Pertempuran besar di Onigashima ini sepertinya menjadi bukti janji dari Oda Sensei terhadap para fans. Sebelumnya, Oda Sensei menyebutkan bahwa arc Wano ini akan menjadi arc paling heboh, paling epik, dan paling besar di sepanjang seri One Piece, setidaknya untuk saat ini. Oda juga mengatakan bahwa pertempuran puncak di arc ini akan membuat pertempuran di Marineford terasa begitu kecil.

Peristiwa ini mungkin tidak banyak orang ketahui, kecuali pihak angkatan laut dan juga Pemerintah Dunia. Namun, bisa dipastikan bahwa tidak butuh waktu lama untuk kemudian seluruh dunia mengetahui apa yang akan terjadi di Wano. Dan ketika hal tersebut terjadi, dunia pasti akan heboh yang mana hal tersebut akan meningkatkan nilai buruan mereka.

Tony Tony Chopper – 10 Juta Belly

Chopper adalah karakter yang paling underrated dalam cerita One Piece. Meskipun begitu, Chopper merupakan salah satu karakter favorit dari para fans. Pemerintah Dunia mungkin tidak sadar bahwa dibalik wajahnya yang lucu dan imut, terdapat sosok monster mengerikan yang siap menghancurkan apa pun yang ada di depannya.

Terakhir kali Chopper melakukan hal mengerikan adalah ketika dia berubah menjadi monster tidak terkendali saat bertarung melawan CP9. Meskipun nilai buruannya kecil, Chopper adalah sosok dokter yang sangat penting. Tanpa Chopper, mungkin Sanji sudah mati kehilangan darah saat di pulau duyung atau para samurai dan kelompok Beast lainnya sudah mati akibat terkena racun mummy milik Queen. Kemampuan medis Chopper bahkan sempat membuat Queen terkejut. Nilai buruan Chopper mungkin akan meningkat ke angka 10 juta Belly.

Nico Robin – 400 Juta Belly

Berbicara mengenai Nico Robin, sebenarnya ada hal menarik dari sosoknya. Bukan mengenai kekuatan atau karakternya, melainkan nilai buruan yang dia miliki. Nilai buruan Robin sendiri saat ini hanya 130 juta Belly. Sebuah angka yang cukup kecil sebenarnya jika melihat siapa sebenarnya sosok Robin.

Namun, pasca apa yang terjadi di Wano di mana Robin berhasil mengalahkan Black Maria kemungkinan angka tersebut akan meroket. Robin menjadi lawan bagi Black Maria setelah dia menggantikan posisi dari Sanji, yang tidak bisa bertarung melawannya. Pertarungan melawan Black Maria menjadi momen pembuktian kekuatannya yang sudah meningkat drastis.

Franky – 400 Juta Belly

Franky adalah salah satu kru Topi Jerami terkuat setelah Luffy, Zoro, Sanji, dan Jinbe. Dalam pertempuran di Onigashima ini dia cukup banyak membantu aliansi Luffy untuk bisa menang. Sebelumnya, Franky mampu membuat Big Mom marah setelah dia menggilas wajahnya. Dan puncak petualangan dari Franky sendiri adalah ketika dia bertarung melawan Sasaki.

Salah satu anggota Flying Six ini pun cukup memberikan kerepotan bagi Franky, sebelum kemudian Sasaki berhasil dikalahkan. Franky sebelumnya memiliki nilai buruan sebesar 94 juta Belly, dan nilainya kemungkinan akan meningkat dengan menyentuh angka 200-400 juta Belly.

Killer – 450 Juta Belly

Setelah time-skip, beberapa anggota dari Worst Generation mengalami peningkatan dalam hal nilai buruan mereka. Killer sendiri naik sekitar 38 juta dari nilai buruan sebelumnya. Mengingat dia adalah tangan kanan dari Eustass Kidd, bajak laut yang hampir memiliki nilai buruan 500 juta, rasanya aneh jika nilai buruan Killer tidak naik secara proporsional.

Killer sendiri dalam pertempuran di Onigashima mampu mengalahkan Basil Hawkins dengan mudah. Hawkins nampak tidak berdaya menghadapi kemampuan dari Killer. Nilai buruan dari Killer sendiri kemungkinan akan naik cukup drastis dari 200 juta Belly ke angka 450 – 500 juta Belly. Kenaikan ini juga karena Killer sempat terlibat dalam pertarungan melawan Kaido dan Big Mom.

Jinbe – 800 Juta Belly

Jinbe adalah kru Topi Jerami yang memiliki mimpi untuk mengakhiri permusuhan antara manusia ikan dan manusia, selain mengikuti Luffy dan membantunya mewujudkan mimpi sebagai seorang raja bajak laut. Meskipun pada awalnya Jinbe mungkin hanya ingin membayar “hutang” yang dia buat dulu kepada Ace sebelum dia tewas, namun pada akhirnya dia sadar bahwa Luffy bukanlah sosok biasa.

Dalam pertempuran di Onigashima, Jinbe harus berhadapan dengan sosok Who’s Who. Dia adalah mantan anggota dari CP-9 dan juga bagian dari kelompok Flying Six. Yang menarik dari pertarungan mereka adalah terungkapnya fakta tentang sosok Nika. Jinbe sendiri memiliki nilai buruan 438 juta Belly, yang mana nilainya akan meningkat ke angka 700-800 juta Belly.

