Quirk adalah bentuk kekuatan yang hanya ada di serial My Hero AcademiaKekuatan ini dimiliki hampir  80% populasi umat manusia, dan setiap manusia terlahir dengan quirk yang berbeda-beda. Selain itu, bagaimana orang-orang menggunakan Quirk tersebut juga beragam. Ada yang digunakan untuk kebaikan dengan menjadi pahlawan, ada juga yang digunakan untuk kejahatan.

Apabila ada seorang pemilik quirk bisa menguasai kekuatannya hingga batas tertentu, maka quirknya akan berkembang menjadi kekuatan baru. Keadaan itu bernama Quirk Awakening. Sangat jarang seorang pengguna quirk bisa mencapai Awakening. Meskipun begitu ada beberapa karakter yang diketahui sudah berhasil membangkitkan Quirk mereka. Siapa saja? Berikut adalah beberapa diantaranya.

Himiko Toga

Himiko Toga diketahui memiliki sebuah Quirk yang sangat luar biasa di mana setelah dia memasukan atau mengonsumsi darah seseorang, maka dia pun akan bisa bertransformasi atau berubah menjadi sosok yang lain yang dia minum darahnya. Selain itu, dia pun bisa berubah-ubah kapan pun dan di mana pun tanpa adanya batasan. Pada awalnya, Himiko Toga hanya mampu menirukan penampilan dari seseorang saja.

Namun, setelah dia berhasil membangkitkan Quirk yang dia miliki, dia sekarang bukan hanya bisa menirukan penampilannya tetapi juga kekuatannya. Toga membangkitkan Quirk miliknya dalam pertarungan melawan Miss Curious, jendral lainnya dari Meta Liberation Army. Toga diperlihatkan bukan hanya bisa menyamar menjadi Uracho Uraraka, namun juga bisa menirukan Quirk yang dimilikinya.

Tomura Shigaraki

Quirk Decay milik Tomura Shigaraki dianggap sebagai salah satu Quirk yang paling berbahaya dan mematikan di serinya. Setiap objek yang dia sentuh akan berubah menjadi debu. Tidak peduli terbuat dari apa bahan dari objek tersebut, semua benda yang disentuh Shiragaki akan berubah menjadi debu. Level kekuatan Quirknya semakin mengerikan ketika dia membangkitkannya.

Shigaraki diketahui membangkitkan Quirk miliknya saat pertarungan melawan Re-Destro. Saat keduanya bertarung, ingatan masa kecil dari Shigaraki pun muncul dan dipadukan dengan efek pertarungan melawan Re-Destro, pada akhirnya kekuatan Quirk dari Shigaraki pun bangkit. Jika pada awalnya Shigaraki harus menggunakan kelima jarinya untuk menghancurkan benda, kini dengan dua jari pun benda tersebut akan musnah. Selain itu, benda yang pernah dia pegang sebelumnya pun bisa dihancurkan.

Geten

Berbeda dengan dua karakter di atas, bangkitnya Quirk yang dimiliki Geten bukan diakibatkan karena situasi pertarungan. Pada awalnya, Quirk yang dimiliki oleh Geten membuatnya mampu untuk mengendalikan es. Namun, setelah dibangkitkan Quirknya, Geten pun mampu mengendalikan bentuk serta temperaturnya. Sayangnya, Geten membangkitkan kekuatan tersebut secara off-screen.

Namun, hal tersebut terjadi ketika mentornya, Re-Destro, membakar dirinya sendiri. Mampu untuk merubah temperatur es mungkin terdengar bukan sebuah peningkatan yang luar biasa, namun hal ini menjadi peningkatan yang signifikan bagi Geten. Apalagi, Geten sering kali bertarung di perkotaan yang membuatnya menjadi musuh yang mengerikan dengan kekuatan barunya tersebut.

Izuku Midoriya

Deku adalah orang terakhir yang diketahui berhasil membangkitkan kekuatannya. Pada awalnya, Deku sama sekali tidak memiliki Quirk sebelum kemudian All Might memberikan Quirk One For All. Meskipun begitu, Deku sendiri awalnya tidak tahu bagaimana menggunakan atau mengendalikan Quirk tersebut. Seiring berjalannya cerita, akhirnya Deku pun berhasil menguasai Quirknya.

Bahkan, bukan hanya berhasil menguasai Quirknya, dia juga mampu untuk membangkitkan seluruh potensinya. Akibat dari hal ini, Deku pun mampu menggunakan kekuatan dari para pengguna One For All sebelumnya. Contohnya adalah Fa Jin atau Black Whip. Diketahui hanya ada satu lagi Quirk pendahulu One For All yang belum digunakan oleh Deku, di mana disebutkan Quirk tersebut hanya boleh digunakan sebagai upaya terakhir.

Awakening dari Quirk merupakan sebuah fenomena yang langka yang tidak bisa hanya diraih dengan latihan saja. Butuh sebuah momen atau situasi yang pada akhirnya mampu untuk membangkitkan Quirk tersebut. Membangkitkan Quirk tersebut artinya penggunanya sudah mampu menggunakan seluruh potensinya.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.