Muzan Kibutsuji adalah dalang dari semua kekacauan yang terjadi dalam seri Demon Slayer. Muzan merupakan iblis pertama yang lahir dalam dunia Demon Slayersehingga meski terlihat muda, karakter ini telah memiliki umur yang sangat tua. Selain memiliki kekuatan yang sangat luar biasa, Muzan juga telah berhasil menciptakan 12 Bulan Pasukan Iblis.

Mereka mampu menebarkan teror terhadap banyak orang dan membuat repot para pembasmi iblis. Ada sebuah fakta menarik yang muncul dari sosok Muzan Kibutsuji, di mana dia memiliki beberapa form atau bentuk di sepanjang ceritanya. Dan masing-masing form tersebut ternyata memiliki kemampuan dahsyat tersendiri. Lalu, apa saja form yang dimiliki oleh Muzan?

Form Manusia

Seperti yang sudah diketahui oleh Geeks semua, sebelum Muzan menjadi iblis pertama di serinya dia tidak lain adalah manusia biasa. Saat Muzan menjadi manusia biasa, ada banyak hal-hal yang ajaib serta mengerikan terjadi kepadanya. Misalnya, Muzan sempat disangka sudah tewas sebelum kemudian jantungnya kembali berdetak saat tubuhnya hendak dikremasi.

Muzan pun kemudian diketahui memiliki penyakit misterius yang hampir merenggut nyawanya. Seorang dokter kemudian berusaha membantu Muzan dengan penyakitnya, di mana Muzan kemudian dijadikan eksprimen. Kesal karena obat yang dia minum dianggap tidak berefek akhirnya sang dokter pun dihabisi nyawanya. Namun, tanpa disadari, justru obat tersebut beraksi yang menjadi cikal bakal Muzan menjadi seperti sekarang.

Tsukihiko

Setelah menjadi iblis dan mendapatkan kekuatan luar biasa, form selanjutnya dari Muzan adalah sosok pria di usia 20an tahun dengan kulit pucat. Dia memiliki rambut hitam pendek yang bergelombang, dengan bola mata yang mirip mata kucing berwarna merah. Dia menggunakan topi fedora yang dilengkapi dengan tuksedo hitam, kaos hitam, dan dasi putih.

Nama dari sosok ini adalah Tsukihiko. Dia merupakan sosok pria kaya, yang memiliki keluarga mapan dengan seorang anak perempuan dan istri. Form ini merupakan form yang diperlihatkan ketika dia bertemu dengan Tanjiro Kamado. Muzan sengaja membentuk keluarga ini karena menurutnya hal ini tidak akan dicurigai oleh banyak orang. Muzan pun bisa dengan mudah membaur dengan yang lain, tanpa khawatir diincar oleh para pembasmi iblis lain.

Sosok Wanita Tanpa Nama

Yang menarik adalah selain berubah menjadi pria kaya di usia 20an, Muzan juga ternyata pernah bertransformasi menjadi sosok wanita. Form ini digunakan oleh Muzan setelah Lower Moon 5, Rui, berhasil dikalahkan. Muzan kemudian memanggil seluruh iblis Lower Moon untuk berkumpul di Infinity Castle. Dalam pertemuan tersebut, dia menghabisi semua anggota Lower Moon, kecuali Enmu, yang berada di peringkat pertama.

Dalam momen tersebut, Muzan muncul dalam sosok wanita tradisional Jepang lengkap dengan Kimono berwarna hitam dan juga bibir berwarna merah. Wajahnya juga sedikit lebih bulat dibandingkan Tsukihiko. Rambutnya diikat, dan dia pun mengenakan perhiasan mutiara berwana emas. Taring dari Muzan juga sedikit diperlihatkan dalam form ini.

Yang unik adalah transformasi ini tidak disadari oleh para anggota Lower Moon. Mereka tidak menyadari bahwa sosok yang sedang mereka ajak bicara sebenarnya adalah Muzan Kibutsuji. Selain penampilan, Muzan juga merubah auranya. Dalam versi anime di episode 26, karakter wanita ini berbicara dengan suara yang sama dengan Tsukihiko, hanya ada beberapa perbedaan.

