Pulau manusia ikan menjadi tantangan besar pertama yang dihadapi oleh kelompok Topi Jerami di dunia One Piece pasca time-skip. Meskipun mereka tidak memiliki kekuatan yang kuat seperti para villain sebelumnya, namun para villain utama – yang adalah para manusia ikan juga – tersebut berhasil hampir menggulingkan kerajaan tersebut.

Manusia Ikan merupakan salah satu ras yang ada di dalam serial One Piece. Keberadaan ras ini memicu kontroversi karena bagi manusia, mereka terkenal kejam dan licik. Beberapa Manusia Ikan memang kejam kepada manusia karena menurut mereka ras manusia juga lebih jahat dan licik, seperti menjadikan Manusia Ikan sebagai objek pertunjukan. Berikut adalah manusia ikan terkejam di sepanjang serinya.

Ikaros

Ikaros merupakan bagian dari kelompok bajak laut New Fishman yang dipimpin oleh Hody Jones. Dia pun menjadi salah satu villain yang dihadirkan di sepanjang arc pulau manusia ikan. Ikaros merupakan cumi-cumi kepala tombak yang memiliki racun di masing-masing tentakelnya. Racun tersebut mampu membuat darah manusia terkontaminasi racun meskipun hanya menyentuhnya.

Kekuatannya mirip seperti buah iblis yang dimiliki oleh Crocodile. Selain mampu melukai atau meracuni targetnya, Ikaros juga mampu untuk menyerap darah musuhnya. Hal inilah yang membuat Ikaros patut untuk diwaspadai dan juga semua kekuatan tersebut menjadi bukti bagaimana kejam dan mengerikannya sosok Ikaros.

Zeo

Zeo adalah manusia ikan yang menjadi bagian dari kelompok bajak laut New Fishman, yang dipimpin oleh Hody Jones seperti halnya Ikaros. Zeo sendiri merupakan karakter yang terinspirasi dari hewan hiu karpet berbintik, salah satu jenis hiu yang diketahui memiliki kemampuan kamuflase yang luar biasa. Karena hal inilah Zeo bisa dibilang memiliki kemampuan kamuflase yang alami.

Namun, yang mengerikan dari Zeo bukan hanya itu. Dianggap sebagai petinggi dari kelompok Hody yang paling kuat, banyak kekuatan mematikan yang dia miliki. Zeo bahkan pernah diperlihatkan berhasil melumpuhkan Brook dengan kekuatannya. Siapa pun yang terkontaminasi oleh kekuatannya, maka bisa dipastikan kematian akan menjadi ujungnya.

Hyouzou

Hyouzou adalah manusia ikan yang mana level kemampuan berpedangnya di atas rata-rata para penduduk manusia ikan lainnya. Selain kemampuan berpedang, bagaimana kemudian tentakelnya bisa memegang satu pedang membuat Hyouzou bisa menghabisi siapa pun dengan mudah. Zoro sempat kewalahan menghadapi manusia ikan ini, meskipun pada akhirnya menang.

Yang juga tidak kalah mengerikan dan kejam adalah bagaimana Hyouzou pun memiliki racun yang dia lapisi di senjata pedangnya. Dipadukan dengan energy steroid, Hyouzou menjadi sosok yang mengerikan. Luffy sempat menjadi salah satu korban kengerian dari racun yang dikeluarkan oleh Hyouzou, di mana Luffy bahkan tidak menyadari bahwa dia diracuni.

Hatchan

Hatchan merupakan mantan salah satu kru bajak laut Arlong yang sempat juga menyakiti para penduduk Cocoyashi Village, bahkan dia pun sempat berseteru dengan Nami. Di sisi lain, Hatchan pun dikenal sebagai salah satu musuh terkuat yang pernah dihadapi oleh Roronoa Zoro. Mengapa begitu?

Hatchan menjadi orang pertama yang menghadapi Zoro dengan menggunakan lebih dari dua pedang. Hatchan menjadi orang pertama yang menguji kekuatan dan kemampuan dari Zoro. Meskipun begitu, Hatchan sendiri sekarang sudah tidak lagi jahat. Dia justru menjadi sekutu dari Luffy dan juga kelompok Topi Jerami.

Vander Decken IX

Vander Decken IX adalah sekutu dari Hody Jones dan juga kelompok bajak laut New Fishman. Vander Decken IX dan Hody Jones menjalin kerja sama karena mereka memiliki “musuh” yang sama, yaitu Neptune. Jika Hody Jones menaruh dendam kepada Neptune karena dianggap terlalu lemah terhadap manusia, maka Vander Decken dendam karena dia tidak bisa menikahi anaknya.

Vander Decken adalah pengguna buah iblis Mato Mato, di mana dia bisa mengenai targetnya dari mana pun dan sejauh apa pun selama dia mengingat wajah targetnya. Dengan kekuatan ini, Vander Decken meneror Shirahoshi dan mengancam akan membunuhnya. Karena itulah, Shirahoshi diketahui tidak pernah keluar dari kamar. Hampir setiap hari kapak kiriman Vander Decken menghantam istana Ryugu dan mengincar nyawa Shirahoshi.

Hody Jones

Hody Jones merupakan villain utama dalam arc pulau manusia ikan dan merupakan tantangan pertama yang Luffy hadapi untuk pertama kali pasca time-skip. Dialah pemimpin dari kelompok bajak laut New Fishman. Salah satu hal yang membuat Hody Jones berbuat jahat adalah bagaimana dia berusaha untuk membuat ras manusia ikan lebih unggul dibandingkan rasa apa pun, termasuk manusia.

Banyak kelompok bajak laut manusia yang pada akhirnya dihancurkan oleh kelompoknya ketika akan memasuki pulau manusia ikan. Mereka dibiarkan tenggelam begitu saja dan menghancurkan gelembung yang melindunginya. Puncak kekejaman dari Hody Jones adalah bagaimana dia melakukan konspirasi yang berujung pada kematian istri Neptune, yaitu Ratu Otohime.

Dikenal sebagai salah satu “musuh” bagi manusia, para manusia ikan ini diketahui sering kali berbuat kejahatan. Mereka ingin menghadirkan pertempuran yang membuat derajat mereka diakui oleh semua orang. Sayangnya, cara tersebut bisa dibilang salah dan justru membuat citra manusia ikan semakin buruk.