Seri One Piece karya Eiichiro Oda adalah salah satu seri karya terbesar dan terpanjang sepanjang sejarah industri anime dan manga. Terbit sejak 1997 untuk manganya dan tayang perdana pada 1999 untuk versi animenya, sudah lebih dari dua dekade serinya berjalan. Para fans pun masih terus setia menantikan berbagai cerita dan hal-hal menarik baru lainnya yang muncul di seri ini.

Salah satu hal menarik yang membuat para fans betah untuk terus menantikan kelanjutan petualangan Luffy, dan juga berbagai hal menarik lainnya, adalah munculnya berbagai teori atau spekulasi. Berbagai hal tersebut seolah menjadi “bumbu” bagi kesuksesan serinya. Ada banyak teori atau spekulasi yang beredar di kalangan fans, yang sebagianya benar-benar gila. Apa saja?

BACA JUGA: One Piece: 5 Rencana Oda yang Gagal!

Blackbeard Memiliki Tiga Kepribadian

Setelah kabur dari bajalah laut Whitebeard, Teach kemudian berusaha untuk mendapatkan kekuatan Gura Gura no Mi yang Whitebeard miliki. Dalam arc Marineford, dunia terkejut dengan Teach yang mampu untuk memindahkan kekuatan Gura Gura no Mi ke dalam tubuhnya. Artinya saat ini Teach memiliki dua buah iblis di dalam tubuhnya.

Banyak fans kemudian berpendapat jika Teach sebenarnya merupakan kombinasi dari tiga orang atau sebenarnya ada tiga jiwa di dalam tubuh tersebut. Teori ini lebih terkenal dengan sebutan teori Cerberus, yang terinspirasi dari hewan mitologi berkepala tiga. Luffy dan Zoro sendiri pernah mengatakan jika Blackbeard kemungkinan lebih dari satu orang. Marco juga pernah mengatakan jika Blackbeard memiliki struktur tubuh yang unik. Bendera bajak laut miliknya pun memiliki gambar tiga buah tengkorak.

Teori Pewarisan Tekad: Menyatukan Seluruh Lautan

Pewarisan tekad atau “Inhereted will” merupakan salah satu teori yang paling populer di kalangan para pecinta One Piece. Teori ini menjelaskan bahwa One Piece sebenarnya merupakan sebuah proyek yang sengaja Ancient Kingdom/Kerajaan Kuno buat dengan tujuan untuk menghancurkan Redline dan menyatukan seluruh lautan, dengan menggunakan berbagai senjata kuno yang kita kenal.

Secara teori, jika Redline hancur maka Grand Line, Calm Belt, dan seluruh wilayah Blues yang kita ketahui akan berada di satu wilayah alias menjadi satu. Hal ini akan mewujudkan sebuah legenda All Blue. Madam Sharly di pulau Duyung pernah memprediksi jika Luffy akan menghancurkan pulau duyung. Hal ini berkorelasi dengan teorinya, karena jika Redline hancur maka pulau ikan dan duyung pun hancur.

Namun, hal ini bisa berarti satu hal yaitu manusia ikan dan duyung bisa pindah ke wilayah permukaan dan tinggal bersama dengan manusia. Sebuah era baru pun akan hadir di mana manusia, manusia ikan, dan duyung serta makhluk lainnya bisa hidup secara berdampingan.

BACA JUGA: One Piece: 6 Buah Iblis ini Masih Misterius!

Monkey D. Dragon Adalah Pengendali Cuaca

Monkey D. Dragon merupakan ayah dari Luffy dan merupakan salah satu karakter yang paling misterius dari cerita One Piece. Meskipun sudah lebih dari dua dekade ceritanya berlangsung, masih sangat sedikit informasi yang kita dapatkan dari sosok pemimpin pasukan revolusi tersebut. Banyak fans yang kemudian berteori bahwa Dragon mungkin adalah sosok pengguna kekuatan buah iblis, khususnya buah iblis cuaca.

Spekulasi tersebut muncul berdasarkan apa yang terjadi di Loguetown dan beberapa momen lainnya yang menghadirkan sosok Dragon di sepanjang ceritanya. Jika benar Dragon merupakan pemakan iblis tipe Logia dan mampu mengendalikan angin serta udara, wajar jika dia menjadi karakter yang paling berbahaya dan paling buron oleh angkatan laut dan pemerintah.

Dragon Adalah Mantan Angkatan Laut

Selain teori mengenai pengguna buah iblis, teori lainnya tentang Dragon adalah bagaimana dia sebenarnya adalah mantan anggota angkatan laut. Dragon memang terkenal sebagai ayah Luffy dan pemimpin pasukan Revolusioner, namun masih banyak masa lalunya yang janggal dan belum terjelaskan hingga sekarang. Ayah Dragon, Garp, juga terkenal sebagai orang paling terpandang di Angkatan Laut, dan Garp sangat keras dalam mendidik keturunannya.

Terbukti, ketika Luffy bercita-cita menjadi bajak laut, Garp adalah orang yang paling menentang keinginan Luffy. Mungkin di masa lalu, Garp juga pernah memaksa Dragon untuk menjadi bagian dari Angkatan Laut. Mungkin, seperti halnya Diez Barrels dan beberapa bajak laut lainnya, Dragon sebenarnya pada awalnya merupakan mantan angkatan laut. Namun, dia memutuskan untuk keluar karena kecewa dengan Pemerintah Dunia dan sistem yang ada.

BACA JUGA: Apa Fungsi Demon Slayer Mark?

Buah Iblis Terhubung dengan Elektromagnetis

Sudah sejak lama para fans mencoba untuk membuat teori tentang bagaimana sistem dari buah iblis bekerja. Salah satu teori menyebutkan jika buah iblis ada kaitannya dengan gelombang elektromagnetik. Teorinya sendiri mencoba untuk menjelaskan berbagai kelemahan-kelemahan dari para pengguna buah iblis, seperti kelemahan terhadap batu laut, air, dan Armament Haki.

Air sendiri mengandung banyak sekali molekul, yang menyerap gelombang elektromagnetik yang berasal dari buah iblis sehingga bisa melemahkan penggunanya. Hal ini juga berlaku pada batu laut dan Armament Haki. Untuk Armament Haki sendiri, ada sebuah fenomena yang disebut sebagai “black body”, di mana sebuah tubuh atau objek mampu menyerap radiasi elektromagnetik.

1
2