Toshikuni

Selain menjadi wanita dan pria dewasa, Muzan juga memiliki form lainnya yaitu seorang anak kecil bernama Toshikuni. Toshikuni adalah seorang anak laki-laki yang diadopsi oleh keluarga yang kaya raya. Dia mengenakan pakaian berkerah putih, celana pendek hitam, dan sepatu. Gaya rambutnya sedikti berbeda, di mana rambut Toshikuni disisir ke samping.

Menurut sang ibu angkat, Toshikuni tidak bisa terkena cahaya matahari karena dia memiliki alergi kulit – yang mana hal tersebut adalah bohong. Perubahan Muzan sebagai Toshikuni ini terjadi setelah Kyojuro Rengoku berhasil dikalahkan dan tewas. Pada awalnya, mata Toshikuni nampak normal.

Namun, ketika Akaza muncul memberikan laporan, mata iblisnya pun muncul. Kemudian, pasca kekalahan dari Upper Moons Four dan Five, Hantengu dan Gyokko, Muzan kembali muncul sebagai seorang anak kecil. Saat Hantengu tewas, Muzan melihat bahwa Nezuko memiliki kemampuan untuk bisa tahan terhadap sinar matahari.

Yang menyedihkannya adalah setelah penemuan Hantengu tersebut, Muzan kemudian menghabisi ibu angkatnya dan juga pembantunya. Setelah mengetahui bagaimana caranya dia mendapatkan keabadian, Muzan pun kembali ke form Tsukihiko.

Bentuk Iblis Terakhir

Setelah Muzan Kibutsuji berhasil menghabisi nyawa Kagaya Ubuyashiki, dia pun harus menerima luka parah akibat para Hashira yang menyerangnya secara beramai-ramai, termasuk Tamayo dan juga Tanjiro. Muzan sendiri berhasil selamat dari penyerangan tersebut dengan menggirim para Hashira tersebut ke Infinity Castle miliknya. Ketika para Hashira tersebut sibuk dengan menghadapi para iblis ciptaan Muzan, Muzan sendiri beristirahat di dalam kepompong di suatu tempat.

Pada akhirnya, para anggota Demon Slayer Corps pun berhasil menemukan kepompong tempat Muzan bersembunyi sambil menyembuhkan lukanya. Sayangnya, momen tersebut justru menjadi momen pembantaian mereka karena Muzan dengan mudah menghabisi mereka semua untuk mempercepat proses penyembuhan luka yang dia alami. Muzan juga kemudian muncul dalam form terakhirnya.

Rambutnya berubah menjadi putih yang diurai bebas. Muzan juga nampak tidak mengenakan pakaian apa pun, dengan tanda iblis hitam yang menyelimuti bagian tubuhnya. Juga terdapat mulut dengan gigi tajam di bagian lengan dan kakinya. Dengan menggunakan form ini, Muzan pun menghabisi seluruh pasukan Demon Slayer yang ada di depannya.

Form Bayi Besar

Sebagai bentuk upaya terakhir untuk menghadapi Tanjiro dan juga para pasukan Demon Slayer Corps lainnya, Muzan pun kemudian berubah ke bentuk bayi iblis raksasa. Ukuran tubuhnya bisa mencapai puluhan meter, sama seperti gedung berlantai tiga. Dalam form tersebut, Muzan berusaha untuk bisa kabur dari para pasukan Demon Slayer dengan pergi ke arah sinar matahari, yang notabene adalah kelemahan terbesarnya. Namun, upaya tersebut sia-sia karena para pasukan Demon Slayer pada akhirnya berhasil mengalahkan Muzan Kibutsuji.

Muzan adalah sosok yang berusaha mencari keabadian karena dia sangat takut terhadap kematian. Rasa takutnya tersebut dikarenakan pengalaman mengerikan yang dia alami bahkan sebelum dia lahir. Meskipun begitu, efeknya justru buruk di mana Muzan justru berubah menjadi sosok jahat.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.