Dalam chapter terbaru dari seri manga One Piece, kita diberikan sebuah fakta baru yang mengejutkan. Ternyata buah iblis yang dimakan oleh Luffy memiliki nama asli Hito Hito no Mi, Model: Nika. Buah iblis tersebut berjenis Mythical Zoan, di mana buah iblis tersebut mampu membuat penggunanya berubah dan mendapatkan kekuatan dari sosok Nika, sang Dewa Matahari.

Selain menjadi sosok Dewa Matahari, Nika juga dikenal sebagai sosok yang sering membebaskan para tahanan dan juga para budak. Karena itulah, Nika menjadi sosok yang dikenal sebagai “Pejuang Kebebasan.” Hal ini diceritakan langsung oleh Who’s Who saat dia bertarung melawan Jinbe, di mana Who’s Who berharap Nika akan muncul dan menyelamatkannya saat dia dipenjara.

Sebagai Dewa Matahari, Nika diketahui banyak dipuja dan disembah oleh para penduduk di Skypiea, Elbaf, dan mungkin juga di wilayah pulau manusia ikan. Namun, berbicara mengenai sosok Nika sang Dewa Matahari, sebenarnya ada sebuah fakta yang menarik. Disadari atau tidak, selain Dewa Matahari, One Piece juga sempat menyinggung tentang dewa lainnya.

Dalam arc Skypiea, ketika para penduduk di sana hendak melakukan pengorbanan untuk sang Dewa Matahari, sempat juga disinggung tentang dewa-dewa lainnya yaitu Dewa Hujan, Dewa Bumi, dan juga Dewa Hutan. Hal tersebut memunculkan sebuah teori, di mana jika buah iblis Luffy memiliki kekuatan dari Dewa Matahari, artinya mungkin ada kurang lebih tiga buah iblis dengan kekuatan dewa lainnya.

Siapa Pemilik Buah Iblisnya?

Geeks mungkin bertanya, lalu siapa pemilik buah iblis dewa lainnya? Meskipun belum ada informasi mengenai hal tersebut, namun spekulasinya menunjukan bahwa ada tiga sosok (misterius) yang kemungkinan memiliki kekuatan dewa lainnya. Yang pertama adalah sosok admiral Ryogukyu alias admiral Green Bull.

Sejauh ini karakter Green Bull hanya muncul sebagai siluet, dan digadang-gadang merupakan seorang admiral yang sangat kuat seperti yang lain. Namun, hingga sekarang, wajah dan kekuatan Ryokugyu masih belum diketahui. Meskipun begitu, ada yang menduga bahwa Ryokugyu merupakan pengguna buah iblis yang bisa membuatnya tahan untuk tidak makan selama tiga tahun.

Inilah yang kemudian memunculkan spekulasi bahwa mungkin Green Bull mengosumsi buah iblis dari Dewa Hutan. Bagaimana Oda Sensei masih tetap merahasiakan sosok Green Bull sampai waktu yang tepat, memberikan sinyal bahwa mungkin Green Bull menyimpan sesuatu yang besar – seperti fakta bahwa dia pemilik buah iblis Dewa Hutan.

Kedua adalah Monkey D. Dragon. Monkey D. Dragon merupakan sosok yang paling dicari di seluruh dunia. Namun, sampai saat ini, Oda Sensei masih belum memberikan informasi apa pun terkait dengan Dragon, khususnya tentang kemampuannya. Kita tidak tahu apakah dia pengguna Haki atau pengguna buah iblis.

Kita juga tidak tahu sampai sejauh mana level kekuatannya. Sebagian fans sendiri menduga bahwa memang Dragon adalah pengguna buah iblis, yang dilihat dari setiap kemunculannya di mana selalu ada badai dan hujan muncul. Inilah yang kemudian memunculkan spekulasi bahwa bisa jadi Dragon memakan buah iblis Dewa Hujan.

Terakhir adalah Im. Im merupakan pemimpin dari Pemerintah Dunia sekaligus merupakan sosok paling tinggi dalam hierarki tersebut. Seperti yang diperlihatkan dalam ceritanya, bahkan Gorosei pun berlutut di hadapan sosok Im. Im juga masih menjadi sosok yang paling misterius dalam seri One Piece, termasuk kita masih belum tahu tentang kekuatannya.

Hampir tidak ada informasi yang bisa diketahui tentang sosok Im, selain dia adalah pemimpin tertinggi dari Pemerintah Dunia. Hal inilah yang kemudian memunculkan berbagai teori di kalangan fans. Ada yang mengatakan bahwa Im berasal dari era abad yang hilang. Ada yang mengatakan bahwa Im adalah sosok yang abadi.

Yang paling menyita perhatian adalah terdapat teori bahwa Im yang menciptakan atau membuat Red Line. Meskipun sebagian memperkirakan bahwa hal tersebut adalah pekerjaan dari Senjata Kuno, bagaimana jika semua itu dilakukan oleh Im dengan bantuan buah iblis Dewa Bumi yang dia miliki? Mungkin, kekuatan Im tersebut sangat mirip dengan pengendalian bumi dalam seri animasi Avatar.

Jika kemudian spekulasi ini benar, maka artinya masih ada sesuatu yang lebih besar yang siap dihadirkan dalam cerita One Piece pada masa yang akan datang. Dan hanya tinggal masalah waktu untuk Oda Sensei perlahan memperkenalkan ketiga buah iblis tersebut. Apakah kita akan mengetahuinya di arc selanjutnya? Kita nantikan saja kelanjutan ceritanya ya Geeks!

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.