Buah iblis Ope Ope no Mi disebut sebagai salah satu buah iblis paling kuat di seri One Piece. Hal ini dikarenakan kedahsyatan dari efek buah iblis tersebut dan juga kekuatan lainnya. Pertama, diketahui bahwa pengguna buah iblis ini akan mampu untuk hidup abadi. Kedua, karena mampu hidup abadi (awet muda), semua penyakit yang diderita akan hilang.

Ope Ope no Mi juga memiliki kekuatan dahsyat yang menurut Doflamingo disebut sebagai transplantasi kepribadian. Dan dengan semua kedahsyatan Ope Ope no Mi, wajar jika kemudian Dofy mengatakan bahwa buah iblis ini dianggap sebagai harta karun besar. Namun, satu hal lainnya yang menjadi bukti kedahsyatan buah iblis ini adalah mampu menirukan kekuatan buah iblis lainnya.

Nagi Nagi no Mi – Donquixote Rosinante

Teknik ini diperlihatkan oleh Trafalgar Law saat dia berhasil menjatuhkan Big Mom. Big Mom yang melakukan intimidasi terhadap orang-orang di sekitarnya, membuat dia mampu untuk menarik jiwa-jiwa orang yang ada di sana demi menyembuhkannya dari luka yang dia alami. Tetapi, untuk mencegah hal tersebut Law kemudian “mengurungnya” dalam kubah dengan menggunakan teknik Silent.

Orang-orang yang berada di luar kubah tersebut tidak akan mampu mendengar suara sekeras apa pun yang dikeluarkan oleh orang yang ada di dalamnya. Kemampuan ini mirip dengan kekuatan Nagi Nagi no Mi milik Rosinante. Sejauh ini, kemampuan buah iblis Nagi Nagi yang diketahui memang hanya membuat sebuah kubah yang kedap suara.

Goro Goro no Mi – Enel

Seperti diperlihatkan dalam pertarungan melawan Big Mom di pertempuran Onigashima, yang masih terjadi sampai saat ini, Law berhasil membangkitkan kekuatan buah iblisnya. Dan dengan kebangkitan kekuatan buah iblis tersebut, Law pun mampu mengakses kekuatan baru. Contohnya adalah Radio Knife, Countershock, atau Shock Wille.

Kekuatan dahsyat dari Law tersebut bisa dibilang mirip dengan kekuatan Goro Goro no Mi milik Enel. Kemampuan Law tersebut dianggap mampu mengeluarkan listrik, yang mana mirip dengan buah iblis Enel. Meskipun ada karakter lain yang juga mampu menghasilkan listrik, tetapi kekuatan tersebut tidak terlalu unik.

Fuwa Fuwa no Mi – Shiki

Selain mampu melakukan operasi terhadap berbagai benda dan juga makhluk hidup, salah satu kemampuan Law dengan Ope Ope no Mi adalah mengangkat benda dengan mudah hanya dengan jentikan jarinya saja. Teknik ini disebut sebagai Takt. Law sudah memperlihatkan teknik Takt beberapa kali di sepanjang ceritanya.

Kemampuan Takt dianggap sangat mirip dengan kekuatan buah iblis Fuwa Fuwa no Mi milik Shiki. Buah iblis Fuwa Fuwa membuat benda apa pun yang disentuh oleh penggunanya akan berubah menjadi sangat ringan, sehingga benda tersebut bisa terbang atau melayang. Bahkan, bukan hanya benda. Makhluk hidup pun bisa dibuat terbang.

Giro Giro no Mi – Viola

Dalam arc Dressrosa, Law pernah menggunakan sebuah teknik yang disebut Scan, saat dia dikepung oleh pasukan musuh. Pada momen tersebut, setelah Law melakukan teknik Scan, dia menghilangkan dendenmushi yang menjadi alat komunikasi musuh tersebut ke pihak markas mereka. Teknik ini sebenarnya mirip dengan Giro Giro no Mi milik Viola.

Buah iblis Giro Giro no Mi milik Viola/Violet membuat penggunanya bisa melihat isi dari pikiran seseorang, melihat bagian dalam tubuh seseorang seperti halnya sinar X, dan mampu melihat apa pun atau menembus apa pun. Yang mungkin membedakan adalah bagaimana Giro Giro no Mi tidak bisa menghilangkan benda yang dia lihat layaknya Law.

Bari Bari no Mi – Bartolomeo

Buah iblis dari Trafalgar Law bukan hanya menghadirkan berbagai teknik yang bisa melukai atau menyerang musuh. Ada juga teknik yang bisa digunakan untuk melindungi dirinya – atau orang lain – dari musuh yaitu teknik Curtain. Kekuatan ini bisa dibilang sangat mirip dengan buah ibis Bari Bari no Mi milik Bartolomeo.

Dalam pertarungan di Colosseum kita melihat bagaimana kedahsyatan dari buah iblis ini, di mana perisai atau pelindung yang terbentuk mampu menahan hampir semua serangan. Dalam kilas balik Kozuki Oden pun diperlihatkan bagaimana buah iblis ini sanggup menahan serangan dahsyat dari Oden.

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2

1
2
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.