Buah iblis Ope Ope no Mi merupakan sebagai salah satu buah iblis paling kuat di seri One Piece. Hal ini karena kedahsyatan dari efek buah iblis tersebut dan juga kekuatan lainnya. Pertama, dalam ceritanya bisa kita ketahui bahwa pengguna buah iblis ini akan mampu untuk hidup abadi. Kedua, karena mampu hidup abadi (awet muda), dan semua penyakit yang mereka derita akan hilang.

Doflamingo juga sempat menyebutkan bahwa Ope Ope no Mi juga memiliki kekuatan dahsyat yaitu transplantasi kepribadian. Namun, satu hal lainnya yang menjadi bukti kedahsyatan buah iblis ini adalah mampu menirukan kekuatan buah iblis lainnya. Sejauh ini, sudah ada beberapa buah iblis hebat yang berhasil Ope Ope no Mi tirukan kekuatannya. Apa saja?

Goro Goro No Mi – Enel

Seperti bisa Geeks lihat dalam pertarungan melawan Big Mom di pertempuran Onigashima One Piece, Law berhasil membangkitkan kekuatan buah iblisnya. Dan dengan kebangkitan kekuatan buah iblis tersebut, Law pun mampu mengakses kekuatan baru. Contohnya adalah Radio Knife, Countershock, atau Shock Wille.

Kekuatan dahsyat dari berbagai teknik awakening Ope Ope tersebut bisa nampak sangat mirip dengan kekuatan dari Goro Goro no Mi milik Enel. Kemampuan Law tersebut mampu mengeluarkan listrik, yang mana mirip dengan buah iblis Enel. Meskipun ada karakter lain yang juga mampu menghasilkan listrik, tetapi kekuatan tersebut tidak terlalu unik.

Fuwa Fuwa No Mi – Shiki

Selain mampu melakukan operasi terhadap berbagai benda dan juga makhluk hidup, salah satu kemampuan Law dengan Ope Ope no Mi adalah mengangkat benda dengan mudah hanya dengan jentikan jarinya saja. Teknik ini disebut sebagai Takt. Law sudah memperlihatkan teknik Takt beberapa kali di sepanjang ceritanya.

Jika Geeks perhatikan, kemampuan Takt nampak sangat mirip dengan kekuatan buah iblis Fuwa Fuwa no Mi milik salah satu karakter legendaris Shiki the Golden Lion. Buah iblis Fuwa Fuwa membuat benda apa pun yang tersentuh oleh penggunanya akan berubah menjadi sangat ringan. Dengan begitu benda tersebut bisa terbang atau melayang. Bahkan, bukan hanya benda. Makhluk hidup pun bisa dibuat terbang.

Bari Bari No Mi – Bartolomeo

Buah iblis dari Trafalgar Law bukan hanya menghadirkan berbagai teknik yang bisa melukai atau menyerang musuh. Ada juga teknik yang bisa Law gunakan untuk melindungi dirinya – atau orang lain – dari musuh yaitu teknik Curtain. Kekuatan ini nampak sangat mirip dengan buah iblis Bari Bari no Mi milik Bartolomeo. Bari Bari no Mi sendiri merupakan kekuatan buah iblis yang membuat penggunanya bisa menciptakan perisai dahsyat.

Dalam pertarungan di Colosseum kita melihat bagaimana kedahsyatan dari buah iblis ini, di mana perisai atau pelindung yang terbentuk mampu menahan hampir semua serangan. Dalam kilas balik Kozuki Oden pun kita bisa melihat bagaimana buah iblis ini sanggup menahan serangan dahsyat dari Oden. Saat itu, pemiliknya, Kurozumi Semimaru, mampu melindungi Orochi dari serangan Oden.

Bara Bara No Mi – Buggy

Saat Law harus mengalami luka parah akibat pertarungan melawan Doflamingo, di mana lengannya putus, dan dia harus bertarung melawan Trebol, sesuatu yang dahsyat terjadi. Law nampak masih bisa menggunakan dan menggerakan lengannya. Law pun kemudian memutar lengannya. Dan karena lengannya yang putus masih memegang pedang, gerakan tersebut mirip gerakan sebuah gergaji.

Teknik yang luar biasa tersebut bernama Sterben Blade/Amputate. Jika Geeks perhatikan teknik ini mirip seperti Bara Bara no Mi milik Buggy, di mana Buggy masih mampu menggerakan tubuhnya meskipun tidak saling menyatu alias terpisah. Tetapi, ada jarak atau radius yang dimiliki dari Bara Bara no Mi ini. Masih belum ada informasi bagaimana Law mampu melakukan teknik tersebut.

BACA JUGA: Marvel: 10 Kelemahan Terbesar Thor!

Nagi Nagi No Mi – Donquixote Rosinante

Setelah Big Mom berhasil untuk Law dan Kid taklukan, sang Yonko pun sempat ingin melakukan perlawanan balik. Big Mom yang melakukan intimidasi terhadap orang-orang di sekitarnya, membuat dia mampu untuk menarik jiwa-jiwa orang yang ada di sana demi menyembuhkannya dari luka yang dia alami. Tetapi, untuk mencegah hal tersebut Law kemudian “mengurungnya” dalam kubah dengan menggunakan teknik Silent.

Orang-orang yang berada di luar kubah tersebut tidak akan mampu mendengar suara sekeras apa pun yang dikeluarkan oleh orang yang ada di dalamnya. Kemampuan ini mirip dengan kekuatan Nagi Nagi no Mi milik Rosinante. Sejauh ini, kemampuan buah iblis Nagi Nagi yang diketahui memang hanya membuat sebuah kubah yang kedap suara.

Oda Sensei memang memperkenalkan buah iblis Ope Ope no Mi sebagai buah iblis yang memiliki efek medis yang luar biasa. Bahkan, Diez Barrels mengatakan bahwa buah iblis tersebut mampu membuat dokter mana pun menjadi sosok yang luar biasa. Namun, siapa sangka jika buah iblis tersebut juga ternyata memiliki efek dahsyat lainnya seperti menirukan kekuatan buah iblis lain. Kita tunggu aja ya Geeks kekuatan apalagi yang dapat buah iblis tersebut tirukan di One Piece.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.