Siapa yang menyangka jika kemudian sosok bajak laut paling hebat di lautan saat ini, Kaido, mampu untuk ditaklukan. Kaido merupakan salah satu dari empat penguasa samudera alias Yonko dalam cerita di seri One Piece. Kaido memiliki julukan “makhluk paling kuat di dunia” berkat kekuatan yang dia miliki. Hampir tidak ada bisa yang bisa membunuh atau sekedar melukai Kaido.

Hal tersebut karena mereka tidak cukup kuat untuk melakukan hal tersebut. Haki yang dashyat membuat Kaido sulit untuk terluka atau tewas. Namun, sepertinya asumsi tersebut kini salah setelah apa yang muncul dalam chapter 1050. Dalam chapter tersebut Luffy akhirnya berhasil menang melawan Kaido. Dan dalam narasinya pun Oda menjelaskan bahwa Luffy yang menang dalam pertarungannya.

Ada banyak hal menarik yang muncul dalam pertarungan ini, seperti Oda Sensei pada awalnya tidak tahu bagaimana dia akan membuat Luffy berhasil mengalahkan Kaido. Oda menjelaskan bahwa para fans pasti tidak akan puas jika kemudian Luffy menang dengan hanya atau menggunakan pukulan saja. Hal ini pun memaksa Oda untuk memutar otak demi bisa menyuguhkan momen kekalahan yang epik dari Kaido.

Dan akhirnya, pada chapter 1049 dan 1050 ini kita pun melihat bagaimana Kaido kalah dengan cara yang cukup berbeda. Luffy berhasil menghajar Kaido dengan teknik Gomu Gomu no Bajrang Gun, dan membuat Kaido terjerumus ke dalam tanah. Kaido bahkan masuk ke aliran lahar di bawah tanah wilayah Wano. Bukan hanya Kaido, bahkan Big Mom pun ikut terseret aliran magma tersebut.

Luffy Jadi Penjahat?

Terdapat sebuah spekulasi menarik yang berkembang di kalangan fans yang berpendapat bahwa pasca pertempuran ini, Luffy akan menjadi “penjahat” dalam kabar utama yang muncul. Mengapa demikian? Seperti yang mungkin sudah Geeks ketahui, Eiichiro Oda adalah salah satu mangaka yang hampir tidak pernah menghadirkan momen kematian dari karakternya.

Begitu juga menghadirkan momen di mana seseorang menghabisi nyawa orang lain. Hal inilah yang menjadi salah satu alasan mengapa Luffy tidak pernah menghabisi nyawa orang lain dalam seri One Piece. Di sisi lain, banyak fans yang berharap bahwa Kaido bisa tewas dalam arc ini. Karena, jika kemudian Kaido masih hidup dan kembali, maka hal tersebut akan berbahaya bagi dunia.

Kaido bisa kembali meneror Wano, atau yang lebih parah mungkin bisa menghancurkan seluruh dunia ini. Meskipun dalam chapter 1050 ini tidak ada informasi bahwa Kaido tewas, namun banyak fans meyakini bahwa Kaido sudah tewas dengan “tenggelam” di aliran magma. Dalam sebuah spekulasi, Luffy akan dianggap menjadi penyebab dari “kematian” tersebut meskipun secara tidak langsung.

BACA JUGA: One Piece: Inikah 5 Arc Baru Setelah Wano?

Oda sengaja membelokan ceritanya di mana Luffy tidak menghabisi nyawa Kaido secara langsung, melainkan dengan cara memasukannya ke aliran lahar di bawah tanah Wano. Momen “kematian” inilah yang kemudian menjadi dasar spekulasinya bahwa Luffy mungkin akan dicap sebagai penjahat karena sudah membunuh Kaido. Dan yang juga tidak kalah epik tentunya adalah bagaimana nilai buruan Luffy akan naik drastis.

Reaksi Dunia di One Piece

Kabar mengenai kekalahan Kaido oleh Luffy tentu akan dengan segera menyebar ke seluruh penjuru dunia. Hal ini tentunya bisa memberikan mimpi buruk kepada Luffy dan yang lain. Pasalnya, dengan munculnya kabar tersebut otomatis situasi di dunia menjadi semakin bergejolak. Para Yonko yang lain, seperti Blackbeard, tentunya tidak akan tinggal diam setelah mengetahui kabar ini.

Belum lagi Pemerintah Dunia yang akan mulai mengerahkan semua armada mereka dan melakukan apa pun untuk bisa menghentikan Luffy. Sebelumnya, mereka sempat mengorbankan salah satu anggota CP-0 untuk menghabisi nyawa Luffy yang ternyata gagal. Pemerintah Dunia kemungkinan akan memainkan “peran” mereka sebagai sosok penjaga perdamaian.

Pihak Pemerintah Dunia, melalui bukti surat kabar yang menyatakan bahwa Luffy “membunuh” Kaido, akan memanipulasi kabar tersebut. Mereka akan membuat Luffy seolah-olah menjadi sosok penjahat besar baru di dunia ini. Selain bagaimana Luffy berhasil membunuh Kaido, bukti yang juga akan digunakan untuk menghadapi Luffy adalah bagaimana dia dituduh membunuh anggota CP-0.

Pada intinya, melalui surat kabar Morgan yang tersebar ke seluruh penjuru dunia Pemerintah Dunia ingin menjebak Luffy. Mereka ingin menjadikan Luffy sosok penjahat besar baru setelah gagal mengendalikan Kaido dan juga Wano. Fitnah yang Pemerintah Dunia buat sendiri sebelumnya didukung oleh fakta bahwa Luffy adalah anak dari Dragon, penjahat paling buron di seluruh dunia.

Semua hal tersebut mereka lakukan karena pihak Pemerintah Dunia beranggapan bahwa Luffy sudah menjadi ancaman besar bagi mereka. Artinya, hanya tinggal masalah waktu sebelum kemudian Luffy muncul dan menantang mereka untuk bertarung. Atau mungkin Luffy akan kemudian berhasil untuk menghancurkan dan menggulingkan kekuasaan dari Pemerintah Dunia. Intinya, pemerintah dunia menganggap bahwa diri mereka baik. Sementara pihak yang bersebrangan dengan pemerintah dunia akan dianggap sebagai penjahat. Tinggal menunggu cara apalagi yang akan digunakan pemerintah dunia untuk menggulingkan musuh-musuhnya.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.