Perkembangan pesat dari segi kekuatan dialami oleh para kru topi jerami sejak awal mereka muncul di seri One Piece sampai dengan saat ini. Namun, Luffy adalah sosok yang paling terasa perkembangan kekuatannya. Pada awalnya, dia hanya mengandalkan Gomu Gomu secara serampangan kini Luffy bisa mengaturnya sesuai keinginannya. Selain itu, Luffy juga sekarang mampu menguasai teknik Haki tingkat tinggi.

Berbicara mengenai buah iblis Luffy, ternyata nama aslinya adalah Hito Hito no Mi, Model: Nika. Luffy juga harus mengandalkan Gear 1-3 untuk menghadapi musuh kuat. Bahkan, dahulu untuk melakukan Gear 3 Luffy harus mengorbankan banyak stamina. Dia akan berubah menjadi sangat pendek untuk sementara waktu setelah menggunakan kemampuannya.

Namun, sekarang permasalahan itu sudah tidak lagi dialami oleh Luffy. Malah Luffy sempat mendapatkan form baru yaitu Gear 4 selama latihan dua tahun di Rusukaina. Luffy juga memiliki berbagai transformasi seperti Snakeman atau Boundman. Dengan pertarungan besar di Onigashima dalam arc Wano Country, membuat banyak fans One Piece pun berspekulasi jika Luffy akan mengakses Gear 5.

Dan ternyata spekulasi tersebut pun terbukti di chapter 1044 kemarin. Luffy, secara tidak sengaja, berhasil membangkitkan kemampuan buah iblis Nika miliknya. Kekuatan awakening dari buah iblis ini sangat luar biasa. Kita bisa melihat bagaimana Luffy dengan mudah bisa mencengkram tubuh naga Kaido dengan tangan kosong. Bahkan, Luffy pun dengan mudah membanting tubuh Kaido.

Artinya peningkatan fisik dari Luffy di Gear 5 ini benar-benar sangat dahsyat. Belum lagi, seperti yang Gorosei ungkapkan bahwa buah iblis tersebut mampu membuat Luffy bertarung dengan sangat dahsyat dan luar biasa sesuai dengan imajinasi dalam dirinya. Gorosei sendiri pun menyebut buah iblis Nika sebagai kekuatan paling mengerikan di dunia.

Bukan Gear Terakhir?

Tetapi, pertanyaanya kemudian apakah Gear 5 jadi form terakhir dari Luffy? Ada banyak fans yang berpekulasi bahwa kemungkinan Luffy masih akan memiliki kemampuan puncak dari form Gear miliknya. Spekulasi tersebut terinspirasi dari dari gear atau roda gigi kendaraan, khususnya mobil, di mana sebagian besar kendaraan memiliki Gear sampai 6.

Tapi, masih belum ada gambaran akan seperti apa kedahsyatan dari Gear 6 jika memang hal tersebut terjadi. Hal ini mengingat Gear 5 sendiri sudah sangat luar biasa seperti muncul di chapter 1044 sampai 1049 kemarin. Meskipun spekulasi tersebut cukup menarik, namun sebenarnya informasi mengenai hal ini pun sudah Oda Sensei hadirkan pada chapter kemarin.

Dalam salah satu panel, di mana Luffy memperkenalkan kekuatan barunya sebagai Gear Fifth, dia mengatakan dengan jelas bahwa itu sudah menjadi kekuatan puncaknya. Artinya, dengan Gear 5 menjadi kekuatan puncaknya, kecil kemungkinan bagi Luffy untuk kemudian mendapatkan kekuatan baru seperti Gear 6. Sehingga, bisa kita asumsikan bahwa Gear 5 mungkin menjadi form terakhir dari Luffy.

Namun, yang perlu untuk menjadi catatan adalah Gear 6 bukanlah sesuatu yang mustahil. Meskipun peluang untuk munculnya kecil, tetapi bisa saja Oda akan menghadirkan hal tersebut. Mengapa demikian? Karena, Luffy mengatakan bahwa itu adalah puncak kekuatannya dan bukan mengtakan bahwa dia sudah mengerahkan semua kekuatannya. Ada sebagian fans yang bahkan berpikir bahwa yang Luffy perlihatkan melawan Kaido kemarin adalah “puncak kekuatan” dari Gear 4.

BACA JUGA: One Piece: Prediksi Nilai Bounty Aliansi Luffy!

Artinya, mungkin kita masih belum benar-benar melihat bagaimana form terakhir dari Luffy. Oda Sensei mungkin sengaja menyimpannya untuk muncul di akhir serinya nanti yang akan menjadi klimaks dari seluruh cerita One Piece. Terlepas dari spekulasi tersebut, harus kita akui bahwa awakening buah iblis Nika sangat dahsyat sehingga mampu membuat makhluk paling kuat di dunia takluk.

Reverse Gear?

Berbicara mengenai puncak kekuatan Luffy juga ada sebuah spekulasi yang menarik terkait hal ini. Selain akan mencapai Gear 6, ada juga spekulasi yang mengatakan bahwa Luffy tidak akan mencapai Gear 6 melainkan Reverse Gear alias gigi mundur sebagai puncak kekuatannya. Apa maksudnya? Dalam sistem transmisi mobil, meskipun ada yang mencapai rasio gigi 6, tetapi jumlahnya tidak banyak.

Mayoritas sistem gear atau gigi di kendaraan maksimal adalah 5 alias gear 5 atau gigi 5. Selanjutnya, dalam perseneling tersebut ada gigi mundur atau Reverse Gear. Lalu, apa maksud Reverse Gear dalam konteks Luffy? Dalam hal ini, Luffy tidak akan menggunakan kekuatan buah iblis yang dia miliki. Luffy akan lebih banyak memaksimalkan kekuatan yang dia miliki. Misalnya kemampuan Haki.

Belum lagi kekuatan fisik, kecepatan, kelincahan, dan sebagainya bisa Luffy manfaatkan untuk menghadapi musuh kuat. Mengapa kemudian Reverse Gear artinya sama sekali tidak menggunakan Gear? Dalam spekulasinya dijelaskan bahwa Luffy mungkin melakukan langkah preventif untuk menghindari kekuatan buah iblisnya dicuri, khususnya oleh Blackbeard. Seperti yang kita ketahui, banyak spekulasi muncul di kalangan fans menyebutkan bahwa Blackbeard yang akan menjadi lawan Luffy di akhir cerita.

Dengan asumsi bahwa spekulasi tersebut benar, artinya Luffy perlu strategi dan cara untuk menghadapinya. Luffy tidak bisa begitu saja menggunakan kekuatan buah iblis yang dia miliki, karena resikonya sangat besar. Luffy bisa saja kehilangan kekuatan buah iblisnya, akibat kemampuan dari buah iblis Yami Yami. Seperti yang muncul di cerita sebelumnya, buah iblis tersebut mampu menetralkan kekuatan buah iblis lain.

Berdasarkan hal tersebut, perlu ada cara lain untuk bisa menghadapi Blackbeard di mana dia tidak akan melibatkan kekuatan dari buah iblis. Lagipula, di sepanjang 25 tahun lebih seri One Piece berjalan Luffy sudah pernah menghadapi hampir semua jenis musuh yang memiliki kekuatan buah iblis. Artinya, Luffy sudah sangat berpengalaman. Dan pengalaman tersebut bisa Luffy manfaatkan untuk menghadapi musuh terakhirnya.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.