Dalam cerita di seri Boruto: Naruto Next Generation ancaman terbesar bumi saat ini bukan lagi berasal dari shinobi atau desa ninja lainnya, melainkan dari luar bumi. Secara spesifik, ancaman besar tersebut berasal dari klan Otsutsuki yang diperkenalkan di serinya. Klan Otsutsuki sendiri dikenal sebagai klan yang paling kuat di semesta Naruto, dengan cerita asal-usul mereka yang masih belum diketahui.

Meskipun banyak hal tentang klan ini masih diliputi oleh misteri, satu-satunya hal yang diketahui dari klan ini adalah mereka memiliki anggota yang sangat kuat. Hampir setiap Otsutsuki dalam seri ini memiliki kekuatan Kekkei Genkai dan kekuatan dewa lainnya. Dari apa yang sudah dihadirkan dalam ceritanya, ada beberapa hal yang mungkin bisa menjadi petunjuk mengenai asal-usul Otsutsuki.

Dari informasi yang diketahui sejauh ini, klan Otsutsuki merupakan klan alien yang berasal dari planet lain. Mereka datang ke berbagai planet di galaksi bimasakti untuk menanam pohon suci dan memanen buah chakra. Terdapat sebuah spekulasi bahwa planet yang menjadi rumah bagi Otsutsuki tidak berada di galaksi bimasakti dengan kata lain berasal dari galaksi yang lainnya.

Dari mana kemudian spekulasi tersebut berasal? Pertama, saat Kaguya Otsutsuki mengatakan kepada Tenji, yang merupakan suaminya, dia berasal dari planet atau dunia yang sangat jauh. Meskipun secara logika keberadaan planet yang ada di seluruh bimasakti ini juga sangat jauh, namun definisi sangat jauh yang diungkapkan Kaguya sendiri mungkin sudah merujuk pada perbedaan galaksi.

Kemudian, butuh ribuan tahun bagi Momoshiki dan Kinshiki untuk tiba di bumi. Keduanya datang untuk menginvasi bumi dan menyerang Kaguya yang dianggap gagal menjalankan perintah yang diberikan. Untuk menyambut kemunculan Momoshiki dan Kinshiki, dalam jangka waktu ribuan tahun tersebut Kaguya berhasil menciptakan banyak sekali pasukan Zetsu Putih yang siap bertempur demi melindungi bumi dari serangan kedua Otsutsuki itu.

Meskipun begitu, pada akhirnya Momoshiki dan Kinshiki tiba di era Boruto. Kita memang tidak mengetahui di mana mereka berada sebelum pergi menuju bumi. Namun, bisa diasumsikan bahwa dengan jarak ribuan tahun yang terlewati artinya memang keberadaan planet Otsutsuki dan bumi sangat jauh yang bahkan mungkin berada di galaksi lainnya.

Selain jarak yang jauh, planet Otsutsuki juga dispekulasikan menjadi salah satu faktor lainnya mengapa mereka menjadi kuat, selain karena buah chakra. Seperti halnya cerita pahlawan super seperti Superman, yang mana planet asalnya, Krypton, membuat dia dan seluruh penduduk Krypton lainnya menjadi sangat kuat jika dibandingkan dengan para penduduk bumi. Hal tersebut dikarenakan lingkungan dan juga tempat tinggalnya yang membentuk mereka menjadi kuat.

Dalam hal ini, planet Otsutsuki pun kemungkinan menjadi salah satu faktor mengapa klan Otsutsuki sangat kuat jika dibandingkan dengan para penduduk bumi. Karena itulah, klan Otsutsuki sering menganggap diri mereka sebagai dewa. Bahkan, Code sendiri menganggap bahwa Isshiki – dan Otsutsuki lain – sebagai sosok yang dia puja. Hal ini dikarenakan mereka memang memiliki kekuatan dan kemampuan yang berada jauh di atas kemampuan manusia biasa.

Jadi, kesimpulannya, planet asal dari klan Otsutsuki kemungkinan bukan berada di galaksi yang sama dengan dunia di universe Naruto. Planet mereka berasal dari galaksi lain yang sangat jauh. Selain itu, planet mereka juga bisa jadi salah satu faktor yang membuat para klan Otsutsuki menjadi kuat seperti sekarang selain diakibatkan buah chakra yang mereka konsumsi. Terlepas dari spekulasi di atas, kita masih harus menunggu informasi lengkap mengenai planet Otsutsuki dari Masashi Kishimoto. Bagaimana menurut kalian Geeks, apakah kalian setuju dengan hal ini?

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.