Seri manga One Piece sempat menjadi perbincangan hangat di tahun 2020 kemarin dan juga di awal 2021. Hal tersebut karena muncul kabar bahwa karya dari Eiichiro Oda ini akan segera tamat setelah terbit lebih dari 20 tahun. Berdasarkan informasi yang ada sampai sejauh ini, seri One Piece kabarnya akan selesai dalam 5-10 tahun mendatang. Artinya, Oda tinggal memiliki beberapa tahun lagi untuk kemudian menyelesaikan seri ini.

Sebagian fans ada yang skeptis mengenai kabar tersebut, namun tidak sedikit juga fans senang dan mendukung ide tersebut. Terlepas dari kabar mengenai kapan One Piece akan selesai, para fans sendiri masih menyimpan banyak pertanyaan besar. Salah satunya adalah bagaimana cerita akhir dari One Piece nanti. Dengan One Piece yang akan segera menyelesaikan ceritanya dalam beberapa tahun kedepan, terdapat beberapa kemungkinan buruk dari akhir cerita yang akan Oda tampilkan.

Siklus Berulang

Tema tentang pewarisan tekad menjadi salah satu hal yang banyak Oda hadirkan dalam cerita di seri One Piece. Bahkan, ini juga yang kemudian menjadi salah satu tema cerita dalam serinya. Oda sering kali menghadirkan berbagai paralel antara satu karakter dengan karakter lainnya. Dalam hal ini, Oda sering kali menghadirkan kesamaan atau paralel antara Monkey D. Luffy dan juga sosok Gol D. Roger.

Meskipun hal itu sangat menarik, terdapat spekulasi bahwa di akhir serinya nanti Oda memang tidak akan menghadirkan sesuatu yang baru. Oda hanya akan menghadirkan siklus yang sama lagi, di mana Luffy akan memulai sebuah era bajak laut baru seperti halnya Roger kemarin. Dan semuanya kembali seperti semula, seperti yang kita lihat sejak episode atau chapter pertama.

One Piece Adalah Teman

Salah satu teka-teki terbesar dalam cerita One Piece adalah apa sebenarnya One Piece. Sejak serinya pertama kali muncul inilah pertanyaan yang kemudian ada di benak para fans. Apa sebenarnya One Piece? Apakah One Piece merupakan harta karun? Eiichiro Oda sendiri masih belum mau membeberkan atau bahkan memberi petunjuk terkait One Piece.

Hal inilah yang membuat banyak fans berspekulasi mengenai apa itu One Piece. Salah satu spekulasi yang banyak muncul adalah One Piece bukanlah harta karun. Itu adalah sebuah momen pertemanan/persahabatan yang terjalin selama seseorang – dalam hal ini kelompok topi jerami – berpetualang. Dalam spekulasi ini, Oda mungkin akan menganggap bahwa persahabatan adalah hal yang jauh lebih berharga dari harta.

Blackbeard Jadi Penguasa Dunia

Selain Luffy, Blackbeard juga mengincar titel raja bajak laut. Dia memiliki mimpi untuk bisa juga pergi ke Laugh Tale dan menemukan One Piece. Hanya saja, ada perbedaan yang sangat besar antara Luffy dan Blackbeard dalam hal motivasi mereka menuju Laugh Tale dan menemukan One Piece. Luffy ingin membuat sebuah dunia yang mana semua orang bebas untuk melakukan apa pun.

Bahkan, bagi Luffy, menjadi raja bajak laut artinya menjadi orang yang paling bebas di dunia. Blackbeard memiliki mimpi untuk menguasai dunia. Hal ini karena Blackbeard memang haus akan kekuasaan dan pengaruh. Dalam spekulasinya, Blackbeard mungkin saja menang dalam pertarungan melawan Luffy. Dan akibat dari hal tersebut, Blackbeard kemudian yang jadi penguasa dunia dan akhirnya memulai sebuah era kegelapan.

Luffy Hidup Abadi di One Piece

Usia Luffy sendiri saat ini memang masih sangat muda, sekitar 20an tahun. Artinya, perjalanan hidup Luffy masih sangat panjang dan masih ada banyak sekali petualangan yang bisa Luffy lakukan atau arungi. Memang, kita tidak pernah tahu rintangan apa yang akan muncul di depan yang mungkin akan merenggut nyawa Luffy. Namun, dalam spekulasinya sendiri Luffy bisa jadi akan hidup abadi.

