Klan Uchiha

Selain klan Senju, klan Uchiha juga adalah klan yang sangat populer di franchise Naruto. Rasanya semua Geeks pun sudah tahu dan mengenal klan dari Itachi, Sasuke, dan Madara ini. Jika klan Senju adalah keturunan dari Asura Otsutsuki, maka klan Uchiha adalah keturunan dari anak Hagoromo yang lain yaitu Indra Otsutsuki. Klan ini diberkahi dengan Doujutsu yang dahsyat, Sharingan.

Untuk bisa membangkitkan mata tersebut, mereka harus melihat hal mengerikan, kesedihan, atau emosi negatif lainnya ketika mereka kehilangan orang terdekatnya. Ironisnya, klan Uchiha harus tewas terbantai oleh Itachi yang dipengaruhi oleh Danzo, karena dianggap akan merusak kedamaian dari desa Konoha. Sasuke menjadi satu-satunya yang selamat dari peristiwa tersebut.

Klan Uzumaki

Klan Uzumaki merupakan “saudara jauh” dari klan Senju yang tinggal di desa Uzushiogakure. Karena berasal dari keturunan yang sama, Asura Otsutsuki, klan Uzumaki pun memiliki keunggulan yang sama yaitu chakra yang melimpah dan juga jiwa yang kuat. Namun, berbeda dengan klan Senju, klan Uzumaki sangat ahli dalam teknik segel atau Fuinjutsu.

Kedahsyatan dari klan Uzumaki dalam teknik segel bahkan diakui dan ditakuti oleh desa-desa lainnya. Inilah yang kemudian membuat desa Uzushiogakure kemudian diserang oleh desa lainnya, karena mereka menganggap klan Uzumaki akan sangat berbahaya. Naruto dan Karin menjadi anggota klan Uzumaki yang tersisa saat ini.

Klan Iburi

Klan Iburi adalah klan tertutup yang hidup di bawah tanah di wilayah Land of Fire. Seperti halnya klan Yuki, klan Iburi juga memiliki Kekkei Genkai yang membuat mereka berubah menjadi asap. Sayangnya, mereka tidak mampu untuk mengendalikan kekuatan tersebut secara sempurna. Mereka pun akan sangat mudah tertiup angin ketika berubah menjadi asap, yang mana membuat mereka bisa saja tewas.

Orochimaru yang kemudian menemukan klan ini dan menggunakan teknik segel kutukan untuk mengendalikan transformasi tersebut. Bukan hanya itu, Orochimaru juga menjadikan mereka sebagai subyek uji coba yang dia lakukan. Orochimaru pada akhirnya menghabisi seluruh klan ini demi mencari sumber Kekkei Genkainya. Hanya seorang gadis kecil bernama Yukimi yang berhasil selamat dalam momen tersebut, setelah Kakashi dan Yamato menyelamatkannya.

Klan Kaguya

Klan Kaguya merupakan klan yang dikenal karena kebrutalan mereka dalam sebuah pertarungan. Mereka dikenal sangat haus darah. Para anggota klan ini pun tidak pernah menggunakan taktik atau strategi dalam bertarung. Yang mereka lakukan hanyalah menyerang dan menghabisi nyawa musuhnya sebanyak mungkin dan secepat mungkin.

Bahkan, mereka juga tidak peduli jika musuh jauh lebih banyak dari jumlah mereka. Sesuai namanya, klan ini merupakan keturunan dari Kaguya Otsutsuki. Kaguya melahirkan banyak anak dan keturunannya saat dia menikahi pria bernama Tenji. Keturunan terakhir dari klan ini adalah Kimimaro, yang menjadi villain di arc Sasuke Retrieval.

Kedahsyatan berbagai klan yang ada di franchise Naruto menjadi salah satu elemen menarik yang muncul di ceritanya. Berbagai klan tersebut memiliki kekuatan dan kemampuan masing-masing, yang tidak dimiliki oleh klan lainnya. Sayangnya, sebagian dari klan tersebut ada yang hampir punah atau bahkan sudah punah.

1
2
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.