Wano Country adalah arc paling panjang saat ini di seri One Piece. Arc Wano mengalahkan arc Dressrosa yang sebelumnya menyandang gelar arc paling panjang. Masih akan ada banyak hal yang muncul di arc Wano sebelum kemudian ceritanya berakhir. Saat ini, sudah lebih dari 120 chapter manga One Piece yang sudah menghadirkan arc Wano sejak 2018.

Meskipun arc ini menjadi salah satu arc yang menjadi favorit para fans, namun mereka juga tentunya menantikan cerita lainnya yang akan muncul dalam serinya. Banyak poin-poin penting yang sudah hadir sebelumnya, menanti untuk dieksplor lebih lanjut setelah pertempuran di Wano selesai. Meskipun masih ada belum informasi mengenai apa yang akan terjadi di arc selanjutnya, namun ada beberapa cerita yang bisa Oda hadirkan. Apa saja?

Arc Post-Wano

Setelah pertempuran yang panjang dan melelahkan, serta durasi yang sangat menguras waktu, tentu akan lebih baik untuk “rehat” sejenak. Dan di arc Post-Wano inilah kita akan melihat bagaimana semua orang “beristirahat” setelah apa yang terjadi di Wano. Oda bisa kembali menghadirkan cerita tentang apa yang terjadi di luar Wano, misalnya mengenai apa yang terjadi kepada dunia pasca momen Reverie.

Sebab apa yang terjadi pada Vivi dan Sabo saat Reverie hingga sekarang masih menjadi misteri dan harus segera terungkap. Pada momen ini, karakter Im Sama juga bisa mulai diperkenalkan kepada semua fans sebab apa yang terjadi di Reverie bersinggungan langsung dengan Pemerintah Dunia. Kita juga mungkin akan melihat bagaimana Pemerintah Dunia menaikan nilai buruan dari Luffy dan yang lainnya.

Arc Elbaf

Pulau yang menjadi rumah bagi para suku raksasa, Elbaf, menjadi salah satu pulau yang misterius dan belum tereksplor sampai saat ini. Sempat direferensikan di arc Little Garden, Elbaf kemudian muncul pertama kali dalam sebuah kilas balik di arc Whole Cake Island. Elbaf merupakan pulau yang sebagian besar wilayahnya adalah pegunungan dan bukit, serta pepohonan dengan ukuran yang besar.

Banyak fans yang meyakini bahwa pasca Wano, Luffy dan kelompok Topi Jerami kemungkinan besar akan pergi ke pulau ini. Mengingat sudah banyak petunjuk yang mereferensikan tentang pulau para raksasa ini, rasanya cukup masuk akal jika arc selanjutnya adalah Elbaf. Usopp sendiri bermimpi untuk bisa pergi mengunjungi pulau dari suku raksasa ini. Mungkin, di arc ini giliran Usopp yang mendapatkan perkembangan karakter.

Arc Pulau Lodestar

Informasi mengenai berbagai pulau yang ada di New World akhirnya terungkap. Meskipun Laugh Tale adalah pulau terakhir seperti apa yang telah banyak orang ketahui, namun masih ada pulau lainnya sebelum Laugh Tale. Pulau tersebut adalah Lodestar. Masih banyak misteri yang masih menyelimuti pulau satu ini. Lodestar tampaknya juga harus menjadi pulau yang dikunjungi oleh Luffy dan kelompok Topi Jerami.

Mengapa demikian? Pasalnya, di pulau ini banyak fans yang kemudian berspekulasi bahwa Luffy dan yang lain akan bertemu dengan salah satu bajak laut legendaris yang menjadi kawan perjalanan Roger yaitu Scopper Gaban. Di sisi lain, secara teknis, ini adalah pulau paling ujung sebelum Laugh Tale. Artinya, mau tidak mau Luffy dan kelompoknya pasti akan tiba dan berlabuh di pulau ini.

Arc Laugh Tale di One Piece

Sebelum Luffy benar-benar sampai di Laugh Tale dan menemukan One Piece, nampaknya dia akan berhadapan dengan Teach. Teach juga mengincar One Piece dan tentu tidak akan membiarkan Luffy pergi menuju Laugh Tale begitu saja. Pertarungan ini nampaknya menjadi salah satu bagian yang paling dahsyat dan akan mirip seperti momen pertarungan Roger dan Xebec di masa lalu.

Bisa jadi Luffy akan dibantu Coby untuk mengalahkan Teach sama seperti Roger dibantu Garp saat mengalahkan Rock D. Xebec. Selain pertarungan Luffy dan Blackbeard, arc Laugh Tale ini mungkin akan memperlihatkan bagaimana pada akhirnya Luffy berhasil mewujudkan mimpinya menjadi raja bajak laut. Dan yang paling orang nantikan tentunya adalah terkuaknya berbagai misteri besar tentang apa itu One Piece, arti dari tekad D, dan sebagainya.

BACA JUGA: Review One Piece 1050: Wano Miliki Pemimpin Baru!

Arc Great War di One Piece

Arc Great War ini bisa muncul atau terjadi pasca arc Laugh Tale selesai. Sesuai namanya, dalam arc ini kita akan kembali melihat momen pertempuran sengit dan epik yang terjadi di dunia One Piece. Namun, kali ini lawan yang Luffy hadapi tidak sembarangan. Lawan yang Luffy hadapi adalah pihak Pemerintah Dunia. Momen pertarungan dengan Pemerintah Dunia akan menjadi pertarungan yang sangat menegangkan dan lebih besar dari pada Perang Wano.

Pada momen ini kemungkinan semua bangsa yang berhasil Luffy selamatkan mungkin akan bergabung. Tujuannya adalah membantu sang raja bajak laut menghadapi Pemerintah Dunia. Dan kelompok Revolusioner juga mungkin akan memberikan kekuatan tambahan kepada Luffy. Dalam arc ini muncul sebuah spekulasi di mana pada akhirnya kaum naga langit dan Gorosei pada akhirnya akan kalah. Kemudian, Red Line pun akan hancur dan kemudian menjadi All Blue.

Setelah lebih dari dua tahun arc Wano Country berjalan dalam seri One Piece, arc ini akan segera selesai dalam waktu dekat. Pertarungan puncak antara dua Yonko dan beberapa nama besar dari kelompok bajak laut Worst Generation pun sudah selesai. Artinya hanya tinggal menunggu waktu untuk kemudian kita mendapatkan arc terbaru yang tidak kalah seru dan menarik. Kita nantikan saja kelanjutan ceritanya pada chapter yang akan datang ya Geeks!

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.