Dalam pertarungan puncak di Onigashima kita melihat bagaimana akhirnya Trafalgar Law dan juga Eustass Kid berhasil mengalahkan musuhnya, yaitu Big Mom. Sebelumnya, Big Mom menjadi sosok lawan yang sulit untuk ditaklukan bagi kedua bajak laut Worst Generation tersebut. Bahkan, bisa dibilang mereka hampir saja kalah oleh Big Mom.

Namun, kemudian kita melihat kebangkitkan keduanya di mana Law dan Kid kemudian menggunakan kekuatan buah iblis mereka untuk menghancurkan Big Mom. Big Mom sempat kembali bangkit setelah menerima serangan kombinasi dari keduanya, dan pertarungan pun kembali berlangsung. Big Mom kembali hampir mengalahkan keduanya, sebelum kemudian Law dan Kid menggunakan kekuatan awakening.

Law pun mencegah Big Mom kembali menyembuhkan kekuatannya dan juga meningkatkan kekuatannya, dengan mengambil jatah kehidupan dari para kru bajak laut Beast. Dan efeknya, pada chapter 1040 kita pun akhirnya melihat kekalahan dari Big Mom di tangan keduanya. Ini tentu menjadi kemenangan besar bagia aliansi Luffy, dan bagi Kid serta Law sendiri secara umum hal ini bisa diartikan bahwa mereka hanya tinggal selangkah lagi menuju mimpi mereka.

Namun, terlepas dari euforia kemenangan tersebut, kekalahan dari Big Mom tersebut dianggap sedikit kurang wajar. Kekuatan utama dari Soru Soru no Mi adalah manipulasi jiwa, yang artinya Big Mom bisa mengambil jiwa seseorang dan kemudian memindahkannya kemana pun yang dia inginkan, selama bukan kepada orang lain.

Inilah cara Big Mom menciptakan Homies miliknya seperti Promotheus dan juga Hera. Dia juga bisa menggunakan jatah nyawanya untuk menyembuhkan luka-lukanya, seperti yang dia pernah lakukan setelah menerima serangan kombinasi Kid dan Law. Namun, sejauh ini kita tidak pernah diperlihatkan kekuatan awakening dari buah iblis Soru Soru.

Hal tersebut memunculkan pertanyaan apakah Big Mom selamat dari serangan Damned Punk yang dilakukan oleh Kid, yang berujung pada kekalahannya. Sebelum peristiwa besar di Wano terjadi, Big Mom merupakan penguasa di Totto Land, di mana dia mengambil jatah hidup para warga yang tinggal di sana.

Hal itu dianggap semacam “pajak” yang harus dibayarkan para penduduk agar mereka bisa tetap berada di pulau tersebut. Jika tidak dilakukan, maka mereka akan diusir dari pulau tersebut. Dengan semua jiwa-jiwa tersebut, bisa diasumsikan bahwa Big Mom menggunakan sebagian besar jiwa-jiwa itu untuk menciptakan sebanyak mungkin Homies.

Tetapi, ada kemungkinan juga bahwa selain menciptakan Homies, Big Mom juga menyimpan atau menyerapnya untuk dirinya sendiri. Meskipun Big Mom tidak bisa memberikan jiwa kepada orang lain atau jenazah, kita tidak tahu apakah dia bisa menyerap jiwa-jiwa lain untuk memperpanjang jatah hidupnya. Dalam pertarungan melawan Law dan Kid, Big Mom sempat menggunakan jatah hidupnya selama satu tahun untuk menyembuhkan lukanya dan menambah kekuatannya.

Ada juga kemungkinan bahwa Big Mom mampu memindahkan jiwanya ke tempat atau tubuh lain, sebagai bagian dari kemampuan awakening Soru Soru no Mi. Secara simpelnya, jiwa dari Big Mom dirubah menjadi Homies. Hal ini kemudian memunculkan pertanyaan apakah selain jiwanyanya, Big Mom pun bisa memindahkan kekuatannya juga kepada media lain.

Big Mom mungkin sudah mempersiapkan sebuah rencana untuk mencegah kematiannya, apalagi beberapa anaknya memiliki kemampuan dahsyat seperti Charlotte Cracker yang bisa membuat pasukan terbuat dari biskuit. Jika salah satu dari pasukan biskuit tersebut menjadi wadah dari jiwa Big Mom, artinya Big Mom sudah memiliki cadangan kehidupan yang bisa dia gunakan kapan pun dia butuhkan.

Anak kedua Big Mom sekaligus sosok yang paling kuat setelah big Mom, Katakuri, diperlihatkans udah berhasil membangkitkan buah iblis Mochi Mochi no Mi miliknya. Berdasarkan hal tersebut artinya bisa diasumsikan bahwa Big Mom pun sudah berhasil membangktikan buah iblis Soru Soru miliknya.

Terdapat sebuah hal menarik di mana kita tidak diperlihatkan jenazah atau tubuh dari Big Mom setelah terkena ledakan, yang mana hal tersebut membuka kesempatan bahwa Big Mom ada kemungkinan selamat. Sebelum ledakan terjadi, Big Mom nampak yakin bahwa dia akan selamat seolah dia sudah mengetahui bahwa akan terjadi sesuatu terhadap dirinya.

Hal tersebut bisa terjadi mungkin karena kemampuan buah iblis Soru Soru miliknya yang sudah berhasil dibangkitkan. Big Mom sudah sangat sering terbukti mampu bertahan dari berbagai serangan dahsyat, di mana manusia biasa mungkin tidak akan selamat. Diantara para pengguna buah iblis lainnya pun Big Mom membuktikan bahwa dia unggul dari yang lain.

Lagipula, Big Mom adalah Yonko, sehingga masuk akal jika kekuatannya di atas rata-rata. Untuk saat ini, Oda Sensei sudah mengonfirmasi bahwa Big Mom sudah kalah. Tetapi, kekalahan dari Big Mom tersebut sedikit kurang wajar mengingat dia belum memperlihatkan kekuatan awakening buah iblisnya.

Berdasarkan penjelasan di atas, bisa disimpulkan bahwa ada kemungkinan bahwa Big Mom masih belum tewas. Dengan kekuatan buah iblis Soru Soru no Mi, Big Mom mungkin saja kembali pulih dari luka yang dia terima. Apakah artinya big Mom akan kembali muncul di arc selanjutnya? Bisa jadi. Big Mom mungkin akan kembali muncul dan kembali menjadi lawan bagi kru Topi Jerami. Kita nantikan saja kelanjutan ceritanya pada chapter yang akan datang ya Geeks!

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.