Kenbunshoku Haki alias Observation Haki merupakan salah satu dari tiga jenis Haki yang ada di dalam cerita One Piece. Sama halnya seperti Armament Haki, ada banyak karakter yang memiliki kemampuan Observation Haki. Hal ini karena hampir semua orang mampu melatih atau membangkitkan kemampuan tersebut dalam diri mereka. Ada banyak hal yang bisa pengguna Haki ini lakukan.

Misalnya, mereka bisa membaca pergerakan musuh, merasakan emosi, mendengar suara hati seseorang, dan bahkan yang paling epik adalah mampu melihat ke masa depan. Meskipun semua orang bisa menggunakan atau membangkitkan Haki ini, tidak semua orang bisa menjadi pengguna yang luar biasa. Berikut adalah beberapa orang yang sangat luar biasa dalam penggunaan jenis Haki ini.

Usopp

Meskipun terhitung baru dalam penggunaan Observation Haki, namun Usopp sudah memperlihatkan potensi yang sangat besar dan luar biasa dalam penggunaan tekniknya. Dalam arc Dressrosa kemarin, Usopp mampu mempergunakan Haki ini. Dia menggunakan Haki tersebut untuk merasakan keberadaan Law, Luffy, dan juga Sugar. Dengan kemampuan ini juga Usopp mampu menembak Sugar dari jarak yang sangat jauh.

Hal tersebut seolah memperlihatkan perpaduan kemampuan Observation Haki milik Usopp, serta keahliannya dalam menembak tepat. Jika pada tahapan awal saja sudah sangat luar biasa, tentu akan menarik untuk menantikan bagaimana kemampuan Usopp pada masa yang akan datang. Lagipula, banyak spekulasi menyebutkan bahwa Usopp akan menjadi ahli penembak jitu terbaik.

BACA JUGA: Dragon Ball: 7 Saiyan ini Sangat Lemah!

Dracule Mihawk

Sosok Mihawk sangat populer di dunia One Piece dengan julukannya sebagai ahli pedang paling kuat di seluruh dunia. Dengan titel tersebut rasanya tidak heran jika Mihawk menjadi salah satu karakter terkuat di serinya. Level kekuatan Mihawk yang dahsyat membuat pihak Pemerintah Dunia menganggapnya sebagai sebuah ancaman besar. Dan ini juga yang membuat mereka menawarkan posisi Shichibukai.

Selain keahliannya dalam berpedang, Mihawk pun sangat ahli dalam haki Observation Haki. Julukannya yaitu “Hawk Eyes” memberikan bukti kemampuannya untuk bisa melihat serangan dengan Observation Haki. Banyak fans meyakini bahwa Mihawk mampu melihat ke masa depan, meskipun belum ada konfirmasi terkait hal ini.

Enel

Jauh sebelum konsep Haki secara resmi diperkenalkan dalam cerita, kemampuan Enel dalam memprediksi gerakan musuh sudah muncul. Kemampuan ini pula yang membuat status Enel sebagai dewa di pulau langit semakin kuat. Namun, ternyata hal itu bukanlah sebuah “gerakan dewa” melainkan Observation Haki yang biasa disebut ‘Mantra.’

Kemampuan Observation Haki yang dia miliki berpadu dengan kemampuan Goro Goro no Mi yang dia kuasai. Dengan mampu merasakan gelombang elektromagnetik di wilayah pulau langit, Enel mampu mengetahui dan mendengar apa yang terjadi di sekitar wilayah ini. Namun, kemampuan Observation Haki Enel masih belum cukup untuk bisa membuatnya melihat ke masa depan.

Silvers Rayleigh

Memiliki julukan sebagai sang raja kegelapan, Rayleigh merupakan sosok yang memiliki nilai buruan yang sangat tinggi. Sebagai tangan kanan dari Gol D. Roger, Rayleigh tentu memiliki kemampuan yang luar biasa, termasuk penguasaan ketiga jenis Haki. Rayleigh sudah mempelajari kemampuan Haki agar yang lain pun mampu menggunakannya, seperti yang dia lakukan terhadap Luffy.

Rayleigh tahu orang-orang yang memiliki kemampuan untuk bisa melihat ke masa depan, dan dia pun bisa jadi salah satu dari orang-orang tersebut, meskipun memang tidak ada konfirmasi mengenai hal tersebut. Terlepas dari itu, kemampuan Observation Haki dari Rayleigh sangat luar biasa. Dia mampu mengetahui keberadaan Luffy berdasarkan “hawa” yang dikeluarkan.

Sanji

Sanji si kaki hitam merupakan koki andalan dari kelompok bajak laut Topi Jerami dan merupakan kru paling kuat ketiga, setelah Luffy dan Zoro. Menurut Eiichiro Oda dalam sebuah kolom SBS Sanji memiliki spesialisasi dalam hal Observation Haki. Artinya, Sanji merupakan karakter yang paling terlatih dalam penggunaan Haki ini.

Sanji sendiri membangkitkan kemampuan Hakinya tersebut saat bertarung melawan Ivankov beserta para bawahannya di kerajaan Kamabakka saat time-skip. Dengan bangkitnya kemampuan Observatuin Haki Sanji, kemampuannya pun meningkat cukup drastis. Sanji sendiri sebenarnya sudah memperlihatkan tanda bahwa dia bisa melihat ke masa depan, seperti saat menghindari serangan Katakuri di arc Whole Cake Island.

Big Mom

Big Mom merupakan salah satu dari empat penguasa samudra, dan juga merupakan salah satu karakter terkuat di seri One Piece. Dia sering kali memanfaatkan kekuatan buah iblis yang dia miliki, di mana dia mampu memanipulasi jiwa seseorang. Namun, dalam situasi tertentu dia juga akan menggunakan Haki yang dia kuasai.

Big Mom memang lebih sering menggunakan Armament Haki. Namun, refleks yang cepat dan juga pertahanannya yang dahsyat memberikan petunjuk bahwa dia pun pengguna Observation Haki yang hebat. Dan hal ini juga yang membuat Big Mom sulit untuk orang lain taklukan. Bahkan, butuh dua orang Worst Generation dengan kekuatan awakening untuk bisa mengalahkan Big Mom dengan Haki ini.

Kaido

Sama halnya seperti Big Mom, Kaido memiliki kemampuan untuk mengendalikan semua jenis Haki. Namun, jenis Haki yang sering dia gunakan adalah Advanced Conqueror Haki. Kaido juga lebih sering untuk menggunakan kekuatan buah iblis Mythical Zoan yang dia miliki untuk menghabisi berbagai musuhnya. Namun, Kaido pun memiliki kemampuan epik dalam penggunaan Observation Haki.

Hal ini bisa kita lihat dalam pertarungannya melawan Luffy kemarin. Ketika Luffy menggunakan teknik pukulan cepat untuk menghajar Kaido, dia pun mampu membaca pergerakan serangan itu dan kemudian menggigit tubuh Luffy. Kaido memang sangat jarang menggunakan kemampuan ini, karena dia lebih sering menyerang musuh secara langsung. Meskipun begitu, tidak bisa kita pungkiri bahwa Observation Haki Kaido tidak kalah dahsyat. Selain bisa membaca pergerakan musuh, dia juga bisa merasakan apakah musuhnya sudah tewas atau belum.

Admiral Fujitora di One Piece

Issho, nama lain dari Fujitora, merupakan salah satu admiral angkatan laut saat ini dan merupakan salah satu admiral terkuat. Bahkan, Doflamingo sendiri mengakui bahwa Fujitora adalah sosok yang mengerikan dan luar biasa. Fujitora memiliki kemampuan pengendalian Haki yang dahsyat, terutama Observation Haki. Fujitora memiliki kemampuan tersebut karena dia tidak bisa melihat.

Bagaimana kemudian dia “melihat” dan merasakan sekitarnya adalah melalui Observation Haki yang sangat luar biasa. Fujitora diketahui mampu untuk membaca emosi dan bahkan aura orang lain. Masih belum ada informasi apakah dia bisa melihat ke masa depan. Berkat Observation Haki ini, Fujitora nampak tidak berbeda dengan mereka yang mampu melihat.

Charlotte Katakuri di One Piece

Katakuri adalah anak kedua dari Big Mom dan Sweet Commander terkuat dari kelompok bajak lautnya. Kemampuan dari sosok Katakuri yang luar biasa membuat dia menjadi sosok yang tidak terkalahkan. Menurut Katakuri, selama dia bertarung dia tidak pernah merasakan kekalahan karena kemampuan Observation Haki yang dia miliki. Dengan kekuatan ini, Katakuri mampu untuk membaca dan mengetahui pergerakan musuh.

Selama bertahun-tahun, Katakuri sudah melatih Observation Haki miliknya yang mana hal tersebut membuat dia bisa melihat ke masa depan. Hal inilah yang Katakuri gunakan dan manfaatkan untuk menghadapi sosok Luffy. Berkat kemampuan ini, Luffy pun sempat mengalami kesulitan untuk bisa mengalahkan Katakuri. Sampai kemudian Luffy pun berhasil menandingi level kekuatan Observation Haki milik Katakuri.

Monkey D. Luffy di One Piece

Luffy berlatih tiga jenis Haki selama time-skip yang berjalan dua tahun di Rusukaina. Silvers Rayleigh adalah sosok yang mengajari langsung Luffy tentang kemampuan Haki. Meskipun pada awalnya Luffy baru mempelajari kemampuan dasar dari Haki, tetapi seiring berjalannya waktu kemampuan Haki Luffy terus meningkat. Luffy pun semakin ahli dan mampu untuk mengembangkan kemampuan tersebut.

Berbicara mengenai kemampuan Observation Haki milik Luffy, pada awalnya Observation Haki Luffy hanya sebatas membaca gerakan dan merasakan emosi. Namun, saat ini, Luffy sudah mampu meningkatkan kemampuannya. Luffy sudah mulai bisa melihat ke masa depan meskipun hanya beberapa detik. Hal ini terbukti ketika dia bertarung menghadapi Katakuri, dan ketika dia terkurung di penjara Udon. Bahkan, Hyogoro sendiri tidak percaya melihat kemampuan Luffy tersebut.

Dengan menggunakan kemampuan Observation Haki, penggunanya bisa “melihat” apa yang tidak bisa dilihat oleh orang biasa, seperti memprediksi serangan, merasakan emosi keberadaan orang lain, dan sebagainya. Meskipun semua orang mampu mempelajari Haki ini, butuh waktu yang tidak sebentar untuk kemudian benar-benar menguasai tekniknya.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.