Dalam seri Demon Slayer: Kimetsu no Yaiba, Breathing Styles atau Teknik Pernafasan adalah sebuah teknik berpedang yang sangat luar biasa dan juga kuat yang wajib untuk dimiliki oleh para demon Slayer yang memiliki pedang Nichirin. Butuh waktu yang cukup lama bagi seseorang untuk bisa menguasai Breathing Style mereka dan kemudian menyatu dengan berbagai teknik andalannya.

Masing-masing demon slayer memiliki satu Breathing Styles mereka sendiri, yang biasanya mereka kuasai sampai pada tahap yang jauh lebih tinggi. Namun, para fans sendiri masih penasaran apakah seorang demon slayer bisa memiliki atau menguasai lebih dari satu Teknik Pernafasan. Dan bagaimana kemudian efek yang akan ditimbulkan.

Sampai sejauh ini, satu-satunya demon slayer atau ahli pedang pembasmi iblis yang diketahui mampu untuk menguasai lebih dari satu Breathing Styles adalah adalah Tanjiro Kamado, sang protagonis utama serinya. Tanjiro diketahui menguasai dua Teknik Pernafasan. Yang menarik, Tanjiro memulai semuanya tanpa mengetahui sedikit pun mengenai Teknik Pernafasan. Bahkan, dia pun sama sekali tidak memiliki dasar berpedang.

Setelah diminta oleh Giyu Tomioka, Urokodaki Sakonji, mantan Water Hashira, akhirnya setuju untuk melatih Tanjiro dan kemudian mengajarinya Water Breathing. Namun, seiring berjalannya cerita, Tanjiro pun mulai mengetahui banyak informasi mengenai leluhurnya termasuk mengenai tarian ritual yang selama ini mereka lakukan. Ternyata, tarian ritual yang dilakukan mirip gerakannya dengan Teknik Pernafasan Matahari (Sun Breathing Style).

Di awal serinya sendiri, Urokodaki Sakonji sempat mengatakan bahwa bukan hal yang mustahil bagi seorang demon slayer untuk bisa menguasai atau menggunakan beberapa Breathing Style sekaligus dalam pertempuran mereka. Namun, sangat jarang sekali demon slayer yang mampu melakukannya. Bahkan, bisa dibilang hampir tidak ada orang yang seperti itu.

Selain itu, sosok yang ingin bisa menguasai beberapa Breathing Style haruslah merupakan pengguna teknik Sun Breathing, yang mana Sun Breathing sendiri merupakan cikal bakal munculnya Breathing Style yang lain seperti Water Breathing Style, Flower Breathing Style, dan sebagainya. Berdasarkan penjelasan itu, sangat wajar jika kemudian Tanjiro mampu menggunakan dua Breathing Style, karena sudah sejak lama keluarganya adalah pengguna Sun Breathing Style.

Dalam arc Entertainment Distric, ketika Tanjiro diperlihatkan benar-benar sangat kelelahan, Tanjiro kemudian menggabungkan dua Breathing Styles yang dia kuasai untuk menyelamatkan Hinatsuru dari cengkraman Upper Six. Momen inilah yang kemudian membuat Tanjiro menjadi satu-satunya demon slayer yang mampu mengombinasikan dua Breathing Styles sekaligus.

Ada alasan mengapa hanya pengguna Sun Breathing yang mampu menguasai lebih dari satu Breathing Style. Sun Breathing adalah Breathing Style yang sangat sulit untuk dikuasai. Butuh usaha yang sangat  luar biasa dan juga kemampuan khusus untuk bisa menangani kekuatannya yang sangat dahsyat.

Mereka yang mampu dan sudah bisa menguasai Sun Breathing akan bisa membuat Breathing Style lainnya menjadi sangat mematikan. Selain Tanjiro, Para Hashira juga diketahui merupakan sosok yang sangat kuat untuk bisa menggunakan lebih dari satu Breathing Style dengan sangat mudah. Meskipun begitu, mereka selalu diperlihatkan menggunakan satu Breathing Style saja.

Jadi, kesimpulannya, seorang demon slayer bisa saja menguasai lebih dari satu Breathing Style. Namun, ada beberapa hal yang harus diperhatikan untuk hal tersebut. Selain sangat jarang ada yang mampu melakukannya, seseorang yang ingin menguasai lebih dari satu Breathing Style juga sebelumnya harus menguasai Sun Breathing Style. Bagaimana menurut kalian Geeks?

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.