Arc Wano Country menjadi salah satu jalan cerita yang unik dan menarik di sepanjang seri One Piece. Eiichiro Oda menyuguhkan gambaran Jepang zaman dahulu dalam arc tersebut. Selain itu, kita juga mendapatkan hal menarik lainnya. Salah satu hal yang sering kali muncul di arc ini adalah bagaimana kita kemungkinan akan mendapatkan penjelasan mengenai keluarga dari Roronoa Zoro.

Zoro merupakan salah satu karakter yang sosoknya masih misterius. Para fans merasa bahwa ada banyak kesamaan elemen dari diri Zoro dan wilayah Wano. Misalnya, Zoro adalah seorang samurai dan ahli pedang. Di Wano, hampir semua penduduknya adalah ahli pedang dan seorang samurai. Hal inilah yang banyak membuat para fans One Piece memunculkan segudang teori tentang Zoro dan Wano.

Salah satu contoh teori tentang Zoro dan Wano adalah desa tempat Zoro lahir di East Blue, yaitu desa Shimotsuki. Shimotsuki sendiri merupakan salah satu klan terpandang di Wano. Mereka menghuni wilayah Ringo, dan menjadi penguasa di wilayah tersebut. Selain itu, ada juga teori lainnya yang berkaitan dengan sosok Roronoa Zoro yaitu Ushimaru dan Zoro memiliki koneksi.

BACA JUGA: Mengenal 10 Superhero Muslim di Marvel Universe!

Namun, secara tegas Eiichiro Oda kemudian memberikan penjelasan bahwa tidak ada koneksi yang mendalam dari mereka berdua. Hal ini bahkan Oda ungkapkan langsung dalam sebuah kolom SBS di Volume 101 kemarin. Sebelumnya banyak fans yang berspekulasi bahwa Shimotsuki Ushimaru adalah ayah dari Zoro. Ushimaru sendiri merupakan Daimyo atau penguasa di wilayah Ringo.

Koneksi Zoro dan Ushimaru

Teori bahwa Shimotsuki Ushimaru adalah ayah dari Zoro muncul di kalangan fans berdasarkan siluet dari Ushimaru yang muncul di ceritanya. Namun, berbagai petunjuk lainnya pun mulai bermunculan seperti di chapter 1023 kemarin. Dalam chapter tersebut, Hyogoro dan Kawamatsu menyadari bahwa Zoro memang bukanlah sosok ahli pedang biasa. Mereka pun sepertinya mulai menyadari bahwa ada koneksi antara Zoro dengan Wano, terutama sosok Shimotsuki Ushimaru.

Hyogoro mengatakan bahwa Zoro memang sangat mirip dengan Ushimaru, terutama dari segi penampilan fisik. Diketahui bahwa Ushimaru merupakan seorang samurai bermata satu, sama seperti Zoro yang saat ini dia hanya mampu melihat dengan mata kanannya saja. Sosok Ushimaru kemudian muncul untuk pertama kali di chapter 1024 kemarin, di mana dia dikurung bersama dua samurai lainnya di gua istana Kaidou.

Mereka harus mendekam di penjara batu bersama Yamato yang terkena hukuman Kaido karena mengagumi sosok Oden. Dalam salah satu panel, Oda sedikit banyaknya memperlihatkan sosok Ushimaru secara jelas. Nampak dia mengenakan perban di mata kirinya, yang diduga untuk menutupi luka pada bagian tersebut. Dalam chapter itu juga nampak Ushimaru sedang menggigit sesuatu, kebiasaan yang juga Zoro lakukan saat berada di Wano. Dari segi gaya rambut pun Zoro dan Ushimaru terlihat memiliki kemiripan.

Ushimaru Bukan Ayah Zoro di One Piece

Terlepas dari semua kemiripan dan berbagai koneksi yang muncul yang memperkuat spekulasi yang ada, faktanya hal tersebut tidak benar. Seperti yang tertulis di poin atas, Oda Sensei dengan tegas menjelaskan bahwa Ushimaru bukan ayah dari Zoro. Seorang fan sempat bertanya kepada Oda Sensei apakah memang Ushimaru benar merupakan ayah dari Zoro. Oda pun kemudian menjelaskan bahwa Ushimaru bukanlah ayah dari Zoro, dan keduanya tidak memiliki koneksi apa pun.

Menurut penjelasan Oda, setelah kematian dari Kozuki Oden, seluruh wilayah di Wano akhirnya bangkit dan berusaha untuk mengalahkan Orochi. Sayangnya, mereka semua berhasil dikalahkan oleh kelompok bajak laut Beast. Oda juga menjelaskan bahwa pada awalnya, dia hendak menghadirkan sebuah momen di mana Onimaru mencuri pedang Shusui dari Zoro.

Onimaru pun kemudian terkejut dengan penampilan Zoro di mana dia terlihat mirip dengan Ushimaru muda. Namun, Oda menuturkan bahwa hal tersebut membuat semuanya menjadi terlalu rumit sehingga dia memutuskan untuk menghilangkannya. Jadi, kesimpulannya, Shimotsuki Ushimaru bukanlah ayah dari Zoro terlepas dari banyaknya kemiripan yang muncul dari kedua karakter ini.

Sehingga, untuk saat ini, masa lalu dari Roronoa Zoro masih tetap menjadi sebuah misteri besar. Meskipun begitu, dengan berakhirnya pertempuran puncak di Onigashima mungkin kita akan mendapatkan fakta menarik terkait hal ini. Setidaknya, mungkin kita akan mendapatkan sebuah petunjuk besar terkait masa lalu Zoro. Kita nantikan saja kelanjutan ceritanya pada chapter One Piece selanjutnya ya Geeks!

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.