Dalam franchise Naruto, seorang Kage adalah sosok yang harus bisa diandalkan. Seseorang yang ditunjuk sebagai Kage di sebuah desa atau wilayah harus mampu memenuhi ekspektasi dari orang-orang atau penduduk di sana. Namun, pada kenyataannya, tidak semua Kage mampu menjalankan dan memenuhi ekspektasi tersebut dengan berbagai alasan. Salah satunya adalah karena mereka lemah.

Kage dikenal sebagai sosok yang paling kuat di sebuah desa, dan juga menjadi karakter yang paling kuat yang muncul di sepanjang serinya. Dengan bertanggung jawab untuk menjaga dan melindungi orang-orang di sekitarnya, wajar jika kemudian para Kage harus memiliki kekuatan yang dahsyat. Namun, beberapa Kage ini dianggap lemah dibandingkan Kage lainnya. Siapa saja mereka?

Yagura Karatachi

Yagura merupakan Mizukage keempat dari desa Kirigakure. Diantara yang lain, banyak yang menganggap bahwa Yagura adalah seorang Kage yang buruk dan lemah. Sebenarnya, Yagura adalah sosok yang luar biasa di mana layaknya Naruto dia adalah seorang Jinchuriki dari Isobu, monster ekor tiga. Dia juga seorang Jinchuriki yang sempurna dan cukup kuat.

Yagura diperlihatkan berhasil mengalahkan Juzo Biwa, seorang ninja dengan tingkat S, sendirian dan hampir saja berhasil mengalahkan Itachi yang notabene berhasil mengalahkan Orochimaru dengan mudah. Meskipun bukan yang terlemah, kekuatan dari Yagura dianggap tidak begitu istimewa.

Tsunade Senju

Hokage kelima dari desa Konoha, Tsunade Senju merupakan salah satu dari Sannin legendaris. Tsunade sebenarnya adalah seorang ninja yang kuat, namun jika harus dibandingkan dengan Kage lainnya – bahkan Hokage di konoha – level kekuatan Tsunade berada di bawah mereka. Usianya yang sudah tidak lagi muda dianggap sebagai halangan Tsunade tidak bisa tampilĀ all-out.

Saat perang besar ninja keempat, Tsunade memang banyak membantu aliansi shinobi lainnya, namun dia gagal dalam pertarungan melawan Madara. Meskipun dalam kemampuan bertarung Tsunade adalah sosok yang kurang begitu bisa diandalkan, lain halnya jika berbicara mengenai kemampuan medis yang mana Tsunade adalah ninja medis yang paling hebat.

Gaara

Kazekage kelima dari desa Sunagakure. Gaara sudah menjadi Kage di usianya yang masih muda, dan sudah banyak pencapaian yang dia dapatkan. Gaara memang bukan Kazekage yang paling kuat di awal kepemimpinannya, namun seiring berjalannya waktu, kekuatan dan kemampuannya semakin meningkat, terutama saat perang besar ninja keempat.

Salah satu pencapaian besar Gaara adalah dia berhasil melampaui ayahnya, yang juga merupakan Kazekage, dengan memperlihatkan kemampuan bertarungnya saat menghadapi Madara Uchiha. Harus diakui bahwa Gaara memiliki kedahsyatan dalam hal kemampuan bertarung, tetapi dia bukanlah sosok Kage yang terkuat dalam sejarah.

Mei Terumi

Mizukage Kelima dari desa Kirigakure, Mei Terumi adalah seorang petarung yang cukup handal seperti diperlihatkan dalam perang besar ninja keempat. Sebagai seorang Kage, dia cukup kuat untuk menghadapi hampir semua orang dalam pertarungan. Tetapi, jika dibandingkan dengan para Kage lainnya, Mei Terumi tidak terlalu istimewa. Mei diketahui memiliki dua Kekkei Genkai, Pelepasan Panas dan Pelepasan Lahar.

Mei diperlihatkan sangat baik dalam penggunaan kedua Kekkei Genkai tersebut. Belum lagi, dia juga cukup baik dalam penggunaan teknik Pelepasan Air. Selain hal tersebut, tidak ada hal lainnya yang luar biasa yang diperlihatkan oleh Mei Terumi. Inilah alasannya mengapa kemudian Mei tidak lebih baik dari Tsunade dan Yagura.

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2

1
2
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.