Dari mana asal kekuatan Saitama? Itulah pertanyaan besar yang muncul di kalangan fans One-Punch Man yang sampai saat ini masih belum terjawab alias masih menjadi misteri besar. Membahas mengenai asal-usul dari kekuatan Saitama memang selalu menjadi topik yang menarik. Hal ini dikarenakan baik ONE maupun Yusuke Murata masih belum mengungkapkan mengenai hal tersebut.

Seperti yang kita ketahui, Saitama merupakan karakter yang unik dan menarik. Dia memiliki kekuatan yang sangat dahsyat di mana dia bisa menghancurkan apa pun dengan hanya satu pukulan Saja. Namun, kekuatan tersebut tersembunyi di balik sikapnya yang polos dan juga wajahnya yang tanpa ekspresi.

Hampir semua musuh yang pernah dihadapi oleh Saitama hancur dengan sekejap. Hal inilah yang kemudian membuat Saitama terkadang enggan untuk ikut terlibat dalam pertarungan melawan monster atau villain. Ini juga yang menjadi alasan mengapa menjadi pahlawan adalah hobinya. Yang juga menarik adalah tidak banyak orang mengetahui mengenai rahasia kekuatan Saitama yang dahsyat tersebut.

Hanya segelintir orang yang tahu tentang kekuatan dari Saitama, seperti Genos, King, dan Bang. Dengan kekuatan dahsyat tersebut tentunya membuat semua orang bertanya-tanya, dari mana Saitama mendapatkan kekuatannya? Sebenarnya ada berbagai teori yang muncul di kalangan fans terkait hal ini. Ada teori yang mengatakan bahwa Saitama memakan daging monster.

Ada juga yang menyebutkan bahwa hal tersebut adalah warisan dari keluarganya. Ada juga teori yang menyatakan bahwa Saitama mungkin terkena kutukan. Saitama sendiri menyebutkan bahwa sumber kekuatannya berasal dari latihan fisik yang dia lakukan setiap hari seperti push-up, lari, sit-up, dan sebagainya. Tetapi, teori lainnya mengenai asal-usul kekuatan Saitama pun kemudian muncul.

Teorinya muncul pasca kita diperkenalkan dengan sosok God. God diketahui merupakan sosok misterius dan juga kuat. God diketahui merupakan sosok yang memberikan kekuatan kepada Homeless Emperor, sebelum kemudian kekuatan tersebut diambil kembali bersama nyawanya. God sendiri diketahui sering kali “mengajak” orang-orang untuk mau menerima kekuatan yang dia berikan.

Berdasarkan hal tersebut, banyak yang kemudian meyakini bahwa sumber kekuatan dahsyat Saitama bisa jadi juga berasal dari God. Spekulasi tersebut sebenarnya cukup masuk akal, mengingat dengan tidak adanya penjelasan mengenai sumber kekuatan Saitama, maka bisa jadi sumber kekuatan tersebut berasal dari sesuatu yang tidak bisa dijelaskan seperti pemberian dari God.

Tetapi, meskipun teori atau spekulasi tersebut menarik ada beberapa hal yang membuat teori tersebut sedikit lemah. Pertama, dalam pertemuan pertama Saitama dengan God di bawah tanah markas asosiasi monster, God sempat meminta kepada Saitama dan Flashy Flash untuk menyentuh kotak hitam misterius yang ada di hadapan mereka. Tujuannya, untuk mengetahui apakah mereka memang pantas untuk diberikan kekuatan.

Pertanyaanya, jika kemudian sumber kekuatan Saitama memang berasal dari God, mengapa kemudian God tidak mengenal sosok Saitama? Logikanya, God tentu sudah mengetahui atau mengenal Saitama seperti yang terjadi kepada Homeless Emperor. Poin kedua adalah God tidak memberikan kekuatannya kepada seseorang tanpa tujuan tertentu.

Dari apa yang dihadirkan dalam ceritanya sejauh ini, God selalu memberikan “tugas” terhadap mereka yang diberikan kekuatan olehnya. Dan biasanya, tujuan dari kekuatan tersebut adalah digunakan untuk aksi atau tindakan kejahatan. Misalnya, kekuatan yang diberikan oleh God kepada Homeless Emperor memiliki tujuan untuk membalas dendam orang-orang yang sudah menyakitinya.

God sendiri mengatakan bahwa apabila kemudian orang-orang yang sudah diberikan kekuatan olehnya memutuskan untuk membelot atau melanggar apa yang menjadi tujuannya, maka God akan murka dan mereka akan langsung menerima hukumannya seperti yang terjadi kepada Homeless Emperor di mana nyawanya diambil oleh God karena dianggap gagal.

Faktanya, yang terjadi justru sebaliknya. Saitama selama ini tidak pernah menggunakan kekuatannya untuk kejahatan, melainkan untuk menghancurkan monster dan villain. Jika memang kekuatan Saitama berasal dari God, melihat apa yang dilakukan oleh Saitama tersebut tentunya sudah seharusnya Saitama dihukum dengan nyawa dan kekuatannya diambil. Namun, justru yang terjadi Saitama masih hidup dan ada sampai sekarang.

Jadi, kesimpulannya, kekuatan yang dimiliki bukanlah berasal dari pemberian God atau kesepakatan yang terjadi antara God dan Saitama. Bisa dipastikan bahwa God dan Saitama sama-sama tidak mengenal satu sama lainnya. Lagipula, jika pun God mengenal sosok Saitama – dengan menyentuh kotak hitam misterius – God mungkin akan terkejut dengan kekuatan yang dimiliki Saitama.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.