Dalam berbagai seri anime, cyborg dikenal karena kejahatan atau kehebatan yang mereka miliki yang membuat manusia kesulitan untuk menghadapi mereka. Mereka biasanya memiliki kemampuan yang sangat menghancurkan, serta sangat dahsyat. Mulai dari serangan misil sampai berbagai teknologi canggih lainnya ada di tubuh mereka yang siap menghancurkan targetnya.

Berbeda dengan makhluk hidup pada umumnya, para cyborg bisa berganti-ganti atau mengutak-atik tubuh mereka jika rusak atau hancur. Para cyborg juga diketahui tidak memiliki emosi, dan sering kali bergerak sesuai dengan kalkulasi atau analisis mereka. Ada banyak cybog yang sangat kuat yang dihadirkan dalam seri anime. Dan berikut adalah beberapa diantaranya.

Alita – Battle Angel Alita

Alita, atau yang bisa dikenal juga sebagai Gally dan Yoko, adalah salah satu cyborg terkuat dan terhebat di dunia anime. Alita memiliki beberapa tubuh yang dia simpan dan bisa dia gunakan atau rubah sewaktu-waktu. Semuanya tergantung dari level ancaman yang sedang dia hadapi. Tubuh utama Alita adalah Imaginos, yang merupakan kumpulan dari nanomachines.

Masing-masing tubuh yang dimiliki Alita memiliki kemampuan yang desktruktif seperti Plasma Manipulation, Damascus Blade, tendangan super, dan sebagainya. Alita juga diketahui sangat pandai dalam sebuah aliran bela diri yang disebut sebagai Panzer Kunst, yang ditemukan di planet Mars dan dilatih di Zero Gravity.

Franky – One Piece

Setelah sebuah peristiwa mengerikan terjadi, tubuh Franky hancur lebur dan karena tidak ada pilihan lain akhirnya dia pun memilih “menyatukan” dirinya untuk menjadi cyborg. Bagian yang paling lemah dari tubuh cyborg Franky terletak pada bagian belakang, yang mana dia selalu lindungi dengan teknologi yang dia ciptakan.

Yang menarik, setiap bagian dari tubuh Franky berisi berbagai senjata mematikan. Bahkan, pasca time-skip terjadi, tubuh cyborg Franky semakin luar biasa dengan banyaknya perubahan dan menambahnya persenjataan yang disimpan dalam tubuh Franky. Bukti kedahsyatan dari Franky adalah ketika dia berhasil mengalahkan Sasaki, yang merupakan salah satu bagian dari Flying Six.

Android 18 – Dragon Ball

Android 18 sempat dikenal dengan namanya yaitu Lazuli ketika dia masih menjadi manusia. Tubuhnya kemudian direkonstruksi menjadi sebuah cyborg oleh seorang ilmuwan gila dari Red Ribbon Army, yang dikenal sebagai Dr. Gero. Android 18 dikenal sebagai salah satu cyborg yang paling kuat di universe Dragon Ball.

Reaktor energi yang berada dalam tubuhnya membuat dia tidak pernah kehabisan stamina, seperti halnya makhluk hidup pada umumnya. Dia bahkan mampu menghancurkan bangunan kuat hanya dalam hitungan detik saja. Yang juga luar biasa adalah Android 18 menjadi satu-satunya orang yang mampu menandingi kekuatan dari Vegeta pada saat itu.

Genos – One Punch Man

Genos pada awalnya adalah sebuah cyborg yang dibuat oleh Dr. Kuseno. Menurut ceritanya, Genos dahulunya adalah manusia biasa sebelum kemudian kotanya hancur oleh serangan robot dan dia pun harus “tewas.” Setelah menjadi cyborg, Genos kemudian menjadi murid dari Saitama dengan rasa hormat yang sangat tinggi terhadap Saitama.

Mimpi terbesar dari Genos adalah menjadi pahlawan terhebat dan melindungi umat manusia dari berbagai serangan monster yang ada. Meskipun dia sudah menjadi cyborg, Genos sempat merasakan batasan dengan tubuhnya. Namun, semua kekurangan tersebut perlahan-lahan berhasil dia lampaui, di mana sekarang dia menjadi sosok cyborg yang mengerikan. Bukti kedahsyatan Genos diperlihatkan saat pertempuran melawan Psykos-Orochi.

Ichiro Inuyashiki – Inuyashiki

Ichoiro merupakan pria yang sangat lemah, acuh terhadap sekitarnya, yang mana membuat dia tidak peduli terhadap apa pun yang salah di sekitarnya. Namun, setelah seluruh tubuhnya berubah menjadi sebuah cyborg, dia pun menjadi sosok yang lebih berani. Bukan hanya tubuh Inuyashiki yang direkstruksi oleh makhluk asing dari planet lain, namun dia juga memiliki kekuatan dahsyat yang mampu menghancurkan sebuah negara sendirian.

Meskipun tubuhnya sudah berubah menjadi mesin, dari luar tubuh Inuyashiki masih nampak seperti seorang manusia yang tidak berbeda dari yang lain. Salah satu hal yang luar biasa dari cyborg Inuyashiki adalah meskipun dia tidak sadarkan diri, tubuhnya masih bisa bergerak secara otomatis.

Cyborg menjadi salah satu hal yang unik yang muncul dalam dunia anime, di mana kemunculan para cyborg ini memberikan warna tersendiri terhadap ceritanya. Dan bukan tidak mungkin jika pada masa yang akan datang di dunia nyata juga akan ada cyborg seperti halnya yang dipelrihatkan di dunia anime.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.