Dalam mini seri Deadpool Kills the Marvel Universe yang dirilis pada 2012 kemarin dan ditulis oleh Cullen Bunn dan Dalibor Talajic, Deadpool melakukan sesuatu yang tidak mungkin dilakukan oleh semua karakter di Marvel Comics, yaitu menghabisi seluruh karakter yang ada di Marvel universe. Bukan hanya sekali, Deadpool melakukan hal tersebut dua kali.

Kedua penulis dan ilustrator tersebut kembali berkumpul untuk mengerjakan konsep yang sama dalam mini seri Deadpool Kills the Marvel Universe Again. Meskipun versi pertama sudah cukup mengerikan, versi yang kedua ini jauh lebih mengerikan lagi. Bahkan, ceritanya sendiri berkaitan dengan realita Marvel lainnya. Lalu, apa yang sebenarnya terjadi dalam ceritanya?

Apa yang Terjadi Dengan Wade Wilson?

Dalam Deadpool Kills the Marvel Universe, Deadpool berubah menjadi sosok yang mengerikan dan juga brutal akibat ulah dari Psycho-Man. Momen tersebut menjadi penyebab hilangnya suara-suara yang muncul dalam kepala Deadpool. Justru, yang muncul kemudian adalah suara-suara yang lebih mengerikan yang menuntun Deadpool untuk menghabisi semua orang yang ada di alam raya Marvel.

Dalam komik Deadpool Kills the Marvel Universe Again, konsep yang sama coba diaplikasikan kembali dengan beberapa perubahan. Bukan hanya dipengaruhi oleh satu orang villain saja, suara-suara mengerikan yang ada di dalam Deadpool dipengaruhi oleh berbagai villain seperti M.O.D.O.K. dan juga Red Skull yang berhasil merusak isi kepala Deadpool.

Namun, dalam cerita ini, Deadpool ternyata bukan hanya satu-satunya pahlawan yang coba untuk dirusak isi kepalanya. Saat Deadpool berusaha untuk menghabisi tim para mutan, X-Men, ternyata dia sudah terlambat karena tim X-Men sudah terlebih dahulu dihabisi oleh sosok lainnya. Saat memeriksa tempat kejadian perkara, Wade kemudian menyimpulkan bahwa Wolverine yang menghabisi rekannya sendiri.

Momen tersebut masih berkaitan dengan apa yang diperlihatkan dalam komik Old Man Logan, di mana faktanya Logan ditipu atau dimanipulasi pikirannya oleh Mysterio untuk menghabisi sesama mutan lainnya. Hal ini mengungkapkan rencana besar para villain untuk memanipulasi beberapa pahlawan dan kemudian menghabisi sebanyak mungkin pahlawan Marvel.

Mengingat bagaimana dunia berubah menjadi tempat yang mengerikan – seperti yang diperlihatkan di Old Man Logan – bisa disimpulkan bahwa rencana para villain tersebut berhasil. Premis yang dihadirkan dalam mini seri Deadpool Kills the Marvel Universe Again benar-benar merubah persepsi Wade, dan merubah pikirannya terhadap para pahlawan yang biasanya dia kagumi.

Bagaimana Wade Menghabisi Para Pahlawan?

Jumlah pahlawan Marvel yang dihabisi oleh Deadpool dalam cerita ini benar-benar mengejutkan. Misalnya, Wade menghabisi Gambit dengan menggunakan tongkatnya sendiri. Tim Uncanny Avengers (Rogue, Doctor Voodoo, Quicksilver, dan Synapse) tewas dalam serangan kejutan. Sementara beberapa pahlawan lainnya seperti Thing, Human Torch, Iron Fist, Luke Cage, dan Black Widow tewas tanpa diperlihatkan dalam ceritanya.

Para pahlawan yang memiliki kekuatan sihir – seperti Thor, Hercules, dan Valkyrie – semuanya digiring menuju Laut Aegean, di mana Wade menggunakan kepala Medusa untuk merubah para sosok dewa tersebut menjadi batu. Setelah itu, barulah Wade akan menghancurkan mereka.

Wade menggunakan terompet angin untuk memisahkan Eddie Brock dari Venom, dan kemudian menembak kepala Eddie. Deadpool bahkan sempat menyatu dengan symbiote Venom, dan menggunakannya untuk memakan kepala dan otak Spider-Man, sebelum kemudian Wade melepaskan symbiote tersebut pergi.

Jessica Drew dan Porcupine dibunuh oleh Wade dihadapan bayi mereka. Spider-Man 2099 juga ditembak dikepala oleh Wade, sementara itu Wade memenggal kepala dari Miles Morales. Wade Wilson juga menghabisi seluruh tim Guardians of the Galaxy, bahkan dia sampai menguliti Rocket Racoon.

Para X-Men yang masih remaja yang berasal dari masa lalu terpaksa harus mengalami masalah di mesin waktu mereka, yang membuat semuanya tewas karena tubuh mereka hancur. Bukan hanya para pahlawan Marvel, tim Deadpool pun dihabisi, termasuk Domino dan Slapstick. Hanya Gorilla Man yang bertahan hidup, karena Wade tidak ingin dikutuk dengan keabadian yang muncul setelah dia menghabisi Gorilla Man.

Bagaimana Deadpool Menghabisi Sisanya?

Para pahlawan lainnya mencoba untuk menghentikan upaya Deadpool tersebut, namun upaya mereka sia-sia. Wade berhasil menjebak Punisher dengan menggunakan senjata yang sangat besar, yang mana dalam momen tersebut juga membuat Moon Knight harus tewas. Para pahlawan yang tersisa (Scarlet Witch, Iron Man, Captain Marvel, Doctor Strange, Misty Knight, Captain America, the Totally Awesome Hulk, Jessica Jones, Kate Bishop, Black Panther, Jessica Jones, Vision, Shang-Chi dan Cable) mencoba untuk menyerang Deadpool.

Sayangnya, para villain berhasil menyatukan sosok Deadpool dengan Ultron, yang mana kekuatan baru tersebut akhirnya berhasil menghabisi tim Avengers tersebut. Deadpool kemudian menghabisi pahlawan lainnya seperti Nova, Ghost Rider, Daredevil, dan Ant-Man. Bahkan, pahlawan muda seperti Ms. Marvel pun harus tewas secara brutal.

Setelah semua pahlawan tewas, di bagian akhir ceritanya kita diperlihatkan bagaimana Deadpool kemudian mengarahkan kemarahannya kepada para villain yang sudah merusak isi kepalanya. Tidak butuh waktu lama bagi Wade menghabisi mereka semua. Green Goblin harus kehilangan kepalanya, Carnage harus terlindas kereta, Mysterio tenggelam di lautan bensin, dan Wrecker tewas akibat bola penghancur miliknya sendiri.

Magneto yang sudah terluka parah akhirnya diampuni oleh Deadpool, karena dia memberi tahu di mana lokasi para villain lainnya. Deadpool juga ingin Magneto hidup dan mengenang apa yang pernah dia lakukan. Abomination dan Doctor Doom berhasil bersembunyi, sementara villain lainnya seperti Doctor Octopus, Vulture, Orb, Arcade, Masam Masque, Viper and Crossbones berhasil dibunuh oleh Wade.

Taskmaster tewas di tangan Red Skull karena dia menolak untuk ikut bertarung menghadapi Deadpool. Dan terakhir, Deadpool sendiri berhasil memenggal kepala Red Skull. Meskipun sudah berhasil menghabisi Red Skull, Wade sendiri masih belum puas sampai dia berhasil menghabisi seluruh villain yang ada di muka bumi.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.