Dalam cerita One Piece ada tiga tipe atau jenis utama dari buah iblis yaitu Logia, Paramecia, dan Zoan. Masing-masing jenis buah iblis memang memiliki keunikan dan kedahsyatan masing-masing, contohnya adalah buah iblis Zoan. Buah iblis tipe Zoan adalah buah iblis yang memberikan kekuatan makhluk hidup (umumnya binatang) kepada mereka yang memakannya.

Buah iblis ini juga akan memberikan peningkatan kekuatan yang signifikan, terutama kemampuan bertarung dan kekuatan fisik. Selain mendapatkan kemampuan dahsyat, mereka juga akan mendapatkan peningkatan dalam hal masa penyembuhan. Waktu penyembuhan mereka terhadap luka menjadi lebih singkat. Meskipun begitu, buah iblis Zoan termasuk buah iblis yang sangat langka. Berikut adalah beberapa buah iblis Zoan paling langka.

Ryu Ryu No Mi, Model: Brachiosaurus

Buah iblis Zoan ini milik Queen, salah satu dari dari tiga All Stars bajak laut Beasts. Ryu Ryu no Mi, Model: Brachiosaurus merupakan buah iblis Ancient Zoan, yang membuat penggunanya bisa berubah ke model hybrid dan sepenuhnya dari seekor brachiosaurus. Sama halnya dengan para pengguna Ryu Ryu no Mi lainnya, buah iblis ini memberikan Queen kekuatan yang dahsyat. Yaitu dengan mampu merubah ukuran tubuhnya dan juga kekuatannya.

Kemampuan Brachiosaurus dari Queen sendiri pernah muncul saat dia bertarung melawan Big Mom, di mana dia sanggup bertahan melawan serangan Big Mom. Juga, ketika Queen berhadapan menghadapi Sanji. Queen diketahui memiliki serangan unik bernama Brachio Bomb. Meskipun begitu, sebagian besar kekuatan Queen merupakan hasil rekayasa genetik, di mana tubuhnya dirubah menjadi cyborg. Sehingga, sebagian besar kekuatan dari Brachiosaurus tidak begitu diperlihatkan.

Ryu Ryu No Mi, Model: Pteranodon

King merupakan salah satu dari tiga All-Stars lainnya selain Queen dan Jack di kelompok bajak laut Beast. Dia mengonsumsi buah iblis Ryu Ryu no Mi, Model: Pteranodon yang  merupakan buah iblis Ancent Zoan lainnya dalam daftar ini. Dengan memakan buah iblis tersebut King mampu berubah ke model hybrid dan sepenuhnya dari seekor Pteranodon.  Sama halnya dengan para pengguna Ryu Ryu no Mi lainnya, buah iblis ini memberikan King kekuatan yang dahsyat.

Dengan adanya kekuatan buah iblis ini, King menjadi jauh lebih kuat daripada Queen dan Jack. Karena Pteranodon termasuk dalam hewan burung, buah iblis ini memberikan King kemampuan yang tidak dimiliki yang lainnya dalam daftar ini yaitu kemampuan untuk terbang. Karena itulah, King memiliki keuntungan untuk menyerang musuhnya dari atas. Yang unik juga dia bisa memakai paruhnya untuk menyerang, karena elastisitasnya mirip seperti ketapel.

Tori Tori No Mi, Model: Phoenix

Marco the Phoenix alias Marco merupakan mantan pemimpin divisi pertama dari anggota bajak laut Whitebeard. Marco mengkonsumsi buah iblis jenis Mythical Zoan dengan tipe burung Phoenix. Dengan kemampuan ini, Marco bisa berubah menjadi burung phoenix dengan api berwarna biru. Karena hal ini juga Marco kemudian mendapatkan julukan Marco the Phoenix.

Sama seperti legenda burung Phoenix yang “tidak bisa mati”, Marco memiliki kemampuan untuk bisa sembuh dengan cepat dari luka apa pun. Kemampuan ini mirip dengan healing factor dari karakter fantasi lainnya. Marco bahkan pernah menyembuhkan lukanya hanya dengan api dari form Phoenix miliknya dan kembali ke bentuk manusia. Api biru tersebut juga bisa menyembuhkan luka dari orang lain, seperti yang dia lakukan terhadap Nekomamushi. Api Marco ini juga yang memperlambat racun dari Queen.

Hito Hito No Mi, Model: Daibutsu

Sengoku the Buddha merupakan pemimpin pasukan angkatan laut sebelum era time-skip. Dia merupakan penerus Kong sebagai Fleet Admiral dan kemudian setelah time-skip jabatannya diberikan kepada Sakazuki. Sengoku mengkonsumsi buah iblis Hito Hito no Mi, sama seperti Chopper. Bedanya adalah dia memakan buah iblis dengan model yang berbeda dan langka yaitu Daibutsu.

Buah iblis tersebut memberikan kekuatan bagi Sengoku untuk berubah wujud menjadi patung emas Buddha raksasa dan memiliki kekuatan yang sangat dahsyat. Ada hal menarik dari buah iblis ini. Jika pada karakter lainnya berubah menjadi binatang buas atau mitologi, Sengoku justru berubah menjadi wujud raksasa. Perdebatan di kalangan fans sempat muncul ketika mereka mempertanyakan apa yang terjadi jika manusia biasa memakan Hito Hito no Mi. Apakah efeknya akan sama dengan Sengoku atau tidak.

Uo Uo No Mi, Model: Seiryuu di One Piece

Kaido adalah pemakan buah iblis tipe Zoan unik dan langka, yaitu Uo Uo no Mi, Model: Seiryuu. Buah iblis ini merupakan buah iblis air pertama di serinya, di mana Kaido bisa berubah menjadi seekor naga timur raksasa. Bagaimana kemudian hal itu bisa terjadi masih belum ada penjelasan secara detail. Namun, banyak spekulasi menyebutkan bahwa buah iblis mengikuti cerita salah satu legenda Tiongkok yang populer.

Uo Uo no Mi juga termasuk dalam Mythical zoan, karena bentuk transformasi naga timur Kaido ini termasuk salah satu jenis binatang legendaris. Dengan buah iblis ini, selain peningkatan kekuatan fisik, Kaido juga mampu menggunakan berbagai teknik yang berkaitan dengan elemen. Contohnya Wind Scythe, Boro Breath, dan beberapa lainnya. Ini merupakan salah satu buah iblis Zoan paling dahsyat sekaligus paling langka.

BACA JUGA: One Piece: Vivre Card Databook Tidak Akurat?

Inu Inu No Mi, Model: Okuchi No Makami di One Piece

Yamato adalah salah satu karakter baru yang muncul dalam arc Wano Country. Yamato sendiri merupakan anak dari sang Yonko Kaido dan diketahui menguasai tiga jenis Haki, serta memiliki kekuatan buah iblis Inu Inu no Mi, Model: Okuchi no Makami. Buah iblis tersebut, digadang-gadang merupakan perwujudan dari sosok “dewa pelindung” dari Wano. Karena itulah, rasanya wajar jika buah iblis Mythical Zoan ini termasuk salah satu buah iblis Zoan paling langka.

Berkat kemampuan dari buah iblis tersebut Yamato pun mampu memiliki kemampuan untuk menggunakan elemen es, sehingga membuatnya bisa untuk melindungi dirinya dari serangan apa pun dengan menciptakan baju pelindung yang terbuat dari es. Dan es ini pun menjadi cara bagi Yamato untuk mencegah agar mesiu di gudang senjata tidak meledak akibat Kazenbo.

Hito Hito No Mi, Model: Nika di One Piece

Untuk saat ini, buah iblis Nika ini adalah buah iblis Zoan paling langka di seri One Piece. Gomu Gomu no Mi alias Hito Hito no Mi, Model: Nika, merupakan buah iblis berjenis Mythical Zoan yang menjadi milik Luffy. Buah iblis ini mampu merubah penggunanya menjadi seseorang yang elastis, seperti yang sering Luffy perlihatkan di sepanjang serinya.

Selain mampu untuk merubah tubuhnya menjadi elastis, Luffy juga bisa berubah menjadi sosok Nika sang Dewa Matahari. Saat Luffy berhasil membangkitkan kekuatan penuhnya, kekuatan karet Luffy benar-benar sangat luar biasa seperti bisa kita lihat dalam chapter 1045 dan 1046 kemarin. Hito Hito no Mi, Model: Nika ternyata bukan buah iblis biasa karena buah iblis tersebut ternyata sangat penting, khususnya bagi Pemerintah Dunia. Buah iblis ini belum pernah dibangkitkan dalam 800 tahun belakangan.

Buah iblis Zoan menjadi salah satu jenis buah iblis yang banyak menjadi incaran orang, karena mampu memberikan peningkatan kekuatan secara drastis. Namun, tidak mudah untuk kemudian seseorang menemukan buah iblis jenis ini. Apalagi, beberapa buah iblisnya masuk kategori langka seperti yang ada dalam daftar ini.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.