Dalam franchise Naruto, para fans sudah diperkenalkan dengan banyak sekali klan dalam ceritanya. Biasanya seorang shinobi akan dilihat statusnya dari klan mana mereka berasal. Apakah klan tersebut merupakan klan terpandang atau justru merupakan klan yang biasa saja. Contohnya adalah klan Nara. Klan ini dikenal karena kecerdasan dari anggota mereka.

Atau mungkin ada juga beberapa klan lainnya yang dikenal karena kemampuan atau kekuatan mereka. Namun, meskipun sebagian klan dikenal banyak orang atau populer, disadari atau tidak ada juga beberapa klan yang justru berada di ambang kepunahan atau kehancuran karena beberapa alasan. Contohnya sudah tidak ada lagi keturunan dari klan tersebut. Berikut adalah klan yang terancam punah.

Klan Yuki

Klan Yuki memang bukanlan klan yang populer. Klan yang berasal dari Mizu no Kuni atau Land of Water ini merupakan klan yang memiliki Kekkei Genkai Ice Release atau Teknik Pelepasan Es. Kekkei Genkai ini ditakuti oleh banyak musuh saat peperangan terjadi di wilayah tersebut. Hal inilah yang kemudian membuat banyak anggota klan Yuki diburu dan dibunuh.

Kenangan dari klan Yuki masih banyak diingat para shinobi lainnya, bahkan sampai saat perang besar shinobi keempat terjadi. Banyak orang yang menganggap bahwa kekuatan tersebut adalah “kekuatan kutukan.” Haku menjadi orang terakhir yang diketahui berasal dari klan Yuki. Masih belum diketahui apakah ada klan Yuki lain yang masih hidup.

Klan Kohaku

Kohaku adalah sebuah klan kecil yang tinggal di desa dekat perbatasan antara Negara Api dan Amegakure. Yang mengerikan adalah seluruh penduduk di desa tersebut, termasuk Kohaku, tewas dibantai oleh Kazuma alias Furido dan timnya. Penderitaan mereka bukan hanya sampai disitu. Setelah mereka semua tewas, semuanya kemudian dibangkitkan kembali oleh Furido sebagai zombie untuk kemudian membuat para zombie tersebut menyerang Konoha.

Klan Chinoike

Pada saat era peperangan masih terjadi, klan Chinoike merupakan salah satu klan yang dikenal sebagai klan bayaran dari Negara Petir. Namun, karena masalah politik internal di negara tersebut, klan Chinoike kemudian dibantai oleh pihak pemerintah dengan memanfaatkan kekuatan dari klan Uchiha. Sebagian dari mereka kemudian pindah ke Lembah Neraka yang berada di Negara Air Panas.

Wilayah tersebut sebenarnya merupakan wilayah yang tidak bisa ditinggali. Namun, mereka berhasil bertahan hidup dengan meminum air berwarna merah darah dan juga memakan makanan yang ada. Kehidupan damai mereka harus hancur ketika seluruh anggota klan saling berdebat apakah mereka perlu membalas dendam atas apa yang dilakukan klan Uchiha. Efeknya, dalam satu malam, seluruh klan ini akhirnya tewas akibat saling serang sendiri. Hanya En Oyashiro dan anaknya, Chino, yang selamat.

Klan Jugo

Klan Jugo adalah sebuah klan kecil yang kurang populer, yang mana asal-usul dari klan ini pun masih belum diketahui. Mereka yang berasal dari klan ini diketahui mampu untuk menyerap energi alam dan juga mampu menciptakan cairan untuk merubah bagian dari tubuh mereka. Efek samping dari penyerapan energi tersebut membuat anggota klan ini cepat marah.

Sejauh ini baru Jugo saja yang diperlihatkan menggunakan kemampuan tersebut. Meskipun nasib dari anggota klan lainnya tidak diketahui, bisa diasumsikan bahwa sebagian besar mereka sudah tewas karena saling membunuh satu sama lain. Jugo sendiri pada akhirnya memutuskan untuk mencari Orochimaru untuk mencari cara mengendalikan kekuatannya.

Klan Senju

Salah satu klan yang populer di franchise Naruto, klan Senju merupakan klan yang membangun desa Konoha dan juga menjadi pelopor pembangunan desa ninja di seluruh dunia. Mereka diketahui merupakan keturunan dari salah satu anak Hagoromo Otsutsuki, yaitu Asura Otsutsuki. Karena hal inilah mereka diberkahi oleh chakra yang melimpah dan juga berbagai kelebihan lainnya.

Klan Senju berbeda dengan klan ninja lainnya yang terkenal karena Kekkei Genkai mereka atau teknik khusus mereka. Klan Senju dikenal mampu menciptakan atau menyempurnakan berbagai teknik dengan baik. Tsunade diketahui menjadi anggota klan Senju terakhir yang diperlihatkan di serinya, karena tidak diketahui di mana keberadaan anggota klan Senju lainnya. Mungkin mereka menyebar ke berbagai desa ninja yang ada.

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2

1
2
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.