Buah iblis merupakan salah satu misteri besar yang masih belum terungkap sampai saat ini di dunia One Piece. Meskipun dalam ceritanya Eiichiro Oda sudah banyak memperkenalkan berbagai banyak jenis dan variasi buah iblis, namun kita masih belum diketahui siapa pembuat atau siapa yang menciptakan buah iblis tersebut. Dengan kata lain, asal-usul buah iblis masih menjadi pertanyaan besar.

Berkaitan dengan hal tersebut, banyak fans yang coba menerka-nerka tentang proses terciptanya buah iblis. Hasilnya ada banyak sekali teori dan spekulasi tentang penciptaan buah iblis. Misalnya, ada teori yang menyebutkan bahwa kemungkinan buah iblis tercipta pada zaman dahulu. Selain itu, buah iblis juga diteorikan bukan berasal dari bumi.

Tetapi, ada juga teori yang menyebutkan bahwa buah iblis tercipta setelah tercampur dengan DNA atau cetak biru kehidupan. Teori ini muncul setelah terinspirasi dari terciptanya buah iblis SMILES, di mana DNA dari binatang kemudian dimasukan ke buah iblis buatan mereka. Hasilnya seperti yang bisa kita lihat dari para Gifters di kelompok bajak laut Beast.

Dan hal ini juga sempat dilakukan oleh Dr. Vegapunk saat berusaha menirukan buah iblis atau kekuatan yang dimiliki Kaido. Momonosuke pun menjadi bukti nyata dari hal tersebut. Berdasarkan hal tersebut, artinya bisa diasumsikan jika kemudian kekuatan buah iblis berasal sumber kehidupan lainnya atau menirukan sumber kehidupan lain.

Namun, terdapat sebuah pertanyan besar yang muncul. Bagaimana kemudian terciptanya salah satu varian dari buah iblis jenis Zoan, yaitu Hito Hito no Mi? Seperti yang diketahui, Hito Hito no Mi adalah buah iblis Zoan yang unik. Jika ada hewan yang memakannya, maka mereka akan berubah menjadi manusia.

Contoh ini bisa kita lihat dari sosok Tony Chopper dan Gyukimaru. Namun, jika kemudian manusia yang memakan buah iblisnya, maka mereka akan menirukan siapa sosok yang mereka “makan” atau yang ada di buahnya. Misalnya, buah iblis Sengoku yang merupakan Hito Hito no Mi, Model: Daibutsu.

Daibutsu sendiri merupakan entitas dari sosok Buddha yang memiliki ukuran tubuh besar, dan merupakan sosok pelindung. Sengoku, mampu berubah menjadi Buddha berwarna emas dan berukuran besar. Dia juga bisa mengeluarkan gelombang kejut dahsyat. Dan yang paling baru tentunya adalah Hito Hito no Mi, Model: Nika, buah iblis yang dikonsumsi Luffy. Luffy pun mampu berubah menjadi sosok Nika, sang pejuang kebebasan, dan Dewa Matahari.

Untuk saat ini, dengan belum adanya penjelasan dari Oda Sensei tentang bagaimana buah iblis tercipta, rasanya proses terciptanya buah iblis Hito Hito no Mi yang paling masuk akal adalah dengan memasukan DNA dari sosok atau makhluk hidup tersebut ke buah yang ada di sekitar, dan kemudian terciptalah buah iblis.

Hal ini juga mungkin yang akhirnya membuat Dr. Vegapunk dan Caesar Clown akhirnya berhasil menciptakan tiruan dari buah iblis nyata, meskipun tidak sempurna. Tentu ada alasan yang spesifik, mengapa kemudian buah iblis buatan tidak sesempurna buah iblis asli. Tentunya ada jawaban yang lebih kompleks dari sekedar memasukan DNA ke dalam buah yang sudah disediakan.

Dan semua alasan serta jawaban kompleks tersebut masih ada di tangan Oda Sensei. Meskipun begitu, satu poin penting yang perlu diperhatikan adalah buah iblis di seri One Piece bisa bertahan selama ratusan dan bahkan ribuan tahun karena adanya siklus kehidupan ulang (reinkarnasi).

Ketika seorang pengguna buah iblis tewas, maka kekuatannya akan berpindah ke buah yang ada di sekitarnya. Kita nantikan saja ya Geeks penjelasan lebih lengkap dan detail mengenai buah iblis ini pada chapter yang akan datang.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.