang One Piece!

Kesimpulannya

Para villain dan level kekuatan mereka menjadi salah satu masalah terbesar sejak serinya mulai. Karena serinya merupakan sekuel, maka para antagonis memang harus terlihat sangat kuat dan mengerikan sejak awal kemunculan mereka. Namun, hal tersebut justru memberikan efek negatif, terutama untuk karakter yang sudah muncul sebelumnya seperti Naruto dan juga Sasuke.

Kemunculan sosok seperti Eida dan Daemon bukannya menciptakan sesuatu yang baru, namun dianggap justru semakin memperkeruh permasalahan tentang hal ini. Keduanya pada dasanya adalah ciptaan manusia, namun seolah level kekuatan mereka sangat jauh melampaui level kekuatan manusia itu sendiri, bahkan kekuatan dari luar bumi. Menarik tentunya untuk melihat bagaimana tindakan para shinobi untuk mengatasi permasalah epik tersebut.