Dabi adalah sosok yang menarik yang muncul dalam seri My Hero Academia. Dia adalah salah satu villain yang memiliki kekuatan dahsyat, yang berkaitan dengan Quirk api. Kemudian fakta mengenai Dabi pun muncul yang mana ternyata diketahui bahwa Dabi merupakan bagian dari keluarga Todoroki. Dabi diketahui memiliki nama asli Touya Todoroki.

Touya Todoroki alias Dabi ternyata adalah anak dari Endeavor alias Enji Todoroki. Touya merupakan anak pertama dari Endeavor. Namun, sayangnya, Endeavor yang saat itu menginginkan anak yang lebih kuat membuat Touya akhirnya diasingkan oleh Endeavor. Sampai kemudian lahir Shoto Todoroki, yang mana Shoto Todoroki kini menjadi anak kesayangan dari Endeavor.

Berbicara mengenai Dabi, diketahui bahwa Dabi memiliki Quirk api yang sangat luar biasa. Dia mampu mengeluarkan api berwarna biru dari tubuhnya. Sampai saat ini, belum diketahui apa nama resmi dari Quirk milik Dabi tersebut meskipun para fans sendiri kemudian menamai Quirk tersebut sebagai “Cremation.” Hal ini dilihat dari seberapa mengerikannya api milik Dabi yang mampu menghanguskan tubuh seseorang.

Belum diketahui alasan mengapa kemudian Horokoshi Sensei masih merahasiakan nama dari Quirk Dabi tersebut. Jika memang teknik dari Quirk Dabi tersebut bernama Hellflame, yang notabene mirip dengan nama Quirk Endeavor, seharusnya hal ini sudah dihadirkan dalam ceritanya ketika Dabi mengaku bahwa dia adalah Touya Todoroki seperti dipelrihatkan di chapter 290.

Dengan masih misteriusnya Quirk api biru milik Dabi tersebut, banyak para fans berasumsi bahwa Quirk api biru itu memiliki cerita yang lebih kompleks. Bahkan, ada kemungkinan bahwa Dabi mungkin menyembunyikan kekuatan asli Quirknya. Terdapat sebuah teori yang menarik di kalangan para fans yang mencoba menjelaskan kekuatan rahasia milik Dabi.

Dalam teorinya disebutkan bahwa ada kemungkinan Quirk Dabi yang berubah api biru tersebut mampu membuatnya kembali hidup, seperti halnya burung Phoenix. Jadi, selain mampu membuat tubuh seseorang hangus terbakar tanpa sisa, api biru milik Dabi tersebut mampu membangkitkan kembali sosoknya yang sudah tewas.

Ada beberapa poin penting yang dianggap bisa menjadi petunjuk untuk teori tersebut. Pertama, saat insiden kebakaran ketika dia masih kecil, Dabi atau Touya Todoroki sebenarnya sudah dikonfirmasi tewas. Bahkan, sisa-sisa tubuh Dabi sendiri sudah ditemukan. Dalam momen kilas blaik sendiri diperlihatkan bagaimana Touya dengan jelas terbakar hidup-hidup.

Artinya, secara logika kecil kemungkinan bagi Touya untuk bisa selamat dari kejadian mengerikan tersebut. Tetapi, faktanya, sampai saat ini Touya masih hidup meskipun dia menjadi salah satu villain mengerikan di serinya. Pertanyaanya tentu adalah bagaimana hal itu bisa terjadi? Hal inilah yang kemudian memunculkan spekulasi bahwa bisa jadi Dabi atau Touya bisa kembali hidup setelah dia tewas dalam kebakaran itu.

Kemudian, Dabi sering kali terlihat tidak peduli dengan bekas luka bakar di tubuhnya. Dabi diketahui lemah terhadap api, sehingga saat dia menggunakan Quirk miliknya, dia akan meninggalkan bekas luka bakar yang cukup besar di tubuhnya. Namun, Dabi nampak tidak pernah memperdulikan hal tersebut.

Yang mengherankan juga adalah Dabi baru menyadari luka bakar yang dialami oleh tubuhnya pasca arc War selesai pada chapter 304. Ketidak pedulian Dabi terhadap luka bakar atau luka dalam dirinya, membuat para fans berpendapat bahwa Dabi tidak pernah takut untuk tewas. Karena, pada akhirnya, dia akan kembali hidup seperti halnya burung Phoenix.

Dalam cerita One Piece sendiri, Marco yang diketahui memiliki buah iblis Tori Tori no Mi, Model Phoenix, mampu menyembuhkan orang-orang dengan kekuatan api biru miliknya. Oda Sensei sempat menjelaskan bahwa api biru tersebut bukan bertujuan untuk membakar melainkan menyembuhkan. Bahkan, api itu pun menjadi sumber kekuatan Marco untuk memilihkan berbagai lukanya.

Jadi, kesimpulannya, dengan semua cerita dan petunjuk yang ada, cukup masuk akal jika kemudian Quirk api milik Touya Todoroki ini tidaklah hanya sekedar api biru dan lebih unggul dari kemampuan api lainnya. Teori mengenai api biru yang ada kaitannya dengan kekuatan Phoenix pun bisa menjelaskan apa yang terjadi terhadap Dabi selama ini. Kita nantikan saja ya Geeks bagaimana kelanjutan ceritanya pada chapter yang akan datang.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.