Sejak pertama kali diperkenalkan dalam seri spin-off Jujutsu Kaisen, yaitu Jujutsu Kaisen Volume 0, Yuta Okkotsu memang sudah diperlihatkan berbeda dari murid-murid SMK Jujutsu dan para penyihir Jujutsu lainnya. Mulai dari jumlah Energi Kutukan yang dia miliki yang sangat melimpah sampai dengan fakta bahwa dia masih terkoneksi dengan sosok Goro Satoru, Yuta memang bukanlah sosok sembarangan.

Yuta Okkotsu merupakan salah satu dari empat Special Grade Sorcerers atau Penyihir Jujutsu Spesial yang dikenal di kalangan para penyihir Jujutsu. Para fans dari seri Jujutsu Kaisen – apalagi yang sudah membaca seri spin-offnya tentu – tahu seberapa kuat sosok Yuta jika dibandingkan dengan penyihir Jujutsu yang lain.

Bahkan, dalam chapter 173 kemarin, Yuta disebut-sebut sebagai penyihir Jujutsu terkuat nomor dua setelah Gojo Satoru. Terlepas dari semua pengakuan yang didapatkan oleh Yuta dari orang-orang, para fans masih tetap penasaran dengan semua kekuatan dari Yuta. Hal ini wajar karena Gege Akutami masih menyembunyikan semua potensi yang dimiliki oleh Yuta, setidaknya sampai saat ini.

Ada banyak spekulasi tentang Teknik Kutukan yang dimiliki oleh Yuta Okkotsu di kalangan para fans. Sebagian fans berpikir bahwa seperti halnya Yuji Itadori, sebenarnya Yuta sama sekali tidak memiliki kemampuan Teknik Kutukan. Namun, untuk seorang penyihir hebat seperti Yuta, tentu rasanya aneh jika dia tidak memiliki Teknik Kutukan miliknya sendiri.

Ternyata, ada sebuah petunjuk mengenai hal tersebut di masa lalunya. Dalam manga Volume 0, yang diadaptasi menjadi sebuah film layar lebar, Yuta mampu menggunakan Cursed Speech Technique yang dimiliki oleh Toge Inumaki setelah dia memperhatikannya. Masih belum diketahui secara pasti bagaimana hal tersebut bisa terjadi, dan hal tersebut pun tidak pernah dikonfirmasi.

Sebagian fans menduga bahwa apa yang terjadi pada Yuta tersebut ada kaitannya dengan kemampuan Teknik Kutukan yang Yuta miliki, sementara sebagian fans lainnya menduga bahwa hal tersebut bisa terjadi karena Energi Kutukan Yuta yang sangat banyak/besar. Namun, ternyata kedua dugaan tersebut terbukti benar.

Dalam pertarungan tiga orang antara Yuta, Ryu, dan Takako, salah satu dari mereka, Takako, kemudian berhasil “menganalisa” kemampuan dari Yuta tersebut. Awalnya, Takako menduga bahwa Yuta memang merupakan pengguna dari kemampuan Cursed Speech dengan Shikigami Jutsu ketika dia menggunakan Teknik Kutukan yang merupakan warisan dari klan Inumaki. Namun, kemudian Takako menyadari sesuatu.

Takako menyadari kekuatan dari Yuta saat Yuta juga menggunakan Teknik Kutukan milik Dhruv. Hal tersebut membuat Takako kemudian berkesimpulan bahwa Yuta memiliki kemampuan atau “Teknik Kutukan” yang kemudian disebut sebagai “Copy,” di mana Yuta mampu untuk menirukan Teknik Kutukan milik orang lain dengan hanya melihat atau memperhatikannya saja.

Namun, meskipun “Copy” adalah sebuah teknik yang Yuta gunakan untuk menirukan kekuatan orang lain, namun itu bukanlah Teknik Kutukan yang dimiliki Yuta. Teknik Kutukan yang dimiliki oleh Yuta yang sebenarnya adalah Rika, dan Rika sendiri bisa menyimpan banyak sekali cadangan Energi Kutukan bagi Yuta. Meskipun belum ada konfirmasi, kemungkinan Yuta mampu menirukan berbagai Teknik Kutukan milik orang lain saat dia terkoneksi dengan Rika melalui cincinnya.

Meskipun begitu, Yuta hanya mampu mempertahankan koneksi antara dia dan Rika selama lima menit. Meskipun fakta tersebut menjawab pertanyaan besar di kalangan fans yang penasaran dengan kekuatan dari Yuta, namun hal ini pun memunculkan pertanyaan lainnya.

Salah satu pertanyaan yang kemudian muncul adalah apa yang kira-kira akan terjadi jika kemudian Yuta tidak menggunakan atau memiliki cincin yang menghubungkannya dengan Rika? Atau Bagaimana jika kemudian cincin tersebut hancur? Apakah Yuta tidak akan lagi mampu menggunakan teknik untuk menirukan Teknik Kutukan orang lain? Seberapa penting cincin tersebut bagi Yuta – dan koneksinya dengan Rika – masih menjadi misteri sampai sekarang.

Kemampuan dari Yuta Okkotsu ternyata bukan hanya mampu menirukan Teknik Kutukan orang lain. Di akhir chapter 178, kita melihat bagaimana Yuta, Ryu, dan Takako mampu menggunakan Domain Expansion dalam waktu yang bersamaan. Hal ini tidak pernah terjadi sebelumnya dalam seri Jujutsu Kaisen.

Dua orang sekaligus menggunakan Domain Expansion pun sebelumnya tidak pernah terjadi, apalagi tiga sekaligus. Para fans pun tentunya sangat penasaran bagaimana kemudian kelanjutan hal ini, dan seperti apa Domain Expansion dari masing-masing karakter tersebut. Yuta adalah murid SMK Jujutsu kedua yang diperlihatkan mampu menggunakan Domain Expansion setelah Megumi Fushiguro.

Meskipun begitu, Domain Expansion milik Megumi sendiri masih belum lengkap atau sempurna. Untuk Yuta sendiri memang masih belum diketahui apakah Domain Expansionnya juga belum sempurna seperti halnya Megumi. Namun, kembali, mengingat reputasi Yuta kecil kemungkinan juka Domain Expansionnya masih belum sempurna. Lagipula, menggunakan sebuah Domain Expansion yang belum sempurna dalam situasi seperti ini bisa berakibat fatal bagi Yuta sendiri.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.