Dalam pertandingan Super Bowl yang diselenggarakan pada 13 Februari waktu Amerika, Marvel Studios merilis berbagai trailer dan teaser terbaru untuk proyek mereka selanjutnya. Hal ini pun termasuk merilis trailer terbaru untuk film Doctor Strange in the Multiverse of Madness. Dan trailer terbaru yang epik ini kita diperkenalkan dengan kelompok yang diduga adalah Illuminati versi MCU.

Selain itu, kemunculan sosok misterius yang diduga kuat adalah Professor X juga menjadi hal epik lain yang dihadirkan dalam trailer terbaru ini. Namun, mungkin belum banyak dari Geeks semua yang mengenal kelompok Illuminati, dan mengapa kemudian Doctor Strange harus disidang dihadapan orang-orang penting yang kemungkinan tergabung dalam kelompok Illuminati.

Siapa yang Menangkap Doctor Strange?

Seperti yang dihadirkan dalam trailernya, dalam salah satu adegan Strange nampak dipandu oleh makhluk yang mirip seperti gabungan drone milik Ultron dan Iron Legion yang diciptakan Tony Stark. Ultron merupakan robot yang pada awalnya diciptakan oleh Stark untuk membantu tim Avengers, sebelum kemudian justru dia malah menjadi jahat seperti diperlihatkan dalam film Avengers: Age of Ultron.

Setelah dibawa ke sebuah ruang sidang yang sangat besar dan megah, para fans dikejutkan dengan suara seseorang yang diduga kuat adalah Professor Xavier. Alasan mengapa Strange ditangkap bisa jadi ada kaitannya dengan apa yang diungkapkan oleh Karl Mordo, di mana Strange harus dihukum karena sudah “merusak” multiverse.

Siapa Kelompok Illuminati?

Ini mungkin pertanyaan besar yang muncul di benak sebagian Geeks semua. Diciptakan oleh Brian Michael Bendis pada 2005 lalu, kelompok Illuminati merupakan kelompok pahlawan yang dibuat untuk melindungi bumi. Namun, berbeda dengan Avengers atau tim pahlawan lainnya, Illuminati bergerak di bawah bayang-bayang alias mereka bergerak secara sembunyi-sembunyi.

Hal tersebut dilakukan untuk mencegah adanya penyusup, pasca pertempuran antara Kree dan Skrull yang terjadi di bumi, dan hampir menghancurkan semuanya. Illuminati dianggap sebagai pilar pelindung di dunia pahlawan, di mana para pahlawan tersebut bekerja sama secara rahasia dari waktu ke waktu.

Tujuannya tidak lain untuk menjaga bumi tetap aman. Masing-masing anggota Illuminati menghadirkan keunikan tersendiri. Misalnya, Namor yang mewakili Atlantis dan juga mindset atau pola pikir antihero. Iron Man mewakili Avengers dan manusia biasa, tanpa ada kekuatan super apa pun. Black Bolt mewakili ras Inhumans dan perspektif seorang pemimpin.

Reed Richard juga diketahui memiliki peran penting dalam tim ini, di mana dia memiliki keahlian dalam hal ilmu pengetahuan level tinggi dan juga mengenai eksplorasi. Sementara, Professor Xavier sendiri mewakili ras mutan. Terakhir, Doctor Strange mewakili para penyihir karena dia titelnya sebagai Penyihir Agung.

Dengan masing-masing kelebihan dan kekuatan, kelompok Illuminati percaya bahwa mereka memiliki kewajiban dan hak untuk memanipulasi atau melakukan tindakan apa pun untuk mencegah dunia tetap dalam keadaan aman. Tetapi, tidak jarang juga mereka membuat sebuah keputusan sulit yang justru membuat situasi malah semakin buruk.

Misalnya, mereka pernah memutuskan untuk “membuang” Hulk ke planet lain, yang mana hal itu membuat Hulk memutuskan untuk membalas dendam terhadap tim tersebut dan juga seluruh bumi. Kemunculan Illuminati di MCU ini sebenarnya bukanlah sesuatu yang baru.

Pada 2020 kemarin, sempat muncul kabar bahwa MCU memang sedang menyiapkan sebuah proyek yang akan menghadirkan tim Illuminati ke MCU. Mungkin, melalui film Doctor Strange 2 inilah Illuminati akan diperkenalkan ke MCU sebelum kemudian mereka akan mendapatkan proyek mereka sendiri. Yang juga menarik adalah anggota dari Illuminati sendiri kemungkinan akan berubah.

Sosok Tony Stark bisa jadi akan digantikan oleh karakter lainnya. Hal yang sama juga akan terjadi kepada Doctor Strange, yang mungkin akan digantikan oleh karakter Karl Mordo. Masih belum diketahui apakah Marvel akan menghadirkan sosok Namor, Black Bolt, dan Reed Richards dalam filmnya atau justru mereka akan menghadirkan karakter lain.

Bagaimana Doctor Strange 2 Hadirkan Illuminati?

Jika benar yang muncul dalam filmnya adalah Illuminati, kemungkinan mereka akan dihadirkan secara berbeda. Bagaimana Illuminati yang kemudian turun tangan untuk menangkap Doctor Strange bisa dibilang menarik, karena dalam cerita komiknya Illuminati lebih sering menghadapi ancaman level kosmik, bukan multiverse.

Meskipun Illuminati juga pernah menghadapi berbagai ancaman level multiverse di komiknya, namun semuanya dilakukan demi melindungi masing-masing realita. Semua pahlawan bergabung menjadi satu. Tetapi, dalam trailernya diperlihatkan bagaimana tim Illuminati seolah memiliki tugas atau tanggung jawab yang sama seperti Uatu.

Jika melihat pada apa yang terjadi di MCU sejauh ini, seharusnya Time Variant Authority (TVA) yang turun tangan menangkap Strange, karena itu merupakan tupoksi mereka. Tetapi, bisa jadi hal tersebut dikarenakan Strange sudah membahayakan bumi. Sehingga, berbeda dengan apa yang dilakukan Loki, apa yang dilakukan oleh Strange masih dalam tanggung jawab Illuminati.

Untuk saat ini, para fans hanya bisa berteori dan berspekulasi tentang peran penting dari Illuminati. Bukan tidak mungkin jika Illuminati akan berpotensi untuk menjadi villain utama di filmnya, atau justru pada proyek yang akan datang.

Peran Professor Xavier

Meskipun belum dihadirkan secara jelas, para fans yakin bahwa sosok misterius yang berhadapan dengan Doctor Strange di ruang siang adalah Professor Xavier. Tidak heran momen ini langsung membuat jagat maya heboh, di mana para fans bereaksi dengan positif tentang kemunculan Professor Xavier yang akan kembali diperankan oleh Patrick Stewart. Seperti yang disebutkan di atas, di komiknya, Xavier merupakan salah satu pendiri Illuminati.

Sementara itu, kemunculan dari Professor Xavier di film Doctor Strange 2 ini kemungkinan belum akan signifikan. Xavier mungkin hanya akan muncul di satu adegan – saat Strange disidang oleh Illuminati. Xavier mungkin akan menjelaskan tentang multiverse dan berbagai hal penting lainnya, yang mana bisa memberikan petunjuk tentang masa depan MCU.

Bukan tidak mungkin juga jika dalam penjelasan Xavier kepada Strange dalam ruang sidang tersebut akan memberikan petunjuk tentang nasib dari para mutan. Juga, di sisi lain, kemunculan Professor Xavier ini menjadi “petunjuk pertama” dari kemunculan mutan di MCU. Dan kedepannya akan lebih banyak lagi mutan yang diperkenalkan.

Doctor Strange in the Multiverse of Madness sepertinya akan menjadi sebuah tonggak sejarah baru bagi Marvel Cinematic Universe. Setelah film Spider-Man: No Way Home menjadi epilog bagi tiga Phase pertama MCU, Doctor Strange 2 mungkin akan menjadi film “Iron Man” untuk di Phase 4 MCU, yang akan memperkenalkan berbagai elemen baru untuk masa depan MCU.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.