Arc Wano Country dalam seri One Piece harus diakui merupakan arc yang paling besar dan paling penting di sepanjang serinya sejauh ini, dengan banyak hal yang luar biasa terjadi dalam arc ini. Mulai dari pertempuran melawan Yonko, Kaido dan Big Mom, sampai terungkapnya berbagai fakta penting dan menarik lainnya yang terjadi di arc ini.

Menurut sang kreator, Eiichiro Oda, Wano Country merupakan sebuah tempat yang sangat penting dan sangat terkoneksi dengan akhir dari ceritanya. Itu artinya beberapa misteri besar yang ada di serinya akan terungkap di sini. Dan hal ini terbukti pada chapter 1044 kemarin, di mana Oda mengejutkan para fans terkait dengan nama asli dari buah iblis Luffy.

Selama ini, para fans selalu diperkenalkan buah iblis Luffy tersebut sebagai Gomu Gomu dan merupakan buah iblis berjenis Paramecia. Ternyata, buah iblis Luffy tersebut adalah Hito Hito no Mi, Model: Nika dan buah iblis ini adalah buah iblis berjenis Zoan. Gorosei sendiri menyebutkan bahwa buah iblis ini adalah buah iblis paling mengerikan di dunia.

Menurut penjelasan Gorosei, buah iblis Nika memberikan penggunanya kemampuan untuk menjadi manusia karet dan bertarung dengan rasa kebebasan yang tinggi. Yang lebih penting adalah buah iblis ini memiliki sebuah kekuatan besar yaitu mampu menyebarkan kebahagiaan dan tawa kepada semua orang, dan mampu membebaskan mereka yang tertekan.

Gorosei menamai mereka yang memakan buah iblis ini sebagai “Pejuang Kebebasan.” Dari apa yang dihadirkan dalam chapter 1045 kemarin, memang kekuatan dari buah iblis Nika sangatlah luar biasa. Kita bisa melihat bagaimana Luffy dengan mudah mencengkram tubuh naga Kaido, mempermainkannya, dan bahkan mengubah sekitarnya menjadi karet.

Meskipun pada awalnya buah iblis ini tidak terlalu diperhatian alias underrated, ketika berhasil dibangkitkan semua orang pun terkejut dengan berbagai kemampuannya. Bahkan, dalam chapter 1045 dan chapter 1046 Kaido merasa keheranan dengan buah iblis tersebut. Dia heran melihat berbagai kekuatan epik yang diperlihatkan buahnya, dan menyebutkan bahwa dia belum pernah melihat kekuatan semacam itu.

Buah iblis Nika mungkin tidak memiliki kekuatan yang bisa menghancurkan dunia seperti Gura Gura no Mi atau mengambil/menyerap kekuatan buah iblis lainnya seperti Yami Yami no Mi. Tetapi, kekuatan awakening buah iblis ini yang membuatnya berbahaya dan mengerikan. Kekuatan awakeningnya benar-benar diluar nalar, bahkan mampu melawan setiap hukum alam yang ada.

Sehingga, ucapan Gorosei yang menyebutkan bahwa buah iblis Nika adalah buah iblis dengan kekuatan paling mengerikan di dunia rasanya memang pantas disematkan kepada buah iblis ini. Berdasarkan hal tersebut, rasanya tidak salah jika kemudian buah iblis Hito Hito no Mi, Model: Nika berhasil menggeser peta kekuatan buah iblis saat ini.

Sebelumnya, diketahui bahwa Gura Gura no Mi adalah buah iblis yang paling kuat dengan daya hancur dari getaran yang bisa membuat seluruh dunia roboh. Kemudian, kita juga mengenal Yami Yami no Mi yang dianggap sebagai Logia terkuat berkat kekuatan kegelapannya. Tetapi, setelah kita melihat awakening buah iblis Nika, buah iblis terkuat rasanya bisa disematkan kepada buah iblis ini.

Dengan perkataan dari Gorosei yang menjelaskan tentang buah iblis Nika, rasanya memang masuk akal jika buah iblis ini menjadi yang terkuat. Belum lagi, Gorosei juga mengatakan bahwa mereka sudah sejak 800 tahun yang lalu mengejar atau berusaha menangkap buah iblis ini yang artinya buah iblis Nika sangatlah spesial.

Logikanya, bisa saja mereka mengincar buah iblis Gura Gura atau Yami Yami. Namun, faktanya mereka justru mengejar buah iblis Nika. Menarik tentunya untuk melihat bagaimana Luffy akan menggunakan kekuatan penuh dari buah iblisnya ini dalam menghadapi Kaido selanjutnya. Selain itu, menarik juga untuk melihat bagaimana Luffy akan menggunakan kekuatan buah iblis ini dalam menghadapi musuh kuat selanjutnya, seperti Blackbeard.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.