Seperti yang sudah banyak orang prediksi bahwa pertempuran besar di Onigashima pastinya akan merebut banyak perhatian orang. Hal tersebut wajar mengingat bagaimana masifnya level pertarungan, dan juga banyaknya orang-orang yang terlibat dalam pertempuran tersebut. Dan dengan momen pertempuran di Onigashima menjadi pusat perhatian banyak pihak, artinya mau tidak mau mereka pun semakin populer dan menjadi incaran angkatan laut dan Pemerintah Dunia di One Piece.

Dengan menjadi buronan besar pihak Pemerintah Dunia, apalagi setelah mereka terlibat dalam sebuah peristiwa yang sangat besar dan luar biasa, mau tidak mau nilai buruan mereka akan meningkat drastis. Hal ini pun sempat terjadi sebelumnya, di mana nilai buruan kru Topi Jerami meroket pasca arc Enies Lobby. Lalu, berapa kira-kira nilai buruan mereka?

Tony Tony Chopper – 5 – 10 Juta Belly

Chopper adalah karakter yang paling underrated dalam cerita One Piece. Meskipun begitu, Chopper merupakan salah satu karakter favorit dari para fans. Pemerintah Dunia mungkin tidak sadar bahwa dibalik wajahnya yang lucu dan imut, terdapat sosok monster mengerikan yang siap menghancurkan apa pun yang ada di depannya. Terakhir kali Chopper melakukan hal mengerikan adalah ketika dia berubah menjadi monster tidak terkendali saat bertarung melawan CP9.

Meskipun nilai buruannya kecil, Chopper adalah sosok dokter yang sangat penting. Tanpa Chopper, mungkin Sanji sudah mati kehilangan darah saat di pulau duyung atau para samurai dan kelompok Beast lainnya sudah mati akibat terkena racun milik Queen. Kemampuan medis Chopper bahkan sempat membuat Queen terkejut. Sehingga, rasanya nilai buruan Chopper di angka 5 – 10 juta Belly sangat cukup.

BACA JUGA: Tokyo Revengers: Ada Penjelajah Waktu Kedua!

Nami – 110 Juta Belly

Nami merupakan salah satu dari tiga kru bajak laut Topi Jerami yang paling lemah. Namun, bukan berarti dia bisa dipandang remeh saat berhadapan dengan musuh. Dia pernah menjadi seorang kucing pencuri dan pernah menjadi anak buah dari bajak laut Arlong, yang mana hal itu memberikannya sedikit kemampuan untuk bertarung. Kemampuan tersebut sering dia gunakan dalam berbagai pertempuran.

Kemampuan Nami bertambah setelah dia memiliki salah satu Homies milik Big Mom, yaitu Zeus. Hal ini bisa kita lihat dalam pertempuran melawan Ulti, di mana berkat kerja sama Zeus dan Nami, mereka mampu menaklukan salah satu Flying Six tersebut. Nilai buruan Nami sebelumnya adalah 60 juta Belly. Kemungkinan nilainya akan bertambah kurang lebih mencapai 110 juta Belly, angka yang cukup pantas untuk Nami.

Brook – 125 Juta Belly

Brook adalah salah satu sosok karakter yang cukup berpengaruh di arc Whole Cake Island, di mana big Mom sendiri sangat menyukai sosok Brook. Dia juga mampu menandingi kekuatan Big Mom meskipun hanya sebentar. Selama pertempuran di Onigashima, memang Brook nampak tidak terlalu banyak bertarung selain membantu yang lain membuka jalan untuk Luffy menuju atap.

Selebihnya, Brook menjadi sosok yang menemani dan membantu Robin untuk bisa kabur dari CP-0. Meskipun begitu, kontribusi ini pun cukup membantu kru Topi Jerami memenangkan pertempuran. Dan jika tidak ada Brook, mungkin Robin sudah tertangkap oleh CP-0. Brook sendiri sebelumnya memiliki nilai buruan sekitar 83 juta Belly. Namun, mungkin nilainya akan bertambah menjadi 120 – 125 Juta Belly.

Nico Robin – 400 Juta Belly

Berbicara mengenai Nico Robin, sebenarnya ada hal menarik dari sosoknya. Bukan mengenai kekuatan atau karakternya, melainkan nilai buruan yang dia miliki. Nilai buruan Robin sendiri saat ini hanya 130 juta Belly. Sebuah angka yang cukup kecil sebenarnya jika melihat siapa sebenarnya sosok Robin. Namun, pasca apa yang terjadi di Wano di mana Robin berhasil mengalahkan Black Maria kemungkinan angka tersebut akan meroket.

Dalam ceritanya, Nico Robin menjadi lawan bagi Black Maria setelah dia menggantikan posisi dari Sanji, yang tidak bisa bertarung melawannya. Pertarungan melawan Black Maria menjadi momen pembuktian kekuatannya yang sudah meningkat drastis. Robin berhasil mengalahkan Black Maria dengan menggunakan teknik “awakening” dari buah iblisnya. Nilai buruan 400 juta Belly rasanya bisa menjadi nilai baru bagi Robin.

BACA JUGA: One Piece: Buah Iblis 5 Karakter ini Masih Misterius!

Usopp – 220 Juta Belly

Penembak jitu dari kelompok bajak laut Topi Jerami. Usopp merupakan anggota awal dari kru tersebut di mana dia bergabung dalam arc Desa Syrupp. Sejak pertama kali muncul dalamcerita, Usopp memang sudah terkenal memiliki kelebihan dalam hal menggunakan ketapel. Namun, seiring waktu, Usopp menunjukan peningkatan kekuatannya dalam hal persenjataan dan sekaligus juga dalam hal menembak tepat.

Selama di Onigashima, Usopp memang tidak terlalu banyak bertarung seperti halnya Nami. Dia hanya berlari-lari dari satu lantai ke lantai yang lain bersama Otama untuk memberikan Kibi Dango. Meskipun begitu, Usopp juga yang kemudian menyelamatkan nyawa Kikunojo dan juga Kinemon yang terluka parah akibat pertarungan sebelumnya. Nilai buruan Usopp sendiri akan meningkan ke angka 220 – 235 juta Belly

Franky – 400 Juta Belly

Franky adalah salah satu kru Topi Jerami terkuat setelah Luffy, Zoro, Sanji, dan Jinbe. Dalam pertempuran di Onigashima ini dia cukup banyak membantu aliansi Luffy untuk bisa menang. Sebelumnya, Franky mampu membuat Big Mom marah setelah dia menggilas wajahnya. Dan puncak petualangan dari Franky sendiri adalah ketika dia bertarung melawan Sasaki.

Salah satu anggota Flying Six ini pun cukup memberikan kerepotan bagi Franky, sebelum kemudian Sasaki berhasil dikalahkan. Sebagian fans merasa bahwa pertarungan Franky ini kurang begitu epik, seperti di arc Dressrosa. Namun, terlepas dari hal itu, kontribusi Franky selama pertempuran ini sangatlah besar. Franky sebelumnya memiliki nilai buruan sebesar 94 juta Belly, dan nilainya kemungkinan akan meningkat dengan menyentuh angka 200 – 400 juta Belly.

Jinbe – 800 Juta Belly

Jinbe adalah kru Topi Jerami yang memiliki mimpi untuk mengakhiri permusuhan antara manusia ikan dan manusia, selain mengikuti Luffy dan membantunya mewujudkan mimpi sebagai seorang raja bajak laut. Meskipun pada awalnya Jinbe mungkin hanya ingin membayar “hutang” yang dia buat dulu kepada Ace sebelum dia tewas, namun pada akhirnya dia sadar bahwa Luffy bukanlah sosok biasa.

Dalam pertempuran di Onigashima, Jinbe harus berhadapan dengan sosok Who’s Who. Dia adalah mantan anggota dari CP-9 dan juga bagian dari kelompok Flying Six. Yang menarik dari pertarungan mereka adalah terungkapnya fakta tentang sosok Nika. Dan dia pun sepertinya mengetahui banyak tentang mitos tersebut. Jinbe sendiri memiliki nilai buruan 438 juta Belly saat ini, yang mana nilainya kemungkinan akan meningkat ke angka 700-800 juta Belly.

Sanji – 800 Juta Belly

Sanji merupakan salah satu dari tiga monster dalam kru Topi Jerami, selain Zoro dan Luffy. Di sepanjang pertempuran Onigashima ini banyak momen epik yang terjadi terutama terhadap sosok Sanji. Misalnya, bagaimana Sanji berhasil membangkitkan kekuatan dahsyat dalam dirinya berkat mengaktifkan Raid Suit. Dan efek dari hal tersebut adalah dia mampu bertarung melawan Queen.

Pertarungan antara Sanji melawan Queen menjadi salah satu pertarungan yang cukup mendapatkan perhatian dari para fans. Queen sendiri merupakan sosok terkuat nomor dua di kelompok bajak laut Beast. Dengan perkembangan yang sudah dialami Sanji sekarang, seharusnya nilai tersebut bisa lebih tinggi. Nilai buruan Sanji mungkin bisa mencapai 800 juta Belly dari sebelumnya hanya 330 juta Belly.

Roronoa Zoro – 1 Milliar Belly di One Piece

Zoro merupakan tangan kanan dari Luffy dengan kekuatannya yang dahsyat. Dia juga merupakan sebagai salah satu ahli pedang terkuat dalam ceritanya. Zoro memiliki mimpi untuk menjadi ahli pedang terkuat di dunia, mengalahkan Mihawk. Perlahan tapi pasti, Zoro berusaha untuk mewujudkan mimpinya tersebut, meskipun memang rasanya masih sangat jauh bagi Zoro untuk melampaui Mihawk.

Nilai buruan Zoro sendiri akan meningkat cukup tinggi pasca arc Wano ini. Pasalnya, Zoro mampu berhadapan langsung dengan Kaido dan juga BigMom. Bahkan, Zoro pun mampu untuk mengalahkan tangan kanan dari Kaido yaitu King yang merupakan bagian dari ras Lunarian. Ada kemungkinan nilai buruan dari Zoro angkanya akan melonjak mencapai lebih dari 1 milliar Belly.

Monkey D. Luffy – 4,5 Milliar Belly di One Piece

Nilai buruan Luffy saat ini adalah 1.5 milliar Belly, nilai yang fantastis dan merupakan nilai buruan tertinggi jika melihat rekan-rekan Supernova yang lain. Sudah sejak lama para fans memprediksi bahwa Luffy merupakan orang yang kemungkinan besar akan mengalahkan Kaido di arc ini, dan prediksi tersebut pada akhirnya memang terbukti seperti yang kita lihat di chaptrer 1050 kemarin.

Dengan satu lagi bajak laut kuat berhasil Luffy taklukan tentunya membuat dia semakin berbahaya dan menjadi incaran angkatan laut. Apalagi, Luffy berhasil mengalahkan makhluk paling kuat di dunia dan bajak laut paling “mahal” dengan nilai buruan mencapai 4 Milliar Belly. Nilai buruan Luffy sendiri pasca arc ini kemungkinan akan berada di angka 4 – 4,5 milliar Belly.

Perang besar di Onigashima dalam arc Wano Country merupakan perang terbesar yang pernah muncul dalam cerita One Piece, melebihi epiknya perang dahsyat di Marineford. Setidaknya itulah yang Oda Sensei pernah katakan mengenai arc tersebut. Dengan skala pertempuran yang sangat besar, rasanya memang masuk akal jika kemudian nilai buruan dari para kru Topi Jerami akan meningkat drastis.

https://www.greenscene.co.id/author/irvan-sukmaningrat/