Dalam cerita My Hero Academia kebanyakan karakter hanya memiliki satu kekuatan super alias Quirk. Namun, hal berbeda dirasakan oleh Shoto Todoroki. Todoroki memiliki dua Quirk. Hal inilah yang menjadi salah satu alasan mengapa kemudian Shoto Todoroki menjadi murid “andalan” oleh U.A. High School.

Dalam arc U.S.J., Shoto Todoroki mampu mengalahkan beberapa musuh sekaligus dalam hitungan detik. Semua karena kemampuan Quirk yang dia miliki. Meskipun butuh waktu yang cukup lama untuk menguasainya, pada akhirnya Shoto mampu untuk memaksimalkan Quirk miliknya. Lalu, bagaimana penjelasan dari Quirk milik Shoto tersebut?

Mampu Kendalikan Es dan Api

Quirk Shoto Todoroki masuk dalam klasifikasi Emitter. Artinya penggunanya bisa mengendalikan benda-benda sekitarnya. Untuk kasus Shoto Todoroki, Todoroki mampu mengendalikan beberapa elemen secara spesifik. Untuk bisa melakukannya, Shoto Todoroki harus secara sadar melakukannya, karena membutuhkan konsentrasi yang penuh secara terus menerus.

Quirk Shoto membuatnya mampu untuk menghasilkan panas dan juga dingin. Namun, hal tersebut tergantung kepada sisi dari tubuhnya. Bagian kiri dari tubuhnya bisa memproduksi api, sementara bagian kanan tubuhnya bisa memproduksi es. Shoto Todoroki sering kali melatih dirinya sendiri dengan Quirk tersebut melalui cara mengendalikan temperatur air.

Dengan begitu, Shoto Todoroki pun akhirnya mampu mengendalikan kedua kekuatan tersebut. Secara teknis, berdasarkan penjelasan tadi, Shoto Todoroki memiliki dua Quirks dalam tubuhnya yang mana hal tersebut sangat jarang terjadi dalam dunia My Hero Academia. Dan berdasarkan penjelasannya, Shoto Todoroki hanya bisa menciptakan api dan es dari tubuhnya. Shoto tidak bisa memanipulasi api dan es yang berasal dari luar tubuhnya.

Kelemahan dan Kelebihan

Memiliki dua Quirk sekaligus tentunya memiliki kelemahan dan juga kelebihan. Quirk es bisa digunakan untuk berbagai macam cara, misalnya membekukan musuh atau membuat sebuah pelindung demi menghindari serangan lawan. Sementara Quirk api bisa menjadi sesuatu yang sangat menghancurkan, baik bagi musuh atau sekitarnya.

Shoto juga mampu menyentuh targetnya dari jarak yang sangat jauh. Sebaliknya, musuh sangat kesulitan untuk bisa menyentuh Shoto dari jarak jauh mau pun jarak dekat. Menggunakan Quirk api perlu sangat hati-hati, karena terlalu banyak memproduksi api bisa menyebabkan pusing bagi Shoto.

Selain itu, memproduksi api terlalu besar juga beresiko untuk membakar dirinya sendiri. Hal ini juga berlaku untuk Quirk es yang Shoto miliki. Shoto adalah seorang petarung yang sangat kuat dan dahsyat berkat dua Quirk tersebut, namun Shoto tidak boleh terlalu dominan terhadap satu Quirk. Terlalu berlebihan bisa membuat Shoto kepanasan (overheating) atau membeku (frostbite). Shoto harus terus bisa menjaga temperatur tubuhnya.

BACA JUGA: My Hero Academia: Para Karakter yang Bangkitkan Quirknya!

Lahir dengan Dua Elemen

Enji Todoroki alias Endeavor sengaja menjalin sebuah pernikahan dengan seseorang yang juga memiliki Quirk, dalam hal ini Enji menikahi sosok Rei Himura yang diketahui memiliki Quirk es. Enji sengaja melakukan hal tersebut karena dia ingin anaknya mewarisi kekuatan elemen mereka berdua.

Dan apa yang diharapkan oleh Enji sepertinya berjalan dengan baik, di mana Shoto lahir dengan fusion atau gabungan dari dua Quirk mereka. Hal ini membuat Shoto bisa menutupi apa yang menjadi kelemahan sang ayah. Shoto mampu mencegah tubuhnya terbakar atau terlalu panas dengan mendinginkan tubuhnya sendiri.

Karena itulah Shoto Todoroki dispekulasikan akan mampu melampaui kemampuan dari sang ayah. Saat ini, Shoto sedang bertarung menghadapi kakaknya sendiri, Dabi alias Toya Todoroki. Menarik tentunya untuk melihat kemampuan Quirk dari Shoto tersebut dalam pertarungan menghadapi kakaknya. Apakah Shoto akan mampu melampaui kekuatan sang kakak? Kita nantikan saja kelanjutan ceritanya pada chapter yang akan datang.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.