Mengapa demikian? Di akhir ceritanya nanti, Luffy akan hidup dengan bahagia sampai usianya tua. Luffy mampu untuk bisa hidup abadi atau hidup lebih panjang berkat kekuatan Ope Ope no Mi yang Law berikan. Karena Luffy mampu hidup lebih lama, dia pun melihat teman-temannya menua dan Luffy menjadi satu-satunya orang yang masih hidup saat itu.

Garp Berada di Pihak Angkatan Laut

Garp sang pahlawan besar angkatan laut adalah sosok yang begitu luar biasa. Semua pihak menghormatinya dan juga segan terhadap sosok Garp. Hal tersebut memang wajar mengingat bagaimana level kekuatan dan juga pengalamannya dalam bertarung. Namun, Garp selalu sedih karena semua keluarganya justru bersebrangan dengan apa yang dia yakini.

Seperti yang Geeks ketahui, anaknya, Monkey D. Dragon, adalah pemimpin Pasukan Revolusi. Cucunya, Monkey D. Luffy, adalah calon raja bajak laut. Dalam salah satu spekulasi terburuk serinya muncul dugaan bahwa dalam pertempuran terakhir di serinya, Garp tidak akan bersama keluarganya. Dia akan memilih untuk tetap bersama pihak angkatan laut. Bahkan, Garp mungkin akan menjadi sosok yang jahat dan mengerikan.

Shanks Jadi Musuh Terakhir Luffy

Shanks si Rambut Merah merupakan karakter yang masih sangat misterius sampai saat ini. Meskipun begitu, ada beberapa hal yang mungkin sudah menjadi informasi umum dari karakternya. Salah satu hal yang sudah banyak orang ketahui adalah Shanks merupakan sosok yang kuat. Shanks dikenal memiliki kekuatan Haki yang sangat dahsyat. Dia juga memiliki kemampuan berpedang yang mengerikan.

Kombinasi keduanya membuat Shanks menjadi karakter yang kuat. Shanks memang dikenal dekat dengan Luffy, dan bahkan dia juga yang menginspirasi Luffy untuk menjadi seorang bajak laut. Meskipun kecil kemungkinan pertarungan diantara mereka, namun ini bukan sesuatu yang mustahil. Pertarungan yang terjadi pun akan menjadi sebuah pertarungan pribadi yang penuh emosi.

BACA JUGA: One Piece: 5 Buah Iblis ini Bisa Law Tirukan!

Luffy Menikah dan Memiliki Anak

Spekulasi ini mungkin lebih menjadi lelucon di kalangan para fans One Piece. Bahkan, Oda Sensei sendiri sempat “mendukung” lelucon tersebut dengan menyebutkan bahwa kemungkinanakan ada sekuel dari One Piece yaitu Two Piece. Lelucon tersebut muncul karena terinspirasi dari seri populer yang banyak menghadirkan sekuel. Dan yang uniknya adalah sekuel tersebut berkisah tentang generasi selanjutnya alias anak dari generasi sebelumnya.

Contoh nyata dari hal ini adalah Boruto yang merupakan kelanjutan dan sekuel dari seri Naruto. Dalam spekulasi ini, para fans menduga bahwa Luffy mungkin akan menikah pasca menjadi raja bajak laut. Dia kemudian akan memiliki anak, dan anaknya akan menjadi sosok penerus dari Luffy.

Brook Adalah Narator dari Semua Cerita One Piece

Spekulasi terakhir ini mungkin sedikit menyentuh dan juga sedikit membuat sedih. Dalam spekulasinya disebutkan bahwa ada kemungkinan jika di akhir ceritanya semua kru Topi Jerami akan tewas. Dan Brook, yang memiliki buah iblis Yomi Yomi, akan menjadi satu-satunya kru yang masih hidup. Apa yang kita lihat selama 20 tahun terakhir di seri One Piece sebenarnya merupakan kisah yang Brook ceritakan selama bersama Luffy. Jika spekulasi ini memang benar terjadi, tentunya ini akan menjadi salah satu spekulasi paling buruk sekaligus paling menyedihkan.

Lebih dari 20 tahun cerita One Piece telah berjalan. Sang mangaka, Eiichiro Oda, sudah berencana untuk mengakhiri serinya dalam beberapa tahun kedepan. Dengan One Piece menjadi salah satu seri terpanjang dan banyak mendapatkan perhatian orang, Oda tentunya sudah mempersiapkan cerita akhir yang bisa jadi mampu memberikan efek jangka panjang. Atau justru menjadi bahan perbincangan para fans untuk waktu yang lama.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.