Berkolaborasi dengan karakter atau franchise lain merupakan sesuatu yang sangat menyenangkan apalagi dalam industru anime dan manga. Bahkan, tidak jarang hasil kolaborasi tersebut menghasilkan karya yang sangat luar biasa. Hal ini jugalah yang terjadi antara franchise One Piece. Maha karya dari Eiichiro Oda ini pernah beberapa kali berkolaborasi dengan franchise lain.

Contoh yang paling nyata adalah bagaimana One Piece pernah berkolaborasi dengan franchise Dragon Ball karya Akira Toriyama. Atau mungkin berkolaborasi dengan franchise Naruto karya Masashi Kishimoto. Kolaborasi yang dilakukan selalu berhasil mengundang perhatian dari para fans, dan tidak jarang juga para fans berharap bahwa kolaborasi tersebut bisa dilakukan untuk jangka waktu yang lama.

Jika kolaborasi dengan franchise lain dari industri anime dan manga menjadi hal biasa, bagaimana jika kemudian franchise One Piece berkolaborasi dengan franchise dari luar industri manga, dalam hal ini industri laya lebar? Hal inilah yang diperlihatkan dalam salah satu karya para fans di mana kita melihat ada kolaborasi antara franchise One Piece dan juga Avengers dari Marvel Cinematic Universe.

Kolaborasi tersebut memang bukanlah sebuah karya resmi, melainkan hasil karya seorang seniman asal Singapura bernama Andimoo. Dalam galerinya, dia menggambarkan bagaimana jika kru Topi Jerami “berubah” menjadi anggota Avengers. Dalam karyanya, Luffy diperlihatkan sebagai sosok Captain America. Hal ini memang cocok dengan sosok dari Luffy.

Captain America merupakan pemimpin dari kelompok Avengers, sedangkan Luffy merupakan pemimpin dari kelompok bajak laut Topi Jerami. Tekadnya untuk membela nilai-nilai yang dia yakini benar, juga dianggap sama seperti Luffy, yang selalu mempertahankan mimpinya untuk menjadi seorang raja bajak laut.

Selain Luffy yang digambarkan sebagai Captain America, kita juga melihat karakter lainnya seperti Brook yang digambarkan sebagai Agent Coulson. Kemudian kita juga melihat kru Topi Jerami lainnya seperti Nami, yang digambarkan sebagai sosok Natasha Romanoff alias Black Widow. Dengan kelincahannya, Black Widow dan Nami memang bisa dianggap sangat mirip.

Nami ahli dalam berbagai hal mencuri dan lainnya, sedangkan Black Widow ahli dalam hal penyusupan. Keduanya juga sama-sama ahli dalam pertarungan jarak dekat, yang dibantu oleh senjata andalan mereka masing-masing. Kemudian kita melihat bagaimana Usopp yang digambarkan sebagai sosok Hawkeye.

Rasanya hal ini tidak perlu lagi ada penjelasan yang jelas, mengingat keduanya memang sama-sama diketahui memiliki kemiripan. Usopp memiliki kemampuan dalam hal menembak jitu, seperti halnya Clint Barton. Dan kemampuan menembak jitu ini pun tidak jarang membuat seluruh tim akhirnya bisa terselamatkan.

Selanjutnya, kita diperlihatkan bagaimana jika Nico Robin digambarkan sebagai salah satu agen SHIELD terhebat, Maria Hill. Sebagai agen SHIELD, tentunya Maria Hill sangat terampil dan juga kuat, seperti halnya Robin. Kecepatannya dalam bertarung menjadi hal yang diandalkan, dan ini juga yang diperlihatkan oleh Robin berkat buat iblis yang dia miliki.

Sanji Vinsmoke diperlihatkan sebagai sosok Nick Fury, sang pemimpin SHIELD dan inisiator dari Avengers. Nick merupakan ahli strategi dan juga ahli taktik. Hal ini pun dianggap sesuai dengan gambaran dari Oda Sensei terkait Sanji, di mana dia adalah ahli strategi dari kelompok Topi Jerami. Dengan kemampuan Observation Haki miliknya, dia bisa melihat beberapa langkah kedepan.

Salah satu kolaborasi epik adalah bagaimna Roronoa Zoro digambarkan sebagai Thor. Thor diketahui sebagai Avengers yang paling kuat, mengingat dia adalah keturunan dewa. Sedangkan Zoro, meskipun dia bukanlah keturunan dewa, namun dia merupakan anggota kru Topi Jerami yang memiliki kekuatan fisik sangat kuat.

Tony Chopper digambarkan sebagai sosok Hulk, sebuah gambaran yang bisa dikatakan sangat tepat. Dengan kekuatan Rumble Ball, Chopper bisa berubah menjadi monster mengerikan. Sedangkan Hulk, bisa berubah menjadi monster ketika dia emosi atau marah. Saat Chopper hilang kendali, dia bisa mengamuk layaknya Hulk yang juga hilang kendali.

Selain menghadirkan karya kolaborasi kru Topi Jerami dengan Avengers, Andimoo juga menghadirkan kolaborasi karakter lainnya seperti Perona yang dibambarkan sebagai sebagai Scarlet Wtch, Sabo sebagai Winter Soldier, atau Leo sebagai Ant-Man. Andimoo juga mengumumkan jika karyanya akan terus berlanjut di situs crowdfunding, Patreon. Bagaimana menurut kalian tentang kolaborasi ini Geeks?

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.