Buah iblis adalah salah satu sumber kekuatan yang cukup unik dari dunia One PieceHingga sekarang, masih belum ada penjelasan pasti mengenai sumber kekuatan buah iblis. Karena menghasilkan kekuatan yang luar biasa, buah iblis banyak digunakan oleh karakter di serinya. Ada banyak sekali kekuatan buah iblis, dari buah iblis yang bisa membuat penggunanya menjadi dinosaurus, sampai dengan naga.

Meskipun kekuatan buah iblis sangat dahsyat, seperti yang Geeks ketahui bahwa kemampuan dari Haki sanggup untuk menahan hampir semua kekuatan buah iblis. Hal ini bisa kita lihat ketika Shanks menahan serangan magma milik Sakazuki. Atau ketika Rayleigh menahan serangan Pika Pika no Mi milik Kizaru.

Namun, diantara sekian banyak buah iblis yang ada dalam ceritanya dan juga sudah diperkenalkan sejauh ini, ada satu buah iblis yang dianggap “kebal” terhadap serangan Haki. Buah iblis yang dimaksud adalah buah iblis Hobi Hobi no Mi. Buah iblis ini dimiliki oleh anak buah dari Donquixote Doflamingo, yaitu Sugar.

Buah iblis Hobi Hobi merupakan buah iblis berjenis Paramecia yang bisa membuat siapa pun atau apa pun yang disentuh oleh penggunanya menjadi mainan. Mereka yang yang berubah menjadi mainan harus mengalami nasib yang buruk, di mana kenangan dan juga ingatan dari sosok tersebut akan dihapus. Jika korbannya tidak segera diselamatkan, maka bisa jadi dia akan berubah menjadi mainan untuk selamanya.

Kekuatan Hobi Hobi no Mi diketahui tidak mampu dilawan oleh kemampuan atau kekuatan apa pun, termasuk Haki. Bahkan, orang yang telah menguasai Conqueror Haki sekali pun tidak mampu untuk menahan kekuatan Hobi Hobi no mi. Seperti yang kita ketahui, Haki adalah kekuatan yang berasal tekad seseorang.

Semakin kuat tekad seseorang, maka akan semakin kuat juga kekuatan Hakinya. Sayangnya, kekuatan Haki ternyata tidak mampu untuk menahan serangan atau kekuatan milik Hobi Hobi. Lalu, apakah tidak ada cara untuk bisa lolos dari kekuatan tersebut? Satu-satunya cara untuk mengubah korban buah iblis ini kembali normal atau satu-satunya cara mengalahkan Sugar adalah dengan membuatnya pingsan.

Meskipun terdengar mudah, namun pada faktanya membuat Sugar pingsan bukanlah sesuatu yang mudah karena mereka pasti akan kalah karena terkena kekuatan dari Hobi Hobi no Mi. Inilah salah satu alasan utama mengapa Sugar masih bertahan dan menjaga wilayah Dressrosa di bawah naungan Doflamingo.

Sugar tidak akan ragu mengubah orang-orang menjadi boneka jika mereka tidak mau menuruti perintahnya. Di arc Dressrosa, Sugar berhasil mengalahkan hampir semua orang dari aliansi Topi Jerami. Bahkan, Robin menjadi salah satu korban yang dirubah menjadi boneka, ketika sedang bertarung melawan Sugar.

Usopp yang datang menyelamatkan semua korban Sugar awalnya sempat tertangkap dan hampir kalah, namun secara tidak sengaja Usopp berhasil membuat Sugar terkejut sehingga membuatnya pingsan. Saat Sugar tidak sadarkan diri, akhirnya semua orang yang dia ubah menjadi boneka mendadak kembali normal. Ingatan semua korban dari Sugar juga kembali, dan semua orang pun akhirnya berterima kasih kepada Usopp atas apa yang dia lakukan.

Saat menghadapi Sugar, Usopp diperlihatkan lebih mengandalkan taktik dan kekuatan fisiknya. Dia juga hanya dibantu dengan senjata ketapel andalannya. Artinya, hal tersebut menegaskan bahwa pemilik kekuatan Haki belum tentu tidak dapat dikalahkan. Di dunia One Piece banyak kemungkinan yang bisa saja terjadi.

Dan bisa jadi orang-orang biasa semacam Usopp akan jauh lebih “kuat” dan bisa diandalkan dibandingkan mereka para pemilik Haki, jika kembali berhadapan dengan kekuatan yang mirip dengan kemampuan dari buah iblis seperti Hobi hobi no M. Apakah akan ada buah iblis lainnya yang tidak mampu ditahan oleh kekuatan Haki? Kita nantikan saja kelanjutan ceritanya ya Geeks!

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.