Para fans dari seri One Piece mendapatkan kejutan besar di chapter 1051 kemarin. Kejutan tersebut adalah bagaimana Yamato memutuskan untuk bergabung dengan kelompok Topi Jerami. Hal ini sebenarnya sudah sejak lama menjadi spekulasi para fans, di mana mereka menduga bahwa Yamato akan bergabung dengan Luffy. Meskipun begitu, keputusan sendiri masih ada di tangan Luffy.

Masih belum ada informasi apakah Luffy menerima Yamato untuk menjadi bagian dari krunya. Meskipun ada banyak orang yang berharap bisa bergabung dengan kru Topi Jerami, namun sebenarnya ada beberapa karakter di sepanjang serinya yang menolak untuk bergabung dengan kelompok Topi Jerami karena berbagai alasan mereka. Siapa saja?

BACA JUGA: Boruto: Seberapa Kuat Mata Baru Code?

Gaimon

Gaimon merupakan mantan bajak laut yang sekarang tinggal di Island of Rare Animals. Dalam versi manganya, Gaimon muncul pertama kali diantara arc Orange Town dan arc Syrupp Village. Saat itu, Luffy dan Nami menjadi satu-satunya anggota Topi Jerami yang Gaimon temui. Di sisi lain, Zoro terlalu lelah berperang sehingga ia memutuskan beristirahat dan tidak bertemu Gaimon.

Sementara itu dalam versi animenya, Gaimon pertama kali muncul diantara arc Syrup Village dan arc Baratie, di mana kala itu Gaimon bertemu dengan Zoro dan Usopp. Dalam ceritanya, Gaimon dahulu merupakan sosok yang jahat dan serakah. Namun, hal tersebut mulai hilang dalam diri Gaimon. Luffy pun pernah menawari Gaimon bergabung dengan Topi Jerami, tetapi Gaimon menolaknya dan lebih memilih untuk tinggal bersama para binatang di pulau yang dia tempati saat ini.

Dr. Kureha

Dr. Kureha adalah sosok yang sangat penting di wilayah pulau Drum. Dia adalah dokter yang orang-orang andalkan untuk menangani berbagai masalah. Pada saat kru Topi Jerami tiba di pulau Drum, Luffy dan Nami menyadari bahwa mereka masih belum memiliki seorang dokter di kru Topi Jerami. Akhirnya, mereka pun sempat meminta Dr. Kureha untuk bergabung yang mana kemudian tawaran tersebut dia tolak.

Dr. Kureha merupakan satu-satunya orang yang mendukung Chopper untuk menjadi dokter. Selain itu, dia juga merupakan orang yang membujuk Chopper untuk kemudian mau bergabung bersama Luffy. Kureha sendiri mengatakan bahwa dia tidak ingin menghabiskan sisa waktunya menjadi bajak laut dan kemudian tewas di atas kapal.

BACA JUGA: One Piece: Siapa Admiral Paling Kuat?

Crocus

Selain Dr. Kureha, sosok dokter lainnya yang juga pernah menolak tawaran Luffy untuk bergabung dengan Topi Jerami adalah Crocus. Seperti yang kita ketahui, Crocus adalah mantan anggota Bajak Laut Roger yang pernah ikut berlayar bersama sang Raja Bajak Laut ke Laugh Tale. Kebersamaan Crocus dengan Roger memang tidak lama, hanya dua tahun. Hal tersebut terjadi karena Roger meminta Crocus untuk menjaganya agar dia bisa sampai ke Laugh Tale.

Setelah bertemu dengan Luffy, Crocus menyadari bahwa Luffy dan Roger memiliki banyak kesamaan. Meski begitu, Crocus tidak berminat untuk bergabung dengan Topi Jerami. Crocus menolak tawaran Luffy untuk bergabung karena dia ingin merawat Laboon, seekor paus hitam raksasa yang ternyata merupakan kenalan dari Brook dan juga kelompok Bajak Laut Rumbar.

Nefertari Vivi dan Karoo

Nefertari Vivi merupakan sosok penting yang muncul di arc Alabasta. Dia merupakan putri dari Nefertari Cobra, pemimpin wilayah tersebut. Vivi memiliki seekor binatang peliharaan bernama Karoo. Dia sempat menyamar menjadi salah satu agen Baroque Works sebelum kemudian terungkap identitas aslinya. Hal inilah yang kemudian membuat Luffy dan kelompok Topi Jerami akhirnya membantu Vivi dengan misinya.

Sebenarnya, Vivi dan Karoo sudah sempat sempat berlayar bersama Luffy dan yang lain. Namun, kemudian Vivi dan Karoo memutuskan untuk tetap tinggal di Alabasta demi menjalankan tanggung jawabnya sebagai Putri dari negeri tersebut. Terlepas dari hal tersebut, Luffy dan kru Topi Jerami yang lain menganggap Vivi tetap menjadi bagian dari kelompok Topi Jerami.

BACA JUGA: One Piece: Angkatan Laut Bakal Hancurkan Wano?

Iceburg

Pasca hancurnya kapal Going Merry para kru Topi Jerami akhirnya menyadari bahwa mereka memerlukan seorang tukan kayu atau tukang kapal. Karena mereka sedang berada di Water Seven, akhirnya mereka pun mencari seorang tukang kapal untuk bisa bergabung dengan mereka. Sosok yang kemudian Luffy ajak untuk bergabung dengan kelompoknya adalah Iceburg. Namun, Iceburg kemudian menolak tawaran Luffy tersebut.

Seperti halnya Vivi, Iceburg tawaran Luffy karena alasan tanggung jawab. Iceburg menolak tawaran tersebut karena dia sadar posisinya sebagai walikota Water 7. Namun, akhirnya, bukan Iceburg atau pegawai Galey-La yang bergabung dengan Luffy melainkan Franky.  Dia adalah sosok sahabat dan teman masa kecil dari Iceburg. Dan Franky sendiri berjanji bahwa suatu saat dia akan membantu Iceburg mewujudkan mimpinya.

Popularitas kru Topi Jerami memang sangat luar biasa. Semua orang ingin bergabung menjadi kru mereka. Bahkan, sempat ada bajak laut yang mengaku-ngaku sebagai kru Topi Jerami. Meskipun begitu, nyatanya ada juga karakter yang kemudian menolak tawaran bergabung karena alasan besar. Terlepas dari hal tersebut, mereka pun tetap menjadi sekutu dari Luffy.