Doujutsu atau yang berarti jurus mata, merupakan Kekkei Genkai khusus yang tidak bisa semua orang milikinya dalam cerita Boruto. Ada beberapa faktor yang memengaruhi seorang ninja memiliki Doujutsu, seperti keturunan. Masing-masing Doujutsu memiliki fungsi dan kegunaannya masing-masing. Dan sejauh ini, Masashi Kishimoto sudah banyak memperkenalkan berbagai jenis Doujutsu. Yang paling populer tentunya adalah Byakugan, Sharingan, dan juga Rinnegan.

Meskipun begitu, dengan munculnya sekuel dari seri Naruto dan berbagai cerita lainnya seperti film layar lebar, Kishimoto pun memperkenalkan Doujutsu lain. Salah satunya adalah Tenseigan. Untuk saat ini, Tenseigan sendiri memang masih belum terlalu banyak muncul di serinya. Lalu, apa sebenarnya Tenseigan? Sekuat apa Doujutsu ini?

Apa Itu Tenseigan di Boruto

Tenseigan merupakan kekkei Genkai dari klan Otsutsuki. Selain Otsutsuki, sejauh ini tidak ada orang lain yang memilikinya. Dan berdasarkan informasi yang ada hanya beberapa orang saja dari klan tersebut yang memiliki kemampuan ini. Salah satu contohnya adalah Hamura Otsutsuki dan juga para keturunannya yang ada di bulan

Tenseigan dapat aktif apabila seseorang memiliki kemampuan Doujutsu Byakugan yang kemudian berpadu dengan chakra milik klan Otsutsuki. Hal ini bisa kita lihat ketika Toneri Otsutsuki mencoba untuk mengaktifkan Doujutsu ini. Dia memadukan chakra miliknya dengan Doujutsu Byakugan yang dia ambil dari sosok Hanabi Hyuuga.

Sejauh ini, selain Hamura Otsutsuki sosok lainnya yang memiliki kemampuan Doujutsu Tenseigan adalah Toneri Otsutsuki. Kekuatan dan kemampuan dari Tenseigan sendiri hampir mirip dengan Rinnegan. Pengguna dari Doujutsu ini diketahui akan mampu mampu mengendalikan gravitasi atau daya tarik bumi atau planet, sehingga mereka mampu memindahkan posisi bulan.

BACA JUGA: One Piece: Samurai ini Bukan Ayah Zoro!

Selain itu, Tenseigan juga aktif ketika dalam keadaan terdesak. Sehingga, penggunanya bisa mengeluarkan sebuah jutsu yang membungkus tubuh mereka dalam mode Chakra untuk memperkuat dirinya. Dengan kemampuan untuk mengendalikan daya tarik dari sebuah planet, penggunanya bisa dengan mudah menghancurkan planet seperti bumi atau bulan bila memang mereka mau melakukannya.

Karena Kishimoto masih belum banyak menghadirkan Tenseigan dalam cerita, tidak banyak informasi yang bisa kita ketahui mengenai Doujutsu ini. Tenseigan sendiri terakhir kali muncul di film The Last: Naruto the Movie. Dalam film tersebut dengan menggunakan kekuatan Doujutsu Tenseigan ini Toneri hendak menghancurkan bulan dan bumi. Namun, beruntung Naruto kemudian berhasil menghentikannya.

Doujutsu Paling Langka

Dengan kedahsyatan yang sudah muncul dalam ceritanya, para fans tentunya menantikan informasi lain mengenai Tenseigan ini. Apalagi, saat ini klan Otsutsuki menjadi sorotan utama di seri Boruto. Berbicara mengenai Tenseigan dan juga klan Otsutsuki, untuk sekarang Doujutsu ini dapat kita katakan sebagai Doujutsu yang paling langka. Mengapa demikian? Karena, tidak banyak Otsutsuki lain yang memiliki atau menggunakan Doujutsu ini.

Seperti yang ada sudah dijelaskan di atas, sejauh ini baru ada dua Otsutsuki yang pernah menggunakan kekuatan Doujutsu ini. Meskipun begitu, mungkin masih ada banyak pengguna Doujutsu Tenseigan lainnya yang belum muncul dalam cerita yang bisa saja Kishimoto perkenalkan pada masa depan. Hal ini mengingat Kishimoto sendiri masih belum memberikan informasi lengkap mengenai klan Otsutsuki itu sendiri. Kita nantikan saja ya Geeks kelanjutan ceritanya pada chapter Boruto yang akan datang.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.