Sanji – 800 Juta Belly

Sanji merupakan salah satu dari tiga monster dalam kru Topi Jerami, selain Zoro dan Luffy. Di sepanjang pertempuran Onigashima ini banyak momen epik yang terjadi terutama terhadap sosok Sanji. Misalnya, bagaimana Sanji berhasil membangkitkan kekuatan dahsyat dalam dirinya berkat mengaktifkan Raid Suit. Dan efek dari hal tersebut adalah dia mampu bertarung melawan Queen.

Pertarungan antara Sanji melawan Queen menjadi salah satu pertarungan yang cukup mendapatkan perhatian dari para fans. Queen sendiri merupakan sosok terkuat nomor dua di kelompok bajak laut Beast. Dengan perkembangan yang sudah dialami Sanji sekarang, seharusnya nilai tersebut bisa lebih tinggi. Nilai buruan Sanji mungkin bisa mencapai 800 juta Belly dari sebelumnya hanya 330 juta Belly.

Roronoa Zoro – 1 Milliar Belly

Zoro merupakan tangan kanan dari Luffy dengan kekuatannya yang dahsyat. Dia juga merupakan sebagai salah satu ahli pedang terkuat dalam ceritanya. Zoro memiliki mimpi untuk menjadi ahli pedang terkuat di dunia, mengalahkan Mihawk. Perlahan tapi pasti, Zoro berusaha untuk mewujudkan mimpinya tersebut, meskipun memang rasanya masih sangat jauh bagi Zoro untuk melampaui Mihawk.

Nilai buruan Zoro sendiri akan meningkat cukup tinggi pasca arc Wano ini. Pasalnya, Zoro mampu berhadapan langsung dengan Kaido dan juga BigMom. Bahkan, Zoro pun mampu untuk mengalahkan tangan kanan dari Kaido yaitu King yang merupakan bagian dari ras Lunarian. Ada kemungkinan nilai buruan dari Zoro angkanya akan melonjak mencapai lebih dari 1 milliar Belly.

BACA JUGA: One Piece: Petunjuk Wujud Sempurna Luffy!

Eustass Kid – 2 Milliar Belly di One Piece

Kapten dari bajak laut Kid dan merupakan salah satu dari Worst Generation yang ikut bertarung melawan Kaido dan Big Mom. Kid sempat menolak untuk bergabung dengan Luffy dalam aliansi besarnya, namun kemudian kejutan muncul di mana Kid bersama Law dan Luffy bekerja sama untuk menghadapi Kaido. Di Onigashima sendiri Kid bertarung melawan beberapa musuh.

Yang pertama adalah Scratchmen Apoo. Kid bertarung melawan Apoo karena dia dendam pada sosoknya yang sudah mengkhianatinya di awal arc Wano. Kid juga terlibat dalam pertarungan melawan Kaido dan Big Mom. Bahkan, Kid menjadi salah satu orang yang berperan dalam mengalahkan sosok Big Mom. Prediksinya, nilai buruan Kid kemungkinan ada di angka 2 milliar Belly.

Trafalgar Law – 2,2 Milliar Belly di One Piece

Law juga merupakan Worst Generation lainnya yang terlibat dalam pertempuran di Wano. Dia sudah menjadi bagian dari aliansi besar Luffy bahkan sebelum arc Wano mulai. Dia pun merupakan salah satu sosok yang ikut bertarung melawan Kaido. Law merupakan sosok yang cerdas, di mana dia memiliki rencananya sendiri untuk mengalahkan Kaido.

Meskipun tidak ikut mengalahkan Kaido, Law bersama Kid bekerja sama untuk mengalahkan Big Mom. Hal ini bisa berhasil berkat kebangkitan buah iblis Ope Ope miliknya yang membuat Big Mom tidak berdaya. Berdasarkan hal tersebut, nilai buruan dari Law kemungkinan akan meningkat dan menyentuh di angka 2,2 milliar Belly.

Monkey D. Luffy – 4 Milliar Belly di One Piece

Nilai buruan Luffy saat ini adalah 1.5 milliar Belly, nilai yang fantastis dan merupakan nilai buruan tertinggi dibandingkan dengan rekan-rekan Supernova yang lain. Sudah sejak lama para fans memprediksi bahwa Luffy merupakan orang yang kemungkinan besar akan mengalahkan Kaido di arc ini, dan prediksi tersebut pada akhirnya memang terbukti.

Dengan satu lagi bajak laut kuat berhasil Luffy taklukan tentunya membuat dia semakin berbahaya dan menjadi incaran angkatan laut. Apalagi,Luffy berhasil mengalahkan makhluk paling kuat di dunia dan bajak laut paling “mahal” dengan nilai buruan mencapai 4 Milliar Belly. Nilai buruan Luffy sendiri pasca arc ini kemungkinan akan berada di angka 3.5 – 4 milliar Belly.

Perang di Onigashima dalam arc Wanokuni disebut-sebut merupakan perang terbesar yang pernah muncul dalam cerita One Piece, melebihi epiknya perang dahsyat di Marineford. Dengan skala pertempuran yang sangat besar, rasanya memang masuk akal jika kemudian nilai buruan dari mereka yang terlibat di dalamnya akan meningkat drastis